Beauty

Rambut Berminyak? Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasinya!

By Ranjani  |   almost 2 years ago
Rambut Berminyak? Ini 5 Cara Alami untuk Mengatasinya!

Apa kamu pernah atau bahkan sering mengalami rambut berminyak? Pasti mengganggu banget kan? Ada 5 cara alami untuk mengatasinya, lho. 

Rambut berminyak bisa disebabkan karena kelembapan udara yang bikin minyak jadi menumpuk di rambut, menyentuh rambut terlalu sering, menggunakan terlalu banyak kondisioner, ketidakseimbangan hormon, jarang keramas, atau karena menggunakan serum rambut.

Selain itu, ternyata keramas terlalu sering juga malah bisa bikin rambut berminyak, lho. Kok bisa? Karena keramas terlalu sering bakal mengikis minyak alami, sehingga kulit kepala malah akan memproduksi minyak lebih banyak lagi.

Kamu bisa menggunakan sampo atau dry shampoo untuk mengurangi minyak di rambut. Tapi ada juga beberapa cara alami mengatasi rambut berminyak. Yuk simak ulasannya!

Cuka Apel

Rambut Berminyak? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya!

Asam asetat di dalam cuka apel bisa menyeimbangkan pH di kulit kepala serta mengontrol minyak berlebih.

Campurkan 2-3 sdm cuka apel ke dalam satu gelas air. Setelah keramas, aplikasikan campuran tersebut ke rambutmu, lalu diamkan selama beberapa menit sebelum membilasnya. Kamu bisa melakukan ini 3-4 kali dalam seminggu.

Teh Hijau

Rambut Berminyak? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya!

Teh hijau sangat kaya akan polyphenols yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Selain itu, zat tersebut juga mampu mengontrol sebum.

Aplikasikan seduhan teh hijau yang telah mendingin secara merata ke rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas. Cara ini cukup dilakukan seminggu sekali.

Lemon

Rambut Berminyak? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya!

Perasan lemon berguna untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran yang menempel di rambut, yang biasanya menjadi penyebab rambut berminyak.

Peras 2 buah lemon ke dalam 2 gelas air, aduk rata, kemudian simpan di kulkas. Setiap kali rambut terasa sangat berminyak, aplikasikan campuran ini ke rambut setelah keramas. Diamkan selama 10 menit sebelum dibasuh.

Lidah Buaya

Rambut Berminyak? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya!

Lidah buaya memiliki astringent yang mampu menutrisi kulit dan mengontrol kelebihan minyak di rambut, sekaligus membuatnya lebih lembut.

Campurkan 2 sdt gel lidah buaya dan 1 sdm perasan lemon ke dalam 1 gelas air, aduk rata. Gunakan campuran ini untuk membilas rambut setelah keramas. Setelah didiamkan selama beberapa menit, basuh dengan air dingin.

Kuning Telur

Rambut Berminyak? Ini 5 Cara Alami Mengatasinya!

Kuning telur memiliki banyak asam lemak dan nutrisi yang dapat mengembalikan minyak alami pada rambut. Dengan begitu, kulit kepala jadi nggak memproduksi minyak secara berlebihan lagi.

Campurkan 1 kuning telur dan 1 sdm perasan lemon. Aplikasikan ke rambut yang sudah dikeramas, biarkan selama 30 menit, lalu bilas sampai bersih. Terapkan seminggu sekali untuk hasil maksimal.

Coba berbagai cara-cara alami ini di rumah untuk mengatasi rambut berminyak dan say bye to oily hair!

tipsrambut
rambutberminyak
tipsrambutberminyak
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!