Lifestyle

Menurut Sains, 7 Kebiasaan Ini Dapat Membuatmu Menjadi Orang yang Positif!

Menurut Sains, 7 Kebiasaan Ini Dapat Membuatmu Menjadi Orang yang Positif!

Kamu tahu? Ternyata 7 kebiasaan ini dapat membuatmu menjadi orang yang positif, lho!

Sebagian besar dari kita banyak yang diingatkan untuk menjadi "lebih positif" pada hari-hari yang sulit. Tetapi menjadi orang positif tidak semudah menjentikkan jari dan melakukan perubahan. Serlingkali, menumbuhkan optimisme membutuhkan kerja keras. Berlatih melakukan kepositifan dapat membuatmu menjadi orang yang lebih menyenangkan bagi orang-orang di sekitarmu, atau bahkan lebih.

Menjadi optimis memainkan peran penting dalam kesehatan dan kesejahteraanmu. "Para peneliti menduga bahwa orang yang lebih positif akan lebih terlindungi dari risiko stres," menurut situs web John Hopkins Medicine. "Kemungkinan lain adalah harapan dan kepositifan membantu orang membuat keputusan kesehatana dan kehidupan yang lebih baik. yang jelas ada hubungan yang kuat antara 'kepositifan dan kesehatan.'" Nah, menurut sains ini 7 kebiasaan yang dapat membuatmu menjadi orang yang positif.

1. Waspadai keluhanmu

I Origin

Semua orang perlu curhat sekarang atau nanti. Namun, terus mengeluh bisa berakibat buruk bagi kesehatanmu. Seperti yang dilaporkan Inc. pada tahun 2016, penelitian menunjukkan bahwa mengeluh dapat membuat otakmu buruk, membuat orang yang mendengar juga lebih pesimis secara keseluruhan. Cobalah menyisihkan waktu untuk curhat atau mengeluh, dan kemudian setelah 5, 10, atau 15 menit, alihkan perhatianmu pada hal-hal yang membuatmu bahagia.

2. Tidurlah yang cukup

I Origin

Tidur nyenyak sangat mendasar bagi sebagian besar aspek kesehatan, dan tidak mengherankan, mendapatkan cukup tidur dapat membuat kamu berpikir positif. Menurut National Health Services UK, "Sebuah penelitian terhadap 100 mahasiswa telah menemukan bahwa tidur yang sedikit dan tidur yang ditunda-tunda bisa menyebabkan pikiran negatif yang berulang (RNT)." Di sisi lain, mendapatkan cukup tidur membuatmu siap untuk tidur dalam suasana hati yang lebih baik daripada hari berikutnya, dan manfaat lainnya.

3. Gunakanlah catatan terima kasih

I Origin

Seperti yang dilaporkan Harvard Health, sebuah studi tahun 2003 menemukan bahwa mengekspresikan rasa terima kasih setiap hari tidak hanya membantu seseorang memiliki pandangan hidup yang lebih optimis, tetapi mereka juga akan lebih sehat dan berolahraga lebih banyak. Usahakan untuk mengambil waktu sebanyak 30 detik untuk menuliskan dalam jurnalmu rasa terima kasih terhadap hidup ini atau sebelum kamu pergi tidur.

4. Tersenyumlah

I Origin

"Kamu harus lebih banyak tersenyum" adalah ungkapan yang banyak orang tidak suka dengar, dan dapat dimengerti. Namun, sains telah menemukan upaya bahwa dengan tersenyum lebih sering dapat menipu otakmu untuk menjadi lebih bahagia, menurut NBC News.

5. Luangkan waktumu di alam

I Origin

Greater Good Magazine dari University of California Berkeley melaporkan pada tahun 2016 bahwa sebuah penelitian di Stanford University menemukan orang-orang yang menghabiskan waktu di alam "mengalami lebih sedikit kecemasan, perenungan (perhatian yang terfokus pada aspek negatif diri sendiri), dan pengaruh negatif, serta emosi yang lebih positif, jika dibandingkan dengan orang yang jarang liburan ke alam." Jika sulit untuk pergi ke alam luar, mendekorasi rumahmu seperti alam dengan tanaman hias dapat membuatmu lebih bahagia.

6. Tetap terhidrasi

I Origin

Otak manusia terdiri dari sekitar 75 persen air. Artinya, kalau tidak minum dapat merusak kesehatan mental dan fungsi kognitif otakmu. Bahkan, seperti dilaporkan PsychCentral, dehidrasi ringan telah terbukti meningkatkan kecemasan, serta kelelahan dan stres. Membawa botol air dari rumah dapat mengurangi penggunaan plastik dan juga kamu bisa menggunakan aplikasi pelacar air dan dapat membantumu tetap terhidrasi sepanjang hari.

7. Baiklah kepada orang lain

I Origin

Sejumlah besar penelitian telah menemukan bahwa bersikap baik kepada orang lain dapat membuatmu merasa lebih bahagia, seperti yang dilaporkan The Conversation pada tahun 2018. Cobalah untuk melakukan upaya harian untuk terlibat dalam tindakan kebaikan kecil, seperti membelikan kopi pada bossmu sesekali, menjadi relawan di acara lokal dekat rumahmu, atau menulis surat kepada orang-orang yang kamu sayangi. Hal ini akan mengubah pandanganmu tentang kehidupan.

BACA JUGA: 4 Aturan yang Harus Kamu Terapkan untuk Menjawab Pertanyaan Soal Kelemahanmu!

Source foto: film I Origin/Verisimilitude, WeWork Studios, Bersin Pictures

Nah, itulah 7 Kebiasaan yang dapat membuatmu menjadi orang yang positif, yuk dilakukan!

Zahra Aminati
Zahra Aminati