Fashion

Prada Rilis Koleksi Tas Berbahan Nylon yang Ramah Lingkungan! Seperti Apa?

By THE SHONET Luxury  |   3 months ago
Prada Rilis Koleksi Tas Berbahan Nylon yang Ramah Lingkungan! Seperti Apa?

Prada rilis koleksi tas nylon yang ramah lingkungan. Bahan nylon sendiri telah menjadi bagian dari identitas Prada di kancah fashion internasional. Bermula ketika pada tahun 1984, Prada meluncurkan sebuah tas backpack berbahan nylon yang langsung menarik atensi. Pada masa itu, nylon masih dianggap sebelah mata dan terbilang tak biasa ketika Prada memperkenalkan materi ini di industri fashion mewah. Kini sejak tahun 2018, Prada kembali mulai menawarkan produk berbahan nylon di koleksinya dari mulai aksesori sampai busana. Prada bahkan mendedikasikan sebuah lini khusus bernama Linea Rossa yang berfokus menawarkan kreasi berbahan nylon. Kini melalui program bernama Re-Nylon, Prada pun mencoba menghadirkan koleksi yang lebih ramah lingkungan dengan memakai material daur ulang. Seperti apa koleksi dan fakta menarik lainnya? Berikut 5 fakta mengenai koleksi fashion berbahan nylon yang ramah lingkungan dari Prada.

1. Merupakan Gagasan dari Putra Miuccia Prada

Koleksi Prada Re-Nylon/Prada

Proyek Re-Nylon sendiri merupakan ide dari Lorenzo Bartelli, putra dari Miuccia Prada dan Patrizio Bertelli. Sebelumnya menekuni dunia balap, Lorenzo mulai aktif di perusahaan keluarga pada tahun 2018.  “Ide untuk menghadirkan koleksi nylon yang ramah lingkungan sebenarnya telah ada sejak lama jauh sebelum semua orang ramai membicarakan akan sustainability,” ujar Lorenzo seperti dikutip dari artikel di situs Vogue.

2. Dibuat dari Nylon Hasil Daur Ulang Jala Ikan dan Karpet

Koleksi Prada Re-Nylon/Prada

Material yang dipakai pada koleksi ini merupakan Econyl. Sebuah material hasil daur ulang dari jalan ikan dan karpet dan dibuat di pabrik tekstil bernama Aquamil. Dalam artikel di situs Vogue, disebutkan bahwa pemakaian 10.000 ton Econyl bisa menghemat penggunaan 70.000 barel petroleum. 

3. Koleksi Tas yang Fungsional

Koleksi Prada Re-Nylon/Prada

Material nylon yang ramah lingkungan ini dikreasikan Prada menjadi sejumlah aksesori andalannya seperti backpack dan belt bag. Menariknya, material Econyl pada koleksi ini juga tetap bisa didaur ulang menjadi kreasi nylon lainnya.

4. Sebagian Hasil Penjualan Disumbangkan untuk UNESCO

Koleksi Prada Fall/Winter 2018 Berbahan Nylon/IMAXtree

Dalam keterangan pers yang dirilis, Prada menyatakan akan menyumbangkan sebagian dari hasil penjualan kepada UNESCO untuk membantu dalam hal edukasi masalah lingkungan. Prada juga bekerja sama dengan National Geographic dalam penggarapan seri video dokumenter mengenai kegiatan daur ulang.

Baca juga: Prada Berhenti Menggunakan Bulu Hewan Dalam Koleksinya! Komitmen Atau Pencitraan Semata?

5. Target untuk Memakai Bahan Econyl di Seluruh Produk Nylon 

Koleksi Prada Fall/Winter 2018 Berbahan Nylon/IMAXtree

Koleksi Re-Nylon dengan material yang ramah lingkungan dirilis dalam jumlah yang masih terbatas. Kepada Vogue, Lorenzo Bertelli mentargetkan bahwa pada tahun 2021 seluruh koleksi berbahan nylon dari Prada akan menggunakan bahan yang ramah lingkungan.

prada
sustainability
re-nylon
nylon
Written By
THE SHONET Luxury

Welcome to The Shonet Luxury! Kenali lebih dalam seputar luxury lifestyle dari mulai runway, trend, hingga travel update. Dikurasi oleh Rayoga Akbar Firdaus, dan Silvy Dwiyanti.

 

All Comments (4)
View all 4 comments
3 months agoReply
3 months agoReply
Septiani
Kerennn
3 months agoReply

Related Article

The Shonet LookbookEmpowerment

Della Dartyan