Beauty

Nggak Cuma Buat Masak, Ini 6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit

By Ranjani  |   about 2 years ago
Nggak Cuma Buat Masak, Ini 6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit

Kunyit yang merupakan rempah-rempah memang merupakan bumbu dapur yang sering digunakan, tapi tahu nggak sih kalau kunyit punya beragam manfaat untuk kecantikan kulit?

Pasti kamu sering menemukan kunyit sebagai rempah-rempah utama di berbagai masakan kan? Mulai dari gulai, nasi kuning, sampai ayam goreng.

Namun, nggak cuma buat masak, kunyit juga punya kegunaan lain yaitu untuk kecantikan kulit. Dengan kunyit, kamu bisa mengatasi masalah kulit kusam dan jerawat yang bikin kesal. Yuk cari tahu apa saja sih manfaat kunyit untuk kulit?

1. Mencerahkan kulit

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit
Source: nutritionstripped.com

Ternyata, kunyit adalah rempah-rempah yang sejak dulu digunakan di upacara pernikahan India. Ramuan kunyit diaplikasikan ke kulit pengantin wanita dan pria untuk memberikan sinar alami pada kulit mereka.

Kunyit memiliki antioksidan dan antiinflamasi bernama curcimin yang mampu mencerahkan kulit dan memperbarui kulit yang kusam.

2. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit
Source: healthline.com

Kalau kamu kurang tidur dan sedang stres, biasanya lingkaran hitam di bawah mata jadi mudah muncul. Nah, kunyit bisa mengatasi masalah yang satu ini, lho!

“Kunyit bisa mencerahkan lingkaran hitam dan menstimulasi sirkulasi. Jika sirkulasi lancar, lingkaran hitam di bawah mata dan kantong mata perlahan bisa hilang,” ujar Courtney Chiusano, founder dari Courtney Chiusano Skincare di Los Angeles, California.

3. Melawan jerawat

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit
Source: webmd.com

Kunyit adalah rempah-rempah yang ampuh melawan jerawat, karena kunyit merupakan antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Paduan kunyit dan cuka apel terbukti bisa menjadi toner yang cocok untuk melawan jerawat.

“Kunyit bisa mengurangi kemerahan dan bengkak akibat jerawat. Jerawat jadi cepat sembuh, termasuk jerawat yang besar,” terang Chiusano.

Chiusano juga menyarankan untuk mencampur bubuk kunyit dan madu, kemudian diaplikasikan ke jerawat, dan diamkan selama 20 menit, lalu bilas.

4. Menghilangkan bekas jerawat

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit
Source: humann.com

Setelah jerawat berhasil diatasi, masalah lain yang nggak kalah menyebalkan pun muncul, yaitu bekas jerawat. Bekas jerawat tuh bandel banget dan susah untuk dihilangkan. Duh!

Tapi tenang saja girls, karena kunyit bisa membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat. Kandungan curcumin di dalamnya mengurangi produksi melanin yang berlebih, sehingga dapat menyamaratakan warna kulit, termasuk bekas jerawat.

5. Mengurangi garis-garis halus

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit
Source: stylecaster.com

Garis-garis halus adalah tanda penuaan yang disebabkan paparan sinar UV berkepanjangan. Sebuah penelitian dari American Academy of Dermatology (AAD) 68th Annual Meeting menunjukkan bahwa kunyit punya kemampuan untuk mengurangi garis halus dan noda hitam akibat sinar matahari.

6. Melembapkan kulit kering

6 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Kulit
Source: allure.com

Kunyit dapat menghidrasi dan merevitalisasi kulit kering secara mendalam. Rempah berwarna kuning ini juga mempercepat proses pengikisan sel kulit mati, sehingga kulit jadi halus dan sehat. Selain untuk skincare, coba juga minum teh kunyit untuk melembapkan kulit dari dalam.

Wah, ternyata banyak banget ya manfaat yang bisa kamu dapatkan dari kunyit! Makanya, yuk bikin kulit cantik dengan kunyit.

kunyit
tipscantik
kunyituntukkulit
manfaatkunyit
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!