Fashion

Miuccia Prada Terima Penghargaan Bergengsi, Ini 7 Koleksi Prada Paling Memorable

Miuccia Prada Terima Penghargaan Bergengsi, Ini 7 Koleksi Prada Paling Memorable

Miuccia Prada dianugerahi penghargaan dari British Fashion Council untuk kategori Outstanding Achievement Award. Penghargaan tersebut akan diserahkan pada ajang Fashion Awards yang akan berlangsung 10 Desember 2018 di London.  “Intuisi yang dimiliki oleh Miuccia Prada dalam membaca geliat sosial masyarakat dan kemampuannya dalam memadukan beragama aspek seperti desain fashion, seni, dan arsitektur telah membuatnya menjadi seorang pionir bagi industri ini,” terang Stephanie Phair selaku chairwoman dari British Fashion Council seperti dikutip dari situs Women's Wear Daily. Hal tersebut pula yang membuat publik dan khususnya jurnalis fashion selalu merasa tertantang untuk menerjemahkan koleksi Prada. Pendekatan Prada ketika merancang koleksi, lebih dari sekadar menghadirkan tren tapi lebih secara intelektual hingga membuat rancangannya seolah menjadi manifestasi antara fashion dengan sosial. Tiap musimnya, koleksi Prada selalu selangkah lebih maju dibanding desainer lain, namun berikut 7 koleksi paling memorable dari Prada.



1. Prada Spring/Summer 2011

Prada Spring/Summer 2011/IMAXtree

Bermain dengan motif adalah salah satu ciri khas Prada. Pada koleksi spring/summer 2011, Prada menggabungkan motif baroque dan pop culture seperti pisang dan paisley. Ragam aksesori turut menjadi focal point seperti platform sneakers, topi Sombrero, dan fur stole. Kala itu situasi ekonomi global masih berada dalam resesi, dan banyak desainer menawarkan koleksi didominasi warna hitam. Namun  Prada berani mendobrak dengan permainan tabrak warna dan motif, “Saatnya untuk tampil berani,” terangnya mengenai inspirasi koleksi ini seperti dikutip dari Vogue.



2. Prada Spring/Summer 2014

Prada Spring/Summer 2014/IMAXtree

Spirit empowerment menjadi tema utama koleksi Prada musim spring/summer 2014. Prada menghiasi pakaiannya dalam permainan mash-up detail dan motif mural. Playful namun energetic dan hal tersebut terasa dari pilihan soundtrack dari fashion show yang tak biasa untuk citra Prada yakni lagu Work B**ch dari Britney Spears. Membuatnya menjadi salah satu koleksi Prada paling memorable.



3. Prada Fall/Winter 2007

Prada Fall/Winter 2007/IMAXtree

Selain dikenal dengan penggunaan material nylon dan minimalis, Prada juga dikenal lewat kreasi tailoring. Pada koleksi fall/winter 2017, Prada mengeksplorasi tailoring dalam ragam rupa seperti skirt suit, coat, dan cape serta pola padu-padan warna yang tak biasa seperti ombre.



4. Prada Fall/Winter 2016

Prada Fall/Winter 2016/IMAXtree

Perempuan petualang adalah sumber inspirasi koleksi Prada fall/winter 2016. Coat bergaya militer, sabuk korset, boots, dan topi pelaut menjadi ciri tampilannya. Namun bukan hendak mengomentari mengenai hobi traveling yang dimiliki perempuan urban. Prada menegaskan bahwa koleksi ini merefleksikan sisi multidimensi dari perempuan. Tangguh namun feminin.



5. Prada Spring/Summer 2009

Prada Spring/Summer 2009/IMAXtree

Kata seksi hampir tidak pernah diasosiasikan dengan gaya rancangan Prada. Namun hal tersebut terpatahkan lewat koleksi spring/summer 2019. Prada menawarkan padu-padan bralette dengan skirt suit lalu crop sweater dan rok detail slit. Material yang digunakan hadir dengan efek kusut yang seolah mencoba meredefinisi gaya fashion yang mewah. Koleksi ini sempat dikritik karena banyak model yang terjatuh saat fashion show akibat sepatu platform tinggi yang mereka kenakan.



6. Prada Fall/Winter 2008

Prada Fall/Winter 2008/IMAXtree

Setelah mengeksplorasi bahan nylon dan jacquard, pada koleksi fall/winter 2008 Prada beralih ke lace. Prada mengemasnya menjadi cardigan, dress dalam berbagai siluet, hingga memadukannya bersama satin. Gaya rambut model bun memberikan mood bernuansa retro. Secara keseluruhan koleksi ini menampilkan gaya feminin yang overrated namun powerful.


Baca juga: Gaya Klasik dan Millennial Menjadi Tema Koleksi Prada Spring/Summer 2019

7. Prada Fall/Winter 2018

Prada Fall/Winter 2018/IMAXtree

Persaingan untuk menarik atensi konsumen dari generasi millennial turut dilakukan Prada. Hal tersebut terasa pada koleksi musim fall/winter 2018 yang bertemakan gaya sporty dan feminin dalam pulasan warna neon serta sematan logo Prada. Aksesori dari era '90-an seperti tiny sunglasses dan bucket hat turut dihadirkan kembali oleh Prada. Tak mengherankan bila koleksi ini menjadi salah satu yang paling sukses secara komersial dan tentunya dari segi estetis merupakan salah satu koleksi Prada paling memorable.



THE SHONET Luxury
THE SHONET Luxury

THE SHONET MAY 2019 ISSUE

The Shonet Rilis Edisi Perdana The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!