Lifestyle

Pemeran Sierra Burgess Berani Mengatakan Ia Seorang OCD Setelah Rasanya Ingin Mati

By THE SHONET Empowerment  |   about 2 years ago
Pemeran Sierra Burgess Berani Mengatakan Ia Seorang OCD Setelah Rasanya Ingin Mati

Shannon Purser seorang aktris yang baru-baru ini booming lewat debut filmnya di Netflix berjudul Sierra Burgess is a Loser mendapatkan perhatian publik. Pasalnya, Ia menuliskan pengalamannya tentang kesehatan mental yang ia alami yaitu OCD pada situs teenvogue. 

Apa sebenarnya OCD itu?

Mungkin kamu tidak asing mendengar disorder satu ini, karena salah satu teman mu yang tidak menyukai hal berantakan mengatakan dirinya mengidap OCD. Apakah benar disorder ini hanya sesimpel gak suka berantakan?

Berdasarkan The National Institute of Mental Health, OCD di definisikan sebagai disorder untuk orang yang sering memiliki pikiran berulang (obsesi) sehingga mereka melakukan kegiatan secara repetitif atau berulang juga (kompulsi). Misalnya, kamu sering memeriksa kembali pintu rumah yang sudah terkunici bisa sampai 3 hingga 4 kali padahal kamu tahu kamu sudah menguncinya, atau kamu selalu merasa tanganmu masih tetap kotor sehingga kamu berulang kali mencuci tangan. 

Riverdale

Struggles yang dialami para OCD seperti Purser

Purser mengaku awalnya sulit untuk membicarakan OCD yang dia alami ke orang lain, karena banyak orang yang berpikir ini hanyalah self-diagnosed dan bahkan tak jarang reaksi mereka menjadikan hal ini bahan olok-olok. Pada saat itu Purser rasanya tidak mau hidup, dia mengatakan "I don't want to be alive".

Wanita yang juga bermain pada serial Stranger Things ini mengaku senang sekali membaca buku ataupun novel namun karena adanya OCD ini ia sering terpaku pada satu paragraf dan membacanya berulang kali. Rasanya sangat menjengkelkan dan membuatnya depresi. Hal yang ia sangat sukai menjadi ia tidak sukai karena disorder ini. 

Shannon Purser

Sampai suatu ketika, disaat ia harus belajar dan mengerjakan tugas biologinya, Purser merasa sangat depresi dan mencari tahu mengenai hal yang ia rasakan. Saat ia membaca tentang OCD pada banyak situs, ia merasakan kebahagiaan karena ia akhirnya tahu bahwa ia tidak sendiri. Semakin ia membaca hal-hal tentang OCD ini, ia merasa yakin bahwa ia mengidap disorder OCD.

Jika kamu merasa punya disorder jangan malu untuk Speak Up!

Lalu Purser memberanikan diri untuk berbicara pada orang tuanya. Ibunya pun mencarikannya seorang therapist yang dapat memberikan solusi untuk Shannon menghadapi kehidupan. Hidup Shannon sekarang lebih indah, walaupun problem itu tetap ada namun sekarang ia mengert bagaimana menghadapinya. 

Baca juga : Artikel lainnya dari Nabila Shafira

Shannon Purser mengatakan:

"Looking back, I wish I'd been able to reach out for help sooner"

So, girls! Jika kamu merasakan sesuatu yang tidak beres terhadap dirimu, jangan takut untuk segera mengatakannya pada orang terdekat mu dan cari tahu tentang hal itu. Sehingga kamu bisa terus hidup damai dan tenang saat menghadapi problematika kehidupan. You have to believe you are not alone. 

women
empowerment
disorder
ocd
Written By
THE SHONET Empowerment

Your voice matters! Inspirasi seputar isu terkini dari politik hingga sosial dari sudut pandang perempuan.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!