Beauty

Pentingnya Kamu Wajib Tahu Kadar pH dalam Setiap Produk Kosmetik!

By Cinantya Kumala  |   about 2 years ago
Pentingnya Kamu Wajib Tahu Kadar pH dalam Setiap Produk Kosmetik!

Kita sudah sering mendengar tentang pH. Tapi, jarang ada yang benar-benar memperhatikan apa pH sebenarnya. It's time to pay more attention to science class and our beauty products!

pH: "Potential Hydrogen" yang menggambarkan ratio antara kandungan acid dan alkaline.

pH sendiri memiliki skala dari 0 (battery acid) - 7 (air) - 14 (household bleach). Skin barrier atau pembatas kulit kita membutuhkan jumlah yang seimbang antara acid dan alkaline yaitu sekitar 5.5 supaya terjaga fungsinya dan tetap sehat.

Jika nggak seimbang, hal ini dapat membuat kulit jadi berjerawat, kering, timbul ruam, bahkan mulai keriput. Lapisan luar kulit kita memerlukan acid (asam) untuk menjaga fungsi pembatas kulit dari infeksi atau racun seperti polusi, sinar matahari, dan bahan kimia.

Mulailah dari produk pembersih wajah.

Glossier

Mulai amati kandungan dalam produk pembersih wajah. Sabun pembersih yang mengandung terlalu banyak alkaline perlahan merusak lapisan pembatas pada kulit. Sehingga kulit jadi lebih mudah terinfeksi. Pilih produk yang ringan kadar deterjen dan sebisa mungkin hindari kandungan sodium laurel sulfate.

Selain produk pembersih wajah, pelembap, toner, sampai sunscreen perlu diperhatikan kadar alkoholnya. Kandungan alkohol dalam produk dapat mempengaruhi pH kulit. Disarankan juga untuk selalu menggunakan toner setelah mencuci wajah karena toner bergfungsi untuk mengembalikan keseimbangan pH kulit.

Perhatikan kondisi kulitmu.

Harpers Bazaar

Selesai menggunakan produk, penting untuk merasakan after effect-nya. Jika kulitmu terasa lebih kenyal, keep using the product. Namun, jika kamu merasakan beberapa area pada wajah menjadi kering atau gatal, artinya kadar alkaline pada kulitmu menjadi tinggi.

beauty
makeup
cosmetics
fyi
Written By
Cinantya Kumala

Mala memulai karirnya dengan kecintaan dalam bidang fashion dan beauty sebagai jurnalis. Dalam 2 tahun pertama, ia menekuni karirnya sebagai writer, yang kemudian diangkat menjadi senior fashion and beauty editor dalam sebuah media di Indonesia. Kemudian pada puncak karirnya, Ia menjadi assistant managing editor yang juga sebagai acting Editor-in-Chief di sebuah majalah cetak, Cosmo Girl.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!