Fashion

Prada Berhenti Menggunakan Bulu Hewan Dalam Rancangannya! Komitmen atau Pencitraan Semata?

By THE SHONET Luxury  |   6 months ago
Prada Berhenti Menggunakan Bulu Hewan Dalam Rancangannya! Komitmen atau Pencitraan Semata?

Rumah mode Prada resmi berhenti menggunakan bulu hewan dalam rancangannya. Kebijakan ini akan mulai diterapkan pada Februari 2020 mendatang. “Prada Group selalu berkomitmen pada inovasi dan kegiatan sosial, dan kebijakan tanpa bulu hewan yang kami terapkan adalah pembuktian lain akan hal tersebut. Berfokus pada inovasi material akan membuat kami lebih bereksplorasi dalam hal desain kreatif sembari mengakomodasi kebutuhan akan produk yang lebih ramah lingkungan,” terang Miuccia Prada selaku desainer dalam keterangan pers yang dirilis. Prada mengikuti sejumlah label fashion lain yang telah lebih dulu berhenti menggunakan bulu hewan seperti diantaranya, Gucci, Burberry dan Versace. Lantas adakah keputusan Prada ini akan membawa pengaruh besar bagi industri fashion khususnya label lain untuk mengikuti kebijakan serupa? Berikut analisisnya.

1. Hasil Kerja Sama dengan Fur Free Alliance

Prada Fall/Winter 2016/IMAXtree

Keputusan Prada untuk berhenti menggunakan bulu hewan merupakan hasil dari pembicaraan yang diinisiasi organisasi Fur Free Alliance. Sebuah perkumpulan yang beranggotakan 50 organisasi perlindungan hewan dari 40 negara.

2. Tidak Terlalu Berpengaruh Pada Bisnis Prada

Prada Fall/Winter 2016//IMAXtree

Situs Business of Fashion mencatat bahwa presentasi lini kreasi bulu hewan di Prada hanya sebesar 0,1 persen saja dari keseluruhan bisnis Prada. Tidak terlalu berpengaruh memang namun kebijakan ini berperan besar dalam membentuk citra Prada di mata publik sebagai label yang ramah lingkungan.

3. Tetap Akan Memakai Bahan Kulit Hewan

Prada Spring/Summer 2014/IMAXtree

Meski tak memakai bulu hewan, Prada tetap akan menggunakan kulit hewan dalam rancangannya. Belum ada keterangan apakah  Prada akan memilih memakai bahan faux fur

Baca juga: 10 Label Fashion yang Berhenti Menggunakan Bulu Hewan dalam Rancangannya

4. Akankah Label Lain Mengikuti?

Prada Fall/Winter 2013/IMAXtree

Setelah Prada resmi berhenti menggunakan bulu hewan para aktivis pencinta hewan dan penikmat fashion berekspektasi bahwa label lain akan mengikuti langkah rumah mode basis Milan tersebut. Namun kebijakan berhenti menggunakan bulu hewan sekarang ini sepertinya hanya menjadi sebuah marketing tool dibanding komitmen untuk membangun industri fashion yang beretika dan ramah lingkungan. Prada dan label fashion lain pun masih menggunakan kulit hewan. Penggunaan faux fur pun dianggap masih belum menjadi alternatif karena masih menghasilkan limbah. Membangun sistem yang lebih beretika dan ramah lingkungan tak bisa sepenuhnya mengandalkan label fashion semata. Perlu ada bantuan dari industri lain dan tentunya konsumen yang mau mengubah pola pikirnya akan sebuah kreasi fashion itu sendiri yang tak hanya memiliki nilai estetis tapi juga beretika terhadap lingkungan dan hewan.

fur
prada
buluhewan
Written By
THE SHONET Luxury

Welcome to The Shonet Luxury! Kenali lebih dalam seputar luxury lifestyle dari mulai runway, trend, hingga travel update. Dikurasi oleh Rayoga Akbar Firdaus, dan Silvy Dwiyanti.

 

All Comments (4)
View all 4 comments
Meisya Kristin
Selamatkan fauna kitaa
6 months agoReply
Elia Geraldine
semoga seterusnya udh stop memakai bulu hewan yaa
6 months agoReply
Agita Natalia
good move! semoga seterusnya jg gini yaa
6 months agoReply

Related Article

The Shonet Lookbook