Lifestyle

Para Pencari Kerja yang Cerdas Pasti Tidak Melakukan 5 Hal Ini

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Para Pencari Kerja yang Cerdas Pasti Tidak Melakukan 5 Hal Ini

Tujuh puluh persen para perekrut menyaring para kandidat karyawan lewat sosial media yang mereka punya, menurut data terbaru dari Career Builder. Lebih dari setengah perusahaan mengatakan akan tidak akan merekrut kandidat jika mereka tidak memiliki Instagram, Facebook, dan Twitter. Wah, kamu harus pandai-pandai membangun citra di media sosial nih bila ingin mencari kerja. Nah, agar kamu diterima kerja, sebaiknya kamu tidak melakukan lima hal ini, ya.

1. Posting sesuatu yang dengan kata-kata kasar.

Up in the Air

Nggak ada salahnya sih untuk memposting apa saja di media sosial milikmu. Namun, ternyata sikapmu yang terlalu mengumbar segala hal dalam hidupmu di media sosial menjadi pertimbangan bagi para perekrut untuk menerima kamu bekerja di perusahaan mereka. Tahu kasus Naomi H di Twitter yang berhasil diterima bekerja di NASA? Dia terlalu berbahagia bisa bekerja di NASA sehingga mengeluarkan kata-kata umpatan yang ternyata ditanggapi oleh Homer Hickman yang merupakan pekerja senior di NASA. Ia pun dipecat dari pekerjaannya.

2. Menuliskan komentar-komentar yang berhubungan dengan SARA

Up in the Air

Menjelang waktu pilpres 2019, pasti diskusi mengenai hal yang berbau suku, agama, dan ras sedang menjadi isu hangat. Bagi kamu para pencari kerja, lebih baik kamu menghindari diskusi-diskusi di internet yang mengakibatkan kamu membawa-bawa pembahasan mengenai SARA. Walaupun kamu hanya berdiskusi dengan temanmu, akan lebih baik kamu tidak membicarakannya di media sosial. Karena di media sosial bukan hanya ada orang yang kamu kenal melainkan banyak orang yang tidak kamu kenal. Jadi, berdiskusilah dengan bahasa yang tidak menyinggung SARA.

3. Menceritakan masalah yang ada di kantor sebelumnya

Up in the Air

Tidak ada orang yang suka dibicarakan, bukan hanya di lingkungan sekolah atau kampus, tapi di dunia kerja juga. Dikutip dari Huffingpost hampir satu dari tiga orang karyawan mengatakan bahwa mereka ditolak bekerja karena mereka sering membicarakan masalah yang ada di kantor sebelumnya. Membicarakan orang di belakang tentu bukan tindakan terpuji yang harus dilakukan. Jadi, berpikirlah dua kali untuk menyebarkan masalah yang ada di kantormu sebelumnya.

4. Berbohong tentang kualifikasi yang kamu miliki

Up in the Air

Agar kamu diterima oleh perusahaan tempat kamu melamar, kamu berbohong bahwa kamu berasal dari universitas ternama. Setelah dicek ternyata kamu bukanlah lulusan universitas tersebut. Suatu saat kebohonganmu akan terungkap dan yang ada kamu hanya akan malu pada dirimu sendiri. Tentunya, mungkin kamu juga akan diblacklist dari perusahaan lain karena kamu tidak kredibel.

5. Menggunakan username, email, atau nama yang aneh

Up in the Air

Ketika kamu melamar kerja, gunakanlah email dengan namamu yang sebenarnya agar perusahaan mau memanggilmu untuk tahap selanjutnya. Janganlah kamu menggunakan username dan email dengan nama yang aneh. Misalkan, kamu bernama Dona dan ingin melamar kerja lewat email. Kemudian kamu menggunakan email dengan alamat donanakasik@gmail.com. Jangan harap perusahaan akan merekrutmu, ya. Menggunakan username atau email  dengan nama yang sesungguhnya menunjukkan kamu serius untuk mendapatkan pekerjaan tersebut.

BACA JUGA: Ini 5 Target yang Harus Kamu Lakukan untuk Menuju Kesuksesan

Source Foto: Up In The Air/ Paramount Pictures,Cold Spring Pictures,DreamWorks

Sebagai para pencari kerja yang cerdas, sebaiknya kamu memerhatikan lima hal yang seharusnya tidak dilakukan olehmu, ya. Semangat mencari kerja!

kerja
karier
pekerjaan
upintheair
pencarikerja
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!