Lifestyle

Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari 5 Novel Karya Nh. Dini

By THE SHONET Empowerment  |   almost 2 years ago
Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Petik dari 5 Novel Karya Nh. Dini

Dunia Sastra Indonesia sedang berduka dengan kabar mengenai novelis perempuan legendaris Nh. Dini yang meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan di ruas tol Tembalang pada Selasa (04/12/2018) siang. Beliau mengalami gegar otak akibat benturan keras yang dialaminya dan ditambah kondisi fisik yang sudah ringkih karena usianya sudah 82 tahun.

Selama hidupnya, Nh. Dini dikenal sebagai novelis yang produktif dan menghidupkan literasi Indonesia. Dia sudah mulai menulis cerpennya pada tahun 1950-an dan telah menerbitkan buku dari awal tahun 1970-an sampai tahun 2003. Dari karya-karyanya Nh. Dini memberikan pelajaran untuk perempuan di seluruh dunia.

Berikut adalah beberapa pelajaran yang bisa kamu petik dari novel-novel Nh. Dini.

1. Pada Sebuah Kapal (1972)

Novel Pada Sebuah Kapal

Pada Sebuah Kapal merupakan novel terlaris pertama karya Nh. Dini. Novel ini terbit pada tahun 1972 dan proses penulisannya memakan satu bulan tapi butuh 10 tahun lebih untuk menerbitkannya menjadi buku. Novel ini berkisah tentang seorang perempuan bernama Sri yang ditinggal mati tunangannya dan kemudian menikah dengan seorang diplomat asal Prancis. Mereka pun menetap di Kobe, Jepang dengan kondisi pernikahan yang tidak bahagia.

Dari novel ini, kita bisa mengambil pelajaran bahwa seorang perempuan yang seperti Sri dalam novel Pada Sebuah Kapal mungkin kesulitan dengan budaya yang ia terima tapi dia tetap berusaha bertahan walaupun akhirnya pernikahan tersebut kandas.

2. Namaku Hiroko (1977)

Novel Namaku Hiroko

Nh. Dini sangat peka terhadap lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Hal tersebut membuahkan beberapa karya-karya terbaiknya, termasuk novel Namaku Hiroko yang berlatar di kawasan Kobe, Jepang dengan tokoh orang asli sana. Novel ini bercerita tenang perjalanan hidup Hiroko, perempuan yang merintis kesuksesannya sendiri meski berasal dari keluarga miskin.

Novel ini mengajarkan kita bagaimana seorang perempuan tetap dapat berjuang di tengah-tengah kehidupannya yang serba kekurangan. Namun, akhirnya Hiroko berhasil menjadi orang yang sukses.

3. Keberangkatan (1977)

Novel Keberangkatan

Novel Keberangkatan ini juga salah satu novel terlaris karya Nh. Dini dan telah mengalami beberapa kali cetak ulang. Novel ini bercerita tentang seorang perempuan keturunan asing yang jatuh cinta pada lelaki asli Jawa. Namun, percintaan mereka harus berakhir karena sang lelaki dijodohkan dengan orang lain oleh keluarganya. Perempuan ini pun mencoba mencintai Indonesia sebagai tanah kelahirannya dan tempat di mana dia bertemu dengan cinta pertamanya.

Dari sini, Nh. Dini mengajarkan sebuah pelajaran bahwa bila kita belum berjodoh dengan seseorang, kita jangan merasa jadi orang paling sial di dunia. Hikmahnya, kita harus mensyukuri atas apa yang telah kita lewati dan lalui dengan bahagia.

4. Pertemuan Dua Hati (1986)

Novel Pertemuan Dua Hati

Novel Pertemuan Dua Hati menceritakan sebuah kisah seorang siswa bernama Waskito yang nakal dan dijauhi oleh teman-temannya. Tapi, berkat ketelatenan seorang guru bernama Bu Suci, Waskito berhasil dibimbing kembali menjadi siswa yang baik. Ternyata, di balik kenakalan Waskito, dia memiliki masalah di rumah yang membuatnya melampiaskan emosinya di sekolah.

Nh. Dini mencoba untuk memberikan pelajaran lagi pada dunia pendidikan. Ketika seorang murid nakal, bukan seharusnya dia dihukum dengan kekerasan tapi harus melakukan pendekatan persuasif dengan mereka. Maka, pasti anak tersebut akan berubah menjadi lebih baik. Dan lagi di setiap hal buruk pasti ada suatu hal yang melatarbelakanginya.

5. Dari Parangakik ke Kampuchea (2003)

Novel Dari Parangakik ke Kampuchea

Novel ini merupakan novel terakhir dari Nh. Dini. Dia menulis ini dalam keadaan sakit-sakitan. Dari Parangakik ke Kampuchea bercerita tentang lika liku kehidupan pernikahan seorang perempuan yang penuh kejutan. Disinyalir novel ini merupakan pengalaman pernikahan Nh. Dini yang seperti novel sebelumnya.

Nh. Dini ingin memberikan pelajaran pada semua perempuan bahwa pernikahan bukan hanya tentang kebahagiaan, tapi juga ada proses panjang untuk mengenali diri sendiri sebagai seorang perempuan. Ia juga menggambarkan seberapa tangguh seorang perempuan memperjuangkan sebuah komitmen dalam pernikahan.

BACA JUGA: Captain Marvel Akan Menjadi Sosok Women Empowerment yang Wajib Kamu Simak!

Source foto: The Jakarta Post, Bukalapak

Nah, itulah 5 novel karya Nh. Dini yang memiliki pelajaran hidup yang bisa kamu petik. Kamu sudah membaca salah satu buku alm. Nh. Dini ini belum, Babes?

lifestyle
viral
empowerment
novelnovelnhdini
pelajarandarinovelnhdini
nhdinimeninggal
nhdini
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!