Beauty

Sebelum Beli Retinol, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Perhatikan!

By Arnintya Yuliardi  |   2 months ago
Sebelum Beli Retinol, Ini Hal-Hal yang Wajib Kamu Perhatikan!
people.com

Salah satu kandungan skincare yang dapat merawat tanda-tanda penuaan pada kulit adalah retinol. Retinol dianggap sebagai salah satu kandungan terbaik yang dapat merawat tanda-tanda penuaan pada kulit yang kita alami. 

Sudah banyak hari-hari ini brand-brand skincare baik lokal maupun luar negri membanggakan produk antiaging yang mereka miliki mengandung retinol, namun ternyata tidak semua yang dapat memberikan penjelasan secara detil tentang apa sebenarnya retinol serta kenapa kandungan ini sangat efektif digunakan untuk merawat kulit yang mulai mengalami penuaan. Nah kali ini, The Shonet akan membahas sedikit soal kandungan skincare yang digadang-gadang sebagai gold standard dari kandungan untuk menangani penuaan pada kulit yaitu retinol. Baca artikel ini sampai habis, ya!

Retinol, Si Pahlawan Antiaging

6 Step Anti-Aging Beauty Routine for Youthful Skin
healthline.com

Dilansir dari hellogiggles, seorang dermatologist bersertifikasi Dendy Engelman, M.D mengatakan bahwa retinol adalah vitamin A dalam bentuk aktif. Retinol dapat mengatur produksi kolagen yang dapat membantu perbaikan kulit didalam tubuh. Dengan membantu perbaikan yang terjadi pada kulit ini, tentu kulit akan menjadi lebih halus dan bagian-bagian yang terdapat garis halus dan kerutan akan lebih tersamarkan. Selain itu, produksi kolagen pada kulit dapat membantu kulit menjadi lebih kenyal dan lembap sehingga bisa mengantisipasi tanda-tanda penuaan pada kulit.

Baca Juga : Kesalahan Dalam Mencuci Muka dan Memilih Facial Wash #SenkaHadirUntukMemperbaiki

Bagaimana Cara Kerja Retinol?

Microcurrent Facial: How It Works, Professional vs. At-Home, Costs ...
healthline.com

Setelah membaca penjelasan tentang retinol diatas, seperti too good to be true ya? Nah, karena kamu merasa seperti itu tentu kamu ingin mengetahui lebih detil dong soal cara kerja retinol? Jadi ternyata retinol atau retinoic acid ini, adalah salah satu kandungan yang dapat berkomunikasi dengan baik dengan seluruh sel pada tubuh. Retinol dianggap sebagai salah satu kandungan yang dapat terhubung dengan berbagai reseptor sel pada tubuh. Oleh karena itu, retinol bisa memerintahkan agar sel pada tubuh untuk berperilaku seperti sel-sel tubuh yang sehat dan tampak lebih muda. Selain itu, karena retinol mengandung kolagen yang merupakan kandungan antioksidan, maka retinol bisa merawat kulit agar terhindar dari dampak-dampak terpapar radikal bebas.

Beberapa Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Menggunakan Retinol

How to Look Younger: 9 Tricks Dermatologists Won't Share
rd.com

Nah, kalau kamu sudah tertarik banget untuk hunting produk mengandung retinol, sebelumnya ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Pertama, retinol ada kandungan yang bersifat aktif sehingga sebaiknya retinol digunakan untuk skincare routine malam hari. Hal ini karena, apabila kamu menggunakan skincare dengan kandungan bersifat aktif dipagi hari, kulit akan menjadi lebih sensitif. Kedua, pada beberapa kali pemakaian awal kamu akan mengalami kulit terasa sangat kering atau terkelupas pada waktu menggunakan retinol. Hal ini terjadi karena retinol merupakan salah satu kandungan skincare yang cukup kuat sehingga dapat menyebabkan efek samping seperti ini, apabila terjadi pada mu kamu boleh menggunakan skincare mengandung retinol ini diselang seling terlebih dahulu.Ketiga, karena retinol dapat membuat kulit lebih sensitif kamu perlu menggunakan sunscreen dengan SPF yang cukup tinggi setiap kali keluar rumah untuk melindungi kulitmu dari kerusakan atau teriritasi.

Rekomendasi Skincare Mengandung Retinol

Baca Juga : Beauty Must-Have: Lipstik Velvet SADA by Cathy Sharon dengan Sentuhan Indonesia

Nah, itu tadi adalah penjelasan seputar salah satu kandungan skincare yang dianggap sebagai pahlawan antiaging yaitu retinol. Semoga artikel ini bermanfaat buat kamu yang pengen tau lebih banyak soal kandungan ini, ya!

skincare
beautytips
retinol
Written By
Arnintya Yuliardi

Skincare enthusiast, and also beauty writer for The Shonet.

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!