Lifestyle

Michelle Obama Memberikan Semangat untuk Para Wanita yang Mengalami Keguguran

By THE SHONET Empowerment  |   almost 2 years ago
Michelle Obama Memberikan Semangat untuk Para Wanita yang Mengalami Keguguran

Michelle Obama telah memberikan semangat untuk wanita yang mengalami keguguran.

Dalam wawancara terbarunya dengan Robin Roberts, Michelle Obama mengungkapkan bahwa dia pernah mengalami keguguran ketika dia belum memiliki anak dengan suaminya, Barack Obama. Pada saat itu, dia mengatakan dia tidak menyadari betapa banyaknya wanita yang mengalami hal yang sama sepertinya.

1. Ia Sempat merasa kehilangan arah

 

“Saya merasa kehilangan arah, sendirian, dan saya merasa gagal karena saya tidak tahu kenapa itu bisa terjadi dan kami tidak membicarakan hal itu,” kata Michelle. “Kami duduk berdua dalam kesedihan kami dan berpikir bahwa kami hancur.”

Dia menulis di buku barunya yang berjudul Becoming, bahwa proses kehamilan tidaklah mudah bagi pasangan. Michelle mengungkapkan bahwa hubungan pernikahan kadang tidak harmonis, apalagi ketika mengetahui bahwa sang istri keguguran. Ia pun meminta izin Obama untuk melakukan proses bayi tabung dan saat itu Obama tidak bisa menemani karena Obama sedang bertugas di badan legislatif negara bagian. Dia mengatakan ketika berusia 34 tahun, dia menyadari bahwa usianya tidak lagi muda untuk hamil dan “produksi sel telurnya sudah terbatas”, dia pun memutuskan untuk melakukan proses bayi tabung.

2. Dia memutuskan untuk proses bayi tabungMichelle Obama dan Keluarga

Ia merasa sedih karena harus menjalani proses bayi tabung sendirian dan dia tidak mengatakannya pada Obama ataupun keluarganya. “Saya pikir itu adalah hal yang terburuk yang saya lakukan sebagai wanita, tidak menceritakan tentang kondisi tubuh kita dan bagaimana perasaan kita setelah keguguran,” kata Michelle kepada Robin Roberts dari ABC di Good Morning America.

3. Dia berpesan untuk tidak putus asa

Dalam percakapannya dengan Robin, dia menekankan bahwa wanita harus lebih terbuka dan komunikatif mengenai masalah ini sehingga semua orang yang mengalami hal seperti ini tidak merasa sendirian. Wanita yang sedang keguguran memang pasti akan merasa gagal jadi wanita karena tidak bisa menjaga jabang bayi. Oleh karena itu, terbuka dalam perasaan kesedihan ini sangat tidak apa-apa daripada memendamnya sendirian.

BACA JUGA: 3 Nasihat dari Michelle Obama untuk Anak-anak Perempuannya, Bisa Kalian Terapkan!

Source foto: USA Today, Wikipedia, Instagram

Babes, jangan jadikan keguguran sebuah akhir dari kehidupan, ya! Bahkan seorang Michelle Obama pun pernah mengalaminya dan mampu melalui itu semua dengan baik! Hanya satu yang harus kamu terapkan, jangan pernah ragu untuk menceritakan segala kesedihanmu.

lifestyle
karier
semangat
barackobama
michelleobama
wanitayangkeguguran
keguguran
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!