BEAUTY   |   6 DECEMBER 2018

Penting Banget, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Sunscreen!

Penting Banget, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Sunscreen!
Pinterest

Cuaca Indonesia yang panas sudah pasti membuat kita harus selalu memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari sengatan matahari dan bahaya sinar UV. Nggak mau, kan, kalau kulit jadi gosong, kusam dan nggak sehat? 

Nah, dalam memakai sunscreen pada kulit wajah dan tubuh, ada beberapa hal penting yang kalian perlu tahu, nih, Babes! 

Apa saja, sih? Ini dia 5 hal penting yang perlu kamu tahu dalam penggunaan sunscreen sehari-hari!

1. Aplikasikan sunscreen tiap hari 

Jacomar

Meski hanya ke luar ruangan selama 10-15 menit, kamu tetap perlu mengaplikasikan sunscreen. Karena 10 menit saja terpapar sinar UV sudah bisa memberikan dampak buruk bagi kulitmu. Sekalipun kamu berpakaian tertutup atau mengenakan payung, tetap usahakan untuk mengoleskan sunscreen sebelum ke luar rumah.

2. Spray sunscreen saja nggak cukup 

Shefinds

Menggunakan spray sunscreen mungkin jadi pilihan praktis untuk re-apply, namun proses spray ini ternyata membuat sunscreen tidak melindungi kulitmu dengan sempurna karena hanya di permukaan saja. Jadi, spray sunscreen saja tidaklah cukup.

3. Aplikasikan tiap 2 jam 

Medical News Today

Jika sehari-harinya kamu berada di luar ruangan, selalu aplikasikan sunscreen setiap 2 jam atau jika kamu telah berkeringat atau terkena air. Sedangkan jika kamu berenang atau diving (berada di dalam air), aplikasikan sunscreen secara tebal ke wajah dan leher.

4. Tak ada sunscreen yang waterproof 

Environmental Defence 

Tidak ada yang namanya waterproof sunscreen ya, Babes. SPF yang ada di dalam sunscreen akan terlepas setelah terkena air. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengaplikasikan kembali sunscreen jika sudah terkena air atau jika kamu berkeringat.

5. Ada chemical dan physical sunscreen 

Sunscreen
Pinterest

Physical sunscreen umumnya lebih dikenal dengan nama sunblock, sedangkan suncreen yang sedari tadi disebut adalah chemical sunscreen. Secara tekstur, physical suncreen ini lebih lengket namun tidak berat dan menutup pori karena bahan dasarnya mineral. Sedangkan chemical sunscreen mengandung bahan-bahan kimia yang menyerap sinar UVA dan UVB. Penggunaan keduanya pun berbeda, sunblock bisa digunakan langsung sedangkan sunscreen perlu digunakan 30 menit sebelum kamu ke luar ruangan agar menyerap ke kulit.

Baca Juga: Ternyata Begini Cara Pakai Sunscreen yang Benar ala 3 Seleb Korea

Itu dia beberapa hal penting yang harus kamu ketahui soal sunscreen, sudah pakai belum hari ini? 

Sofi Kumala Fatma
Sofi Kumala Fatma

BEAUTY   |   6 DECEMBER 2018