Lifestyle

Tetap Produktif selama #DirumahAja dengan 7 Kegiatan ini!

By Chikita Aulia  |   2 months ago
Tetap Produktif selama #DirumahAja dengan 7 Kegiatan ini!

Holla girls! How’s your day going? Aku sebenarnya tahu, mungkin, sudah agak telat untuk menulis artikel ini. Tetapi, aku pribadi adalah seseorang yang menganut prinsip better late than never, so… lemme write this one. Selama masa karantina, jujur aku sedih karena kebijakan WFH dari kantor tempatku bekerja memberiku banyak sekali waktu luang. Karena, berbanding lurus dengan pemotongan salary ku, tugas-tugas yang kukerjakan juga tidak lah banyak. Yup, untuk seorang dengan tipe hardworker seperti ku, yang selalu mengimpikan agar waktu ku tidak terbuang sia-sia, tentu #DirumahAja merupakan sebuah ide buruk.

But, without the dark, we’d never see the stars.

Aku percaya akan kutipan itu. Aku pun akhirnya mencari hal positif yang bisa kulakukan di tengah pandemik ini. Karena, aku benar-benar ingin mematuhi aturan pemerintah, tetapi tetap produktif. And you know what? I did it! Di sela-sela ke-tidak terlalu-sibuk-an ku bekerja sambil kuliah dari rumah, akhirnya aku memutuskan untuk produktif dan mulai belajar hal–hal baru. Nah, aku mau mengajak kalian semua untuk mencoba 7 kegiatan ini agar kalian tetap produktif selama #DirumahAja. Ssttttt, nomer 7 paling seru loh!

 

instagram.com/maudyayunda/

1. Belajar Menulis

First of all, belajar menulis. Kenapa menulis? Karena, aku ingat dosen ku pernah bilang bahwa “Jika anda ingin menulis 100 data, maka anda perlu mempunyai 300 data”. Yang dimana, ‘data’ bisa kita dapatkan dari membaca. So, it’s double kill, right? Kalian dapat memperluas wawasan dari membaca, sekaligus memulai membuat suatu karya lewat tulisan selama #DirumahAja.

Seperti aku yang masih belajar menulis, pasti kalian juga awalnya akan terasa sulit. Namun, bisa karena terbiasa, bukan?

 

DOK. PRIBADI

2. Belajar Memasak

To be honest, sebelum kebijakan #DirumahAja aku samasekali tidak bisa memasak. Dan tidak pernah terbayangkan olehku, bahwa aku akan belajar memasak karena sebenarnya aku tidak tertarik akan hal ini. Tetapi, kegabutan ku brought me here. Awalnya sempat sulit untukku, namun dibantu oleh mama ku yang super sabar akhirnya aku bisa menghidangkan makanan buatanku sendiri. Bahkan, aku berhasil membuat makanan favorit ku, yaitu Pizza. Jadi kalau aku bisa, masa kalian nggak?

 

DOK. PRIBADI

3. Belajar Menggambar

Saat kecil, hal ini merupakan salah satu hobby ku. Namun, seiring berjalannya waktu, aku melupakannya dengan mudah seperti aku melupakan si mantan begitu saja HAHAHA. Tetapi, karena terlalu bosan #DirumahAja akhirnya aku memutuskan untuk mencoba belajar menggambar. Dan ternyata, masih sama mengasyikkannya! Kegiatan ini terbukti mampu memperbaiki mood yang buruk, bahkan, mengurangi stress.

 

instagram.com/chikitaaulia/

4. Belajar Makeup

Walau #DirumahAja, aku selalu tampil cantik dengan makeup. Bukan bermaksud untuk kecentilan, tetapi hal ini aku lakukan agar aku lebih mendalami ilmu rias. And I know you guys, pasti udah pada bisa makeup. Tetapi, menonton tutorial makeup yang berbeda-beda dan mencoba teknik-teknik baru serta memperkaya makeup looks dijamin nggak bakalan bikin kalian nyesel, girls! Siapa tahu, dengan ilmu-ilmu baru yang kalian pelajari, kalian tergerak untuk menjadi Beauty Blogger / Vlogger!

 

instagram.com/inivindy/

5. Belajar Face Painting

Kembangkan kreatifitas rias mu melalui Art Makeup. Aku tahu ini memang sangat amat sulit. Tetapi, I believe the power of learning by doing, jadi cusss boleh rajin dicoba! Siapa tahu, kalian memang berbakat di bidang ini, girls?

 

instagram.com/raisa6690/

6. Belajar Fotografi

Untuk kalian yang tertarik akan dunia fotografi, kalian bisa mempelajari lebih dalam tentang Exposure, Komposisi, Angle, dll walaupun #DirumahAja dengan melakukan Virtual Photography yang sedang viral belakangan ini. Selain memperkaya ilmu, portfolio pun ikut bertambah lho, girls!

 

GOOGLEPLAY

7. Bermain Tiktok

Last but not least, bermain Tiktok! Kenapa, Tiktok? Karena, sepengelihatanku, kini sudah banyak konten kreatif di Tiktok. Dan menurutku, hal ini merupakan suatu kesempatan untuk kita agar dapat belajar menjadi seorang Content Creator. Belajar membuat ide konten yang menarik agar masuk jajaran For You Page, belajar merekam video High Quality dengan peralatan seadanya, hingga belajar mengedit video. Hal-hal itu sebenarnya dapat kita pelajari juga dengan membuat konten kreatif di platform lainnya, seperti Youtube atau IGTV. Namun menurutku pribadi, sejauh ini Tiktok merupakan platform ter-simple untuk belajar terjun di industri kreatif ini. Mengingat, maksimal durasi video Tiktok yang hanya 1menit.

Btw, istilah 'bermain' nya jangan ditelan mentah-mentah ya, girls. Tentu kalian tetap harus memperhatikan video yang kalian buat.

 

So girls, itu dia 7 kegiatan yang dapat membuat kalian tetap produktif selama #DirumahAja. Kira-kira, kegiatan yang mana yaaa, yang akan kamu coba? :)

produktif
dirumahaja
Written By
Chikita Aulia

 

Hamba Allah yang lahir ke bumi pada tahun 1999.

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!