Lifestyle

Opening Ceremony Asian Games 2018 Sukses, Rinaldy A. Yunardi Bagikan Cerita Seru Soal Persiapan Acara!

By Sarah S. Christiani  |   over 2 years ago
Opening Ceremony Asian Games 2018 Sukses, Rinaldy A. Yunardi Bagikan Cerita Seru Soal Persiapan Acara!

Opening ceremony Asian Games 2018 sukses dilakukan pada hari Sabtu (18/08/2018) dan desainer Rinaldy A. Yunardi pun punya beberapa cerita seru mengenai proses dan persiapan acaranya.

Ada banyak orang yang terlibat dalam acara pembukaan Asian Games yang berlangsung di Gelora Bung Karno ini. Memang tak hanya insan olahraga saja yang ikut serta, tapi ada banyak musisi, penari dan masih banyak lagi yang terlibat. Salah satu desainer kondang tanah air yaitu Rinaldy A. Yunardi pun ikut terlibat sebagai Segment Designer dan mendesain 3 segmen dari opening ceremony ini. 

Rinaldy A. Yunardi
Source: Asian Games 

Pastinya kalian sudah familiar dengan nama tersebut kan, Girls? Rinaldy A. Yunardi merupakan perancang yang karyanya sudah dipakai oleh banyak selebriti dunia seperti Kylie Jenner hingga Nicki Minaj. Baru-baru ini, aksesoris buatannya juga dipakai oleh Madonna di acara Met Gala.

Rinaldy A. Yunardi dan tim pun ikut terlibat dalam acara opening ceremony Asian Games 2018 yang super megah ini. Kepada The Shonet, ia bercerita mengenai proses persiapan dari mulai konsep hingga rancangan yang ia buat. “Persiapannya sekitar 6 bulan, dan saya diberi kepercayaan untuk mendesain 3 segmen yaitu Earth, Fire dan Energy yang masing-masing memiliki cerita,” ujarnya. Rinaldy bercerita bahwa untuk segmen earth adalah yang paling challenging.

Mengikuti 3 konsep yang ada, Rinaldy mendesain semua look para penari hingga aksesoris yang dikenakan. “Konsep Earth itu budaya Indonesia, saya mendesain dengan bahan-bahan dari daerah masing-masing yang asli dan aksesorisnya juga. Saya harus mempertahankan budaya Indonesia,” ujarnya. Ia juga harus mengkomposisikan warna-warna di atas panggung agar kelihatan lebih indah. Sementara untuk segmen fire dan energy lebih kontemporer dan bebas. 

“Segmen earth ini menceritakan bahwa keanekaragaman budaya Indonesia bersatu dan berjuang. Jadi di sini saya masih tetap mempertahankan kostum-kostum nasional tapi saya meminta mereka untuk mengambil bahan-bahan yang asli dari wilayah masing-masing. Saya juga ingin teman-teman di daerah merasakan bahwa karya mereka ada di panggung Asian Games meskipun melalui nama saya,” cerita Rinaldy. Ia juga bercerita bahwa ia hanya mendesain, sedangkan untuk produksi dikerjakan oleh pihak Asian Games. Ia juga mendesain beberapa aksesoris yang dipakai para penyanyi seperti Rossa, GAC, Anggun C. Sasmi dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Berkat Pembukaan Asian Games, Jokowi Jadi Nation's Pick Seperti Kang Daniel Wanna One

Ikut berkarya untuk perhelatan akbar, Rinaldy tentunya bangga dan terharu atas kesuksesan acara tersebut. Ia juga berbagi bahwa ia sempat menitikkan air mata di sesi latihan. “Setiap kali habis latihan, kita itu happy banget, di atas panggung ada 1500 penari dan desain dari 3 segmen itu ada 44 desain. Serunya itu saat latihan dan preview setelahnya kita saling berpelukan dan meneteskan air mata kebahagiaan dimana kita sudah berkarya untuk Indonesia. Saya sangat terharu, inilah saya secara langsung berkarya untuk Indonesia dan membawa nama Indonesia,” katanya bangga.

Seperti Rinaldy A. Yunardi, kita juga ikut bangga melihat suksesnya opening ceremony Asian Games 2018 kan? 

fashion
asiangames
openingceremonyasiangames
openingceremony
rinaldyyunardi
Written By
Sarah S. Christiani

Hobi menulis, Sarah S. Christiani yang akrab dipanggil Sorasarah mengawali karier menulisnya sebagai reporter di majalah Asian Look, kemudian menjadi fashion writer dan stylist di Bintang Indonesia, serta editor di Teen.co.id dan kini bergabung dengan The Shonet. 

Selain fashion dan K-Pop, Sarah juga hobi traveling, café-hopping dan menghabiskan waktu senggangnya dengan membaca novel dan menonton ulang film kesukaannya, seperti Interview with the Vampire. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!