Lifestyle

Merinding Saat Nonton Konser? Itu Tandanya...

By SUARA.com  |   about 1 year ago
Merinding Saat Nonton Konser? Itu Tandanya...

Saat menonton konser musik secara langsung, pernah nggak sih kalian merasa merinding? Kalau iya, tenang saja, itu normal kok! Malah, itu merupakan pertanda bahwa kalian menjalani hidup yang sehat dan bahagia. 

Dilansir dari Suara.com, kesimpulan ini didapat melalui sebuah penelitian yang dilakukan di festival musik Reading and Leeds untuk mengeksplorasi apakah merinding dapat berkorelasi dengan kondisi kesehatan dan kepribadian seseorang.

Tim peneliti, dikutip dari Independent menemukan bahwa mereka yang merasa merinding saat menonton konser lebih mungkin untuk membina hubungan yang lebih kuat dengan orang lain, lebih mungkin mencapai prestasi akademis yang lebih tinggi dan berada dalam kesehatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak merinding saat menonton konser.

menonton konser
Pernah merinding saat nonton konser? (dok. Instagram @sorasarah)

Untuk mendapat temuan ini, penelitian yang dipimpin oleh peneliti Harvard University, Matthew Sachs dan profesor Universitas Oxford, Robin Murphy ini menganalisis tanggapan dari 100 orang yang menonton konser musik secara langsung.

Para peneliti menganalisis respon fisiologis peserta terhadap musik. Selain itu, mereka juga diminta melakukan serangkaian tes psikometri untuk menentukan kapan mereka mengalami "momen merinding" selama menonton konser musik.

Studi ini menyimpulkan bahwa 55 persen orang Inggris kemungkinan akan merinding ketika menonton pertunjukan langsung, di mana merinding ini kemungkinan besar terjadi dalam menit pertama setelah band memulai pertunjukan. Perempuan ternyata cenderung menunjukkan respons emosional terhadap musik yang disenanginya, di mana 55 persen dari peserta perempuan mengaku merinding saat melihat aksi idolanya di panggung dibandingkan para lelaki yang hanya 46 persen mengalami merinding.

konser
Source: Instagram @sorasarah

Menurut pengakuan para responden, mereka yang merinding selama menonton konser (setidaknya sekali) cenderung menggambarkan diri mereka sebagai sosok yang "empati" dan "menyenangkan" dalam hubungan. Mereka juga mengaku sedang memiliki suasana hati yang positif dan dalam kondisi bahagia.

Robin Murphy, peneliti di Oxford University, menjelaskan bagaimana penelitian ini memberi kesempatan bagi tim peneliti untuk mengeksplorasi "fenomena merinding" secara terperinci.

"Hasil studi kami menunjukkan bahwa orang yang benar-benar terhubung dengan pertunjukkan hiburan dan merasa merinding ketika melihatnya secara langsung berdampak pada perasaan mereka secara keseluruhan di mana suasana hati menjadi lebih baik," tandasnya.

Hasil studi menunjukkan orang yang merinding saat menonton konser musik secara langsung adalah orang yang sehat dan bahagia karena membuat dan menunjukkan suasana hati sedang baik. 

konser
fyi
menontonkonser
merinding
Written By
SUARA.com

Suara.com adalah portal berita yang menyajikan informasi terhangat baik peristiwa politik, bisnis, hukum, sepakbola, entertainment, gaya hidup, otomotif, sains teknologi hingga jurnalisme warga. Dikemas dengan bahasa ringan, lugas dan tanpa prasangka. Informasi tersaji 24 jam, dapat dinikmati melalui desktop, laptop hingga beragam gadget atau perangkat mobile lainnya.

All Comments (0)

Related Article

The Shonet LookbookEmpowerment

Della Dartyan