LIFESTYLE   |   30 NOVEMBER 2018

Menurut Penelitian, Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Memberikan 4 Pelajaran Buat Kamu Lho Babes!

Menurut Penelitian, Ternyata Hewan Peliharaan Bisa Memberikan 4 Pelajaran Buat Kamu Lho Babes!

Kamu yang punya hewan peliharaan, berbangga hatilah ternyata mereka bisa memberikanmu 4 pelajaran lho!

Setiap orang pasti ingin memiliki hewan peliharaan. Selain sebagai sarana pelepas stres, hewan peliharahan bisa menjadi temanmu yang selalu ada di rumah lho. Kamu pun hanya perlu merogoh kocek agak sedikit dalam untuk biaya perawatannya dan hal tersebut sebanding dengan manfaatnya.

Tapi ternyata, hewan peliharaan bisa mengajarkan 4 pelajaran hidup lho untukmu. Mau tahu apa saja itu, kamu harus baca nih!

1. Membuat kesehatan mentalmu baik

Marley & Me

Tidak ada hal yang lebih menyenangkan daripada mengelus-elus kepala kucing sampai ia tertidur. Kontak fisik seperti ini, ternyata memiliki efek yang cukup positif untuk kondisi mentalmu sendiri. Dalam sebuah penelitian bersama oleh dua organisasi amal yang berbasis di Inggris, Cats Protetion and the Mental Health Foundation, peneliti melihat merawat seekor kucing akan memengaruhi tingkat depresi pemilikinya. Mereka menguji 600 orang yang memelihara kucing dan yang tidak memelihara kucing. Mereka menemukan bahwa 87 persen pemilik kucing mengatakan bahwa bulu pada kucing berdampak pada kesehatan mental mereka, dan sepertiga responden mengatakan bahwa membelai bulu kucing adalah kegiatan yang menyenangkan dan membantu menghilangkan stres.

2. Kamu jadi lebih aktif

Marley & Me

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal of Physical Activity and Health menunjukkan gaya hidup lebih dari 40 ribu orang dewasa yang memiliki hewan peliharaan terlihat lebih aktif (khususnya mereka jadi lebih sering jalan kaki). Yang lebih mengejutkan, pemilik anjing dikatakan akan lebih suka berjalan kaki atau naik transportasi umum daripada pemilik kucing atau hewan peliharaan lainnya. Maksudnya adalah para pemilik anjing akan lebih berjalan santai daripada mereka yang tidak memelihara seekor anjing. Dengan kata lain, hewan peliharaan mengajarkanmu manfaat dari melakukan aktivitas fisik secara teratur dan seiring bejalannya waktu akan membuatmu menjadi lebih aktif.

3. Mengajarkanmu cara tenang walau dalam tekanan

Marley & Me

Bagi pemilik hewan peliharaan, sangat jarang merasa sedih sepanjang waktu, kecuali mereka tidak melihat hewan peliharaan tersebut. Sama seperti anak kecil yang melihat ibunya, ketika kamu memiliki hewan peliharaan dan bertemu mereka, itu akan membantumu mengurangi stres. Penelitian yang diterbitkan jurnal Psychosomatic Medicine, pemilik hewan peliharaan dan mereka yang tidak punya hewan peliharaan diminta untuk menyelesaikan soal matematika dalam batas waktu tertentu. Menurut hasil penelitian, peserta yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau aning akan pulang dengan tidak mengalami meningkatan denyut jantung dan tingkat tekanan darah, dan ketika hewan peliharaan mereka dibawa ke dalam ruangan, mereka akan lebih sedikit melakukan kesalahan dalam pengerjaan soal matematika tersebut daripada rekan-rekan mereka yang tidak memiliki hewan peliharaan.

4. Mengajarkanmu cara menjadi pemimpin yang baik

Marley & Me

Siap menjadi seorang pemimpin? Cobalah memberikan cinta yang lebih pada hewan peliharaanmu. Menurut survei online dari 857 orang Amerika, yang dilakukan oleh Rumah Sakit Banfield Pet and Kelton Research, memiliki seekor hewan peliharaan dalam menjadi faktor yang berkontribusi pada kesuksesan profesionalmu. Hasil survei menunjukkan bahwa 86 persen pemiliki hewan peliharaan mengatakan mereka memiliki manajemen waktu dan keterampilan multitasking yang lebih baik karena sering mengelus-elus hewan peliharaan mereka. Cobalah memelihara hewan peliharaan dari kecil, menurut persepsi para profesional. Sembilan puluh persen yang bekerja sebagai eksekutif menjawab bahwa mereka merasa anak-anak mereka akan lebih berhasil di sekolah jika mereka memiliki dan merawat hewan peliharaan.

BACA JUGA: Memiliki Rencana Pelihara Anjing? Yuk, Pilih Sesuai Zodiakmu!

Source foto: film Marley & Me/Fox 2000 Pictures,Regency Enterprises,Sunswept Entertainment

Wah, ternyata memiliki hewan peliharaan bisa berdampak baik padamu, lho Babes! Kalau kamu punya hewan peliharaan apa?

Zahra Aminati
Zahra Aminati

LIFESTYLE   |   30 NOVEMBER 2018