Lifestyle

Pencipta Kartun Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg Meninggal Dunia

By THE SHONET Viral  |   almost 2 years ago
Pencipta Kartun Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg Meninggal Dunia

Stephen Hillenburg, pencipta kartun Spongebob Squarepants dan dunia Bikini Bottom meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Hillenburg meninggal pada Senin (26/11/2018) waktu setempat karena penyakit Lou Gehrig, atau yang dikenal dengan Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Sebelumnya, Hillenburg sudah mengumumkan penyakit yang dideritanya ini pada Maret 2017 lalu.

Pria keturunan Oklahoma dan tertarik pada biota laut ini, telah menulis, memproduksi, dan mengarahkan serial animasi Spongebob Squarepants yang dimulai pada tahun 1999 dan menghasilkan ratusan episode hingga sekarang.

Stephen Hillenburg

"Dia adalah seorang teman yang tersayang dan kawan kreatif untuk semua orang di Nickelodeon, dan hati kami sedih sebagai bagian keluarganya," kata pernyataan dari Nickelodeon. "Steve menciptakan Spongebob Squarepants dengan rasa humor dan kepolosan unik yang telah membawa sukacita bagi generasi anak-anak dan keluarga di mana pun. Karakter yang benar-benar asli dan dunia Bikini Bottom akan selalu dikenang sebagai pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi yang tak terbatas."

Stephen Hillenburg

Hillenburg lulus dari Humboldt State University pada tahun 1984 dengan gelar sarjana Perencanaan Sumber Daya Alam dan Interpretasi, dengan penekanan pada sumber daya laut. Dia juga kemudian menjadi guru biologi kelautan di Orange Country Marine Institute (sekarang Ocean Institute) di Dana Point, California. Karena ia memiliki hobi menggambar, dia pun melanjutkan kuliah dan mendapatkan gelar master seni rupa di bidang animasi dari California Institute of the Arts pada tahun 1992. Ketertarikan ini, dikombinasikan dengan bakat seninya dan kecintaannya terhadap laut dan makhluk di dalamnya, yang akhirnya menuntunnya untuk menulis dan mengilustrasikan pengajarannya lewat karakter yang nantinya akan menjadi Spongebob dan Bikini Bottom.

Masih tahun 1992, dia menciptakan animasi yang pendek dengan nama "Wormholes" dan memenangkan pujian festival dan membantunya mendapatkan pekerjaan di acara Nickelodeon "Rocko's Modern Life" di mana ia bekerja di sana dari tahun 1993 hingga 1996 sebelum ia menciptakan kartun Spongebob Squarepants pada 1999.

Stephen Hillenburg

"Kita tahu bahwa ikan tidak berjalan," kata Hillenburg pada Majalah AP, "dan di laut tidak ada jalan raya, yang mana kami ilustrasikan mobilnya adalah sebuah kapal. Jika kamu tahu tentang Sponge laut, mereka tidak berbentuk kotak." tambahnya.

Spongebob Squarepants animasi buatan Hillenburg selalu dinanti-nanti hampir 20 tahun sejak diciptakan. Spongebob sudah hampir 250 episode dan sudah memenangkan 15 penghargaan di Kid's Choice Awards.

Nickelodeon juga mengucapkan turut berbela sungkawanya atas kematian salah satu pencipta karakter Spongebob Squarepants ini. Nickelodeon juga menyuruh semua followersnya pecinta kartun Spongebob Squarepants mengheningkan cipta untuk kematian Stephen Hillenburg.

BACA JUGA: Nggak Cuma Sekedar Nostalgia, Ternyata Ini Alasannya Banyak Orang Dewasa yang Masih Suka Nonton Kartun

Source foto: Twitter, Geek Tyrant, Polygon, CBR

Selamat jalan, Stephen Hillenburg! Karya-karyamu tidak akan pernah kami lupakan dan terima kasih sudah mewarnai masa kecil kami!

lifestyle
viral
nickelodeon
meninggaldunia
stephenhillenburgmeninggaldunia
spongebobsquarepants
stephenhillenburg
Written By
THE SHONET Viral

Welcome to The Shonet Viral! Tempat di mana kalian bisa mencari informasi terbaru seputar entertainment, gossip, dan news. Dikurasi oleh Sarah Christiani, dan Agestia. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!