Lifestyle

Meski Bukan Budaya Kita, Begini Ternyata Asal-Usul dan Sejarah Kelam Hari Valentine

By THE SHONET Viral  |   about 2 months ago
Meski Bukan Budaya Kita, Begini Ternyata Asal-Usul dan Sejarah Kelam Hari Valentine
Sex and the City

Tepat setiap tanggal 14 Februari, banyak orang akan menyebut hari ini sebagai hari Valentine atau hari kasih sayang. Meski tagar #valentinebukanbudayakita merebak, di hari ini, banyak juga para pasangan memberikan k ado, bunga, cokelat hingga kejutan romantis makan malam untuk orang terkasih. 

Namun tahukah kamu, Babes, ada sejarah yang melatarbelakangi hari Valentine terjadi. Dan sejarah yang melatarbelakangi hari Valentine ini bisa dibilang jauh dari cerita bahagia bahkan terbilang sadis dan menyedihkan. 

Santo Valentine

Image result for history valentine
History.com

Dari asal-usul namanya, Gereja Katolik mengakui ada tiga santo atau orang suci bernama Valentine atau Valentinus. Ketiga pria yang hidup dari masa 200-an Masehi tersebut sayangnya ketiganya tewas secara mengenaskan seperti dikutip dari situs The Guardian.

Salah satu kisah menyebut, Kasiar Romawi Claudius II melarang tentara muda menikah agar tak menjadi "lembek" di medan tempur. Namun, Uskup Valentine pada saat itu menentang dan menikahkan salah satu pasangan secara diam-diam. Sayangnya, pernikahan tersebut ketahuan dan uskup Valentine dipenjara dan mendapat eksekusi mati.

Saat ia dipenjara, legenda menyebut bahwa pria asal Genoa itu lantas jatuh cinta dengan putri orang yang memenjarakannya. Akhirnya, sebelum hari eksekusinya tiba yakni pada 3 Mei, sang uskup menulis sebuah surat cinta yang ditutup dengan kata, 'Dari Valentine-mu'.

Kisah Valentine yang Lain

Image result for valentine's day history
The Camden Watch Company

Kemudian ada pula kisah Valentine lain. Masih berlatar pada zaman Kekaisaran Romawi Claudius II, ada seorang pemuka agama bernama Valentine. Ia membantu orang-orang Kristen yang dianiaya pada masa pemerintahan Claudius II. Akhirnya ia pun dipenjara dan saat di penjara, ia membantu mengembalikan penglihatan seorang gadis yang buta - yang kemudian jatuh cinta padannya. Namun kisah cinta ini tak berjalan mulus karena Valentine harus menjalani eksekusi penggal pada tanggal 14 Februari.

Valentine yang lain adalah seorang uskup yang saleh dari Terni. Ia pun menjadi korban dari pemerintahan kekaisaran Romawi Claudius II. Tak diketahui apa kesalahannya, tetapi ia pun bernasib sama dengan kedua Valentine sebelumnya yang disiksa dan menjalani eksekusi sadis oleh Claudius II yang juga jatuh di tanggal 14 Februari.


Cinta

Image result for Geofrey Chaucer
Geoffrey Chaucer - Biography.com

Setelah legenda kelam berlalu, era cinta muncul kemudian setelah sekian lama. Seorang penyair Inggris, Geofrey Chaucer menulis sebuah puisi berjudul Parliament of Fowls (1382) untuk merayakan pertunangan Raja Richard II. Dalam puisi itu, hari Valentine dirayakan pada 3 Mei bukan 14 Februari.

Menurut Andy Kelly, seorang ahli bahasa Inggris dari Universitas California mengatkan bahwa 3 Mei dipilih menjadi hari kasih sayang karena di tanggal tersebut, semua burung akan memilih pasangannya dalam setahun. 

"Itu adalah hari di mana semua burung akan memilih pasangannya dalam setahun. Tak lama setelahnya, dalam satu generasi, orang-orang mengambil ide untuk merayakan Valentine sebagai hari kasih sayang," papar Andy.

Kemudian mengapa hari Valentine berubah menjadi tanggal 14 Februari dan bukan 3 Mei? Orang-orang pada saat itu tak begitu akrab dengan cerita Valentine dair Genoa yang meninggal di 3 Mei. Mereka lebih akrab dengan cerita Valentine dari Roma dan Terni yang dieksekusi pada tanggal 14 Februari. Dari sinilah tanggal 14 Februari dipilih menjadi hari untuk merayakan kasih sayang.


Baca Juga: Duh, Ratusan Pasangan AS Rayakan Valentine dengan Bercerai

 

Deretan beauty items ini bisa kamu berikan sebagai hadiah kasih sayang di Valentine.

Click here to buy: BIYU - Glow Series Full Set

Click here to buy: VALENTINO - Valentine Pink Roll On EDP

Click here to buy: URIAGE - Hydration Starter Kit

 

Baca Juga: Selain Cokelat, Deretan Makanan Ini Juga Lekat dengan Valentine! Cari Tau Beserta Alasannya, Yuk!
 

Ternyata ada sejarah kelam dibalik terjadinya hari Valentine.

valentine
harivalentine
kadovalentine
sejarahvalentine
Written By
THE SHONET Viral

Welcome to The Shonet Viral! Tempat di mana kalian bisa mencari informasi terbaru seputar entertainment, gossip, dan news. Dikurasi oleh Sarah Christiani, dan Agestia. 

All Comments (0)

Related Article

The Shonet Lookbook
The Shonet Lookbook

Insider Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!