Lifestyle

Sebenarnya, Berapa Banyak Air yang Harus Kita Minum Setiap Hari?

By Karra Okta  |   about 2 years ago
Sebenarnya, Berapa Banyak Air yang Harus Kita Minum Setiap Hari?

Air berpengaruh besar dalam kesehatan kita, tapi sebenarnya berapa banyak air yang harus kita minum setiap hari?

Selain agar terhindar dari dehidrasi, minum air yang cukup juga perlu untuk melindungi saraf dan jaringan tubuhmu, serta baik untuk kulit.

Makanya, orang tua kamu pasti seringkali menyuruhmu untuk rajin minum air setiap hari. Masalahnya, seberapa banyak sih air yang harus diminum setiap harinya? Apakah harus sampai kembung? Atau mengikuti saran minum delapan gelas air setiap hari?

water
Source: Unsplash

Ternyata, dikutip dari Mayoclinic, menurut The National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine Amerika Serikat menyatakan bahwa kebutuhan air yang diminum setiap harinya berbeda antara pria dan perempuan.

Untuk pria, disarankan minum 15,5 gelas atau 3,7 liter cairan per harinya. Adapun untuk perempuan sebanyak 11,5 gelas atau 2,7 liter cairan setiap harinya.

Ingat, sebanyak 20 persen dari kebutuhan cairan kita setiap hari didapatkan dari makanan yang mengandung air, seperti sup, es krim, mentimun, hingga buah-buahan. Sisanya sebanyak 80 persen berasal dari minuman. Berarti, untuk perempuan perlu minum 2,1 liter air atau 8 gelas air per hari dan pria perlu minum 2,9 liter air atau setara 12 gelas air per hari.

Lalu, minuman seperti apa sih yang harus rutin kita konsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita?
Air putih tentu jawabannya. Tak hanya baik untuk tubuh, air putih juga bebas kalori dan tidak mahal. Minuman seperti susu, jus, dan teh juga bisa berkontribusi dalam memenuhi cairan tubuh, tapi tetap utamakan air putih ya Girls.

minum
Source: Unsplash

Lalu, bagaimana caranya mengetahui kalau tubuhmu sudah cukup cairan? Apakah harus selalu menghitung berapa gelas air yang sudah kamu minum setiap harinya?

Menurut peneliti senior di Tufts University's Neuroscience and Aging Laboratory, Dr. Irwin Rosenberg, M.D., sebagaimana dilansir dari Cosmopolitan.com, kamu bisa mengecek apakah tubuhmu sudah cukup terpenuhi cairan lewat warna urine.

"Jika urine berwarna kuning cerah, itu tandanya kamu terhidrasi dengan baik dan sistem tubuhnya berjalan lancar. Tapi jika warna urine kamu gelap, berarti tubuh kekurangan air," ujar Dr. Rosenberg.

Jadi, mulai sekarang, perbanyak minum air untuk agar kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi ya, Girls!

air
fyi
kebutuhanair
berapabanyakairyangdiminumsetiaphari
Written By
Karra Okta

Penulis yang menyukai dunia lifestyle dan showbiz. Karra menghabiskan waktu luangnya dengan menonton film di bioskop atau bersantai sambil streaming serial kesukaannya.

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!