Beauty

Menurut Dermatolog, Ini Cara Mencegah Kerutan Akibat Stres Pada Kulit

By Arnintya Yuliardi  |   2 months ago
Menurut Dermatolog, Ini Cara Mencegah Kerutan Akibat Stres Pada Kulit
cheatsheet.com

Walaupun telah menggunakan produk skincare antiaging, kerutan masih bisa muncul di kulit wajah akibat keadaan stres yang dialami si pemilik kulit. Stres memang adalah salah satu keadaan yang terjadi pada seseorang yang tidak bisa dihindari, stres bisa datang akibat pekerjaan yang menumpuk atau pun pikiran-pikiran soal tanggung jawab lainnya yang kita miliki. 

Lalu, apakah ada cara untuk mencegah agar kerutan pada wajah tidak muncul akibat stres? Dr.Eric First menjabarkan semua soal kerutan wajah akibat stres kepada Byrdie, buat kamu yang ingin tahu cara mencegah kerutan wajah akibat stress yang kita alami baca artikel ini sampai habis ya babes!

Apa yang Dimaksud dengan Kerutan Akibat Stres?

Want To Prevent Crows Feet? Here's How - Allure Medical Spa
askallure.com

Stres yang terjadi pada seseorang dapat membuat hidup seseorang tidak teratur. Tidak melakukan olahraga secara rutin, tidak memiliki kualitas tidur yang baik serta kurangnya asupan makanan bergizi bisa menjadi salah satu hal yang terjadi akibat kita merasa stres. Tentu hidup yang tidak teratur juga memberikan efek kepada kulit kita salah satunya munculnya kerutan pada wajah. 

Baca Juga : Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Kenapa Kerutan Wajah Akibat Stres Dapat Muncul? 

The Best Primer for Mature Skin to Keep Makeup Fresh
womansworld.com

Stres pada seseorang bisa terjadi akibat pekerjaan, hubungan asmara, keadaan finansial dan masih banyak lagi. Lalu bagaimana bisa stres membuat munculnya kerutan pada wajah? Singkatnya, keadaan ini bisa dikaitkan dengan telomer yang menjadi pendek pada DNA. Keadaan stres mengakibatkan telomer yang melindungi kromosom pada DNA menjadi lebih pendek dan pada waktunya tidak bisa melakukan replikasi yang mengarahkan tidak terproduksinya sel-sel kulit sesuai dengan semestinya. Menurut Dr.Eric First ada beberapa studi yang mengkaitkan stres dengan keadaan telomer yang melindungi kromosom menjadi pendek. 

Cara Mencegah Kerutan Wajah Akibat Stres

Your Skin on Stress: Acne, Hives, Rash, Bumps, Hair Loss, and Mor
healthline.com

Ada beberapa cara untuk mencegah terjadinya kerutan pada wajah akibat stres. Namun cara-cara ini juga perlu untuk diterapkan sehari-hari secara rutin agar tubuh kita bisa beradaptasi. Yang pertama adalah dengan membuat rutinitas hidup yang sudah terjadwal seperti olahraga secara rutin, tidur dengan waktu yang sesuai dan juga mengkonsumsi makanan dengan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Yang kedua adalah dengan memastikan kulit terhidrasi secara benar. Ada dua untuk memastikan kulit terhidrasi secara benar yaitu dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas dan juga menggunakan produk skincare dengan kandungan yang dapat menghidrasi kulit serta menjaga kelembapan kulit seperti moisturizer dan juga hydrating toner

Nah, yang terakhir memastikan kulit terjaga dari paparan sinar UV. Seperti yang diketahui paparan sinar UV secara langsung dapat menyebabkan masalah-masalah pada kulit salah satunya adalah kerutan pada wajah. Gunakan sunscreen dengan SPF yang cukup untuk kegiatan sehari-hari untuk melindungi kulit. 

Rekomendasi Produk Skincare yang Mencegah Kerutan

Baca Juga : Cobain Facial Foam yang Bikin Kulit Wajah Glowing dan Lembab, yuk!

Sekarang kamu sudah tau dong penyebab terjadinya kerutan pada wajah dan juga cara mencegahnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!

wrinkle
kerutan
cegahkerutan
Written By
Arnintya Yuliardi

Skincare enthusiast, and also beauty writer for The Shonet.

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!