Lifestyle

Merasa Stres Saat Liburan, Babes? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Merasa Stres Saat Liburan, Babes? Coba Atasi dengan 5 Cara Ini!

Musim liburan adalah waktu yang ditunggu-tunggu bagi banyak orang kan, Babes? Tapi nggak semua liburan itu menyenangkan lho bagi orang-orang! Menurut catatan, jika kamu merasa cemas dan stres dengan tibanya hari liburan dan segala sesuatu pada musim liburan, kamu tidak sendirian.

Poling yang dilakukan majalah Consumen Reports menyatakan bahwa 90 persen dari orang yang mereka survei mengatakan ada setidaknya satu hal yang mereka tekankan saat musim liburan. Di antara itu, kekhawatiran pertama mereka adalah harus bersikap baik terhadap kerabat yang menyebalkan, suka berhutang, atau hadiah liburan yang mengecewakan.

Nah, agar semua hal itu tidak membuatmu stres saat liburan, kamu bisa ikuti tips di bawah ini!

1. Tetap pikirkan makanan

Under the Tuscan Sun

Banyak dari kita berpikir bahwa liburan itu tempat kita bisa memakan banyak hal. Ketika kamu sedang menghadiri makan malam dengan keluarga besar, pasti di sana ada banyak makanan dan tentunya juga ada sedikit drama dan sebagai hasilnya banyak stres yang membuatmu tidak menjadi nafsu makan. "Kamu seharusnya tidak merasa perlu untuk merasa stres atau memikirkan hal yang tidak perlu. Lakukan apa yang terbaik untukmu," kata Dr. Navya Mysore, penyedia perawatan primer di kantor Tribeca One Medical.

"Berhati-hatilah dengan apa yang kamu makan, tapi juga luangkan waktu untuk menikmati momen itu saat berada di sekitar orang-orang terkasih." Jika kamu memiliki keluarga yang menyebalkan, kamu mungkin akan merasa tidak nyaman dan menolak bantuan lain ketika kamu sudah kenyang. "Daripada khawatir dengan pikiran orang-orang tentangmu, lebih baik fokus saja makanan yang masuk dalam tubuhmu"

2. Meditasi di mana pun kamu berada

Under the Tuscan Sun

Kamu mungkin sudah sering dengar bahwa meditasi dapat membantumu mengurangi stres, tapi jika kamu tidak punya banyak waktu untuk diri sendiri selama liburan, itu berarti kamu tidak dapat menemukan peluang untuk mendapatkan perhatian penuh pada dirimu. "Kamu dapat melakukan meditasi kesadaran di mana saja," kata Dr. Mysore. "Luangkan waktu sejenak untuk diam dan mendengarkan suara-suara di sekitarmu. Bahkan jika itu di kereta bawah tanah, itu juga bisa disebut sebagai meditasi!"

3. Tetaplah bergerak

Under the Tuscan Sun

"Kadang-kadang mudah bagimu untuk menunda berolahraga, makan sehat, dan memiliki waktu sendirian. Hal inilah yang menyebabkan kamu mengalami peningkatan stres atau kecemasan," jelas Dr. Mysore. "Pastikan untuk berolahraga saat liburan (meskipun itu hanya berjalan-jalan di taman)." Jika kamu tidak menganggap bahwa kamu adalah orang yang jago berlari atau sering berolahraga di gym, kamu pasti akan mendapatkan manfaat dari menggerakkan tubuhmu. Bermain kejar-kejaran dengan sepupumu atau jalan-jalan di taman dekat rumah kerabatmu pasti akan berdampak baik bagi kesehatanmu daripada hanya duduk dengan stres yang melanda.

4. Pergi ke luar

Under the Tuscan Sun

"Luangkan waktu liburanmu pergi ke luar, dan lebih baik berada di alam," kata Janis Isaman, salah satu spesialis movement bersertifikat, pelatih nutrisi, dan pemilik studio kesehatan My Body Couture. Pergi jalan-jalan seperti mendaki gunung, liburan di pantai, atau pergi ke kebun binatang akan membuat stresmu hilang. Jika cuacanya tidak mendukung (seperti hujan lebat atau terlalu dingin), kamu bisa menyiasatinya dengan membuat ruanganmu seperti di alam bebas dengan menaruh bunga segar dalam vas. Dijamin, pasti stres saat liburanmu akan hilang karena sejuknya ruangan.

5. Pergi bersama orang tercinta

Under the Tuscan Sun

Tidak semua orang dapat menghabiskan liburan bersama keluarga, tapi bukan berarti kamu harus pergi sendirian jika kamu tidak mau. "Terutama di New York City atau kota-kota besar lainnya, sangat mudah untuk merasa kesepian," kata Dr. Mysore. Kemungkinannya adalah pergi liburanlah bersama orang-orang tercintamu, seperti sahabat, teman, atau bahkan kekasih. Jika semua tidak bisa diajak kamu bisa mulai cari kenalan lewat aplikasi online untuk bertemu dengan orang-orang baru. Dengan begitu, kamu tidak akan stres karena tidak melakukan kegiatan di hari liburanmu.

BACA JUGA: Khusus Untuk Kamu Para Perempuan yang Masih Aja Merasa "Ngenes" Sebagai Jomblo

Source foto: film Under the Tuscan Sun/Touchstone Pictures,Timnick Films,Blue Gardenia Productions

Begitulah kira-kira 5 tips menangani stres saat kamu sedang liburan, yuk diterapkan!

lifestyle
relationship
dirisendiri
liburan
hubungan
stress
tipsmenanganistres
menanganistres
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!