Lifestyle

Nggak Mau Alami Kepikunan Dini? Cegah dengan Melakukan 3 Hal Ini!

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Nggak Mau Alami Kepikunan Dini? Cegah dengan Melakukan 3 Hal Ini!

Menjadi tua adalah hal yang menakutkan, apalagi bila harus menjadi pikun. Lebih dari 50 juta orang di dunia yang sudah menua akan berpotensi besar mengalami kepikunan. Tidak ada orang yang ingin mengalami penurunan memori dalam otaknya.

Namun, sekarang ada cara yang dapat kamu lakukan untuk mencegah kepikunan dan bahkan akan meningkatkan kualitas otakmu. Cek 3 cara di bawah ini, yuk!

1. Tetap melakukan aktivitas fisik

The Imitation Game

Olahraga adalah salah satu cara untuk mencegah kepikunan. Penelitian mengatakan bahwa aktivitas fisik bukan hanya baik untuk tubuhmu, tapi juga baik untuk otakmu, meskipun hanya melakukan aktivitas fisik seperti berjalan kaki selama 20 menit setiap hari. Olahraga memainkan dapat menyehatkan kesehatan otak. Selain mencegah penyakit stroke dan membantu menyehatkan hati dan pembuluh darahmu, olahraga dapat meningkatkan jumlah neuron dan sinaptik dan hubungannya pada otak, terutama pada hipokampus. Hipokampus adalah bagian yang penting dalam otak tengahmu untuk belajar dan menyimpan memori.

Mark Albers, asisten profesor neurologi di MassGeneral Institute for Neurodegerative Disesase,  merekomendasikan untuk jalan keluar daripada hanya di depan treatmill-mu. Kamu bisa melakukan aktivitas fisik seperti aerobik, lari, berjalan, dan berenang.

2. Biasakan otakmu aktif

The Imitation Game

Sama seperti tubuh yang dibiarkan tidak digerakkan, otak bila tidak sering bekerja akan mengurangi fungsinya. Kamu harus tetap membiasakan otakmu aktif sesuai dengan usiamu. Hal yang paling mudah kamu lakukan adalah menjaga hubungan sosial dengan teman dan terlibat dalam kegiatan yang buat otakmu menjadi aktif.

Menurut Albert, kedua kegiatan itu akan mencegah terjadinya Alzheimer dalam otakmu. Bermain permainan asak otak dan tetap belajar juga akan membantu membuat otakmu jauh dari kepikunan.

3. Makan makanan diet yang sehat

The Imitation Game

Ini bukanlah hal yang baru, tapi selalu disebut-sebut dalam setiap hal yang berhubungan dengan tubuhmu. Penelitian mengatakan memakan makanan yang benar akan berdampak pada kesehatan tubuhmu, termasuk kesehatan otakmu. Diet makanan sehat yang harus dilakukan adalah Diet Mediterania, yang di mana kamu harus makan ikan, buah dan sayuran segar, gandum utuh, minyak zaitun, kacang-kacangan, beberasa jenis lemak sehat, dan mengurangi daging dan produk susu.

“Cara makan ini akan berpengaruh pada memori otakmu dan hasil kognitif yang akan lebih baik dari waktu ke waktu,” kata Albert.

Baca Juga: 5 Langkah Mudah Dapatkan Tidur yang Nyenyak dan Berkualitas!

source foto: film The Imitation Game/Black Bear Pictures.

Dengan melakukan cara di atas, kamu pasti akan tercegah dari kepikunan! Ayo, lakukan biar nggak sering lupa.

lifestyle
karier
otak
kepikunan
cegahkepikunan
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!