Lifestyle

Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Menghubungi Mantan Setelah Putus Cinta?

Sebenarnya Kapan Waktu yang Tepat untuk Menghubungi Mantan Setelah Putus Cinta?

Setelah putus cinta, sangat normal saat kamu merasa bingung dan rindu mantan, Babes! Kamu mungkin merindukan mantanmu tapi secara bersamaan kamu pun merasa marah dan kesal pada mereka. Kamu juga mungkin merasa kesepian karena kamu harus membiasakan kembali dirimu tanpa kekasih, tapi kamu juga tahu bahwa menghubungi mantan itu bukanlah hal yang baik.

Kamu pun bingung, kamu ingin tetap menjalin hubungan baik dengan mantan tapi kamu masih baper kalau keep in touch dengan mereka. Jadi kapan waktu yang tepat untuk menghubungi mantan setelah putus cinta? Ini kata ahlinya.

1. Tergantung bagaimana putusnya

Modern Life Is Rubbish

Sejujurnya, jawaban yang tepat adalah tergantung bagaimana kamu dan mantanmu putus, dengan cara baik atau tidak baik? "Bukan ide yang baik untuk menghubungi mantanmu ketika kamu putus dengannya dengan cara yang tidak baik, dan keinginan yang didorong dengan kebutuhan hubungan yang tidak sehat," jelas Grant Brenner, seorang psikiater, psikoanalisis, dan co-author Irrelationship.

Di sisi lain, jika hubunganmu berakhir dengan baik-baik dan tidak banyak drama, maka menghubungi mantan bukan hal yang salah. Meski begitu, Brenner menyarankan untuk menahan diri sebelum mengirimkan pesan untuk mantan. Ketika pesan tersebut sampai ke mantanmu, perasaanmu padanya mungkin masih tetap ada dan bisa saja itu membuatmu ngarep lagi dengan mantanmu. "Jadi, waspadai perasaanmu itu sebelum kamu menghubungi lagi mereka," kata Brenner.

2. Tunggu sampai perasaan suka dan menyesalmu mereda

Modern Life Is Rubbish

"Secara umum, kamu harus menunggu sampai reaksi marah, kesal, dan sukamu pada mantan itu mereda," saran Brenner. "Dengan kata lain, ketika perasaan ingin kembali bersama, kehilangan yang menyakitkan, kerinduan disayang pasangan, masih kuat, akan berbahaya jika kamu menghubungi mantan." Kamu mungkin merindukan mereka, tapi Brenner mnekankan bahwa menghubungi mereka dapat menyebabkan banyak komplikasi di hatimu dan membuatmu susah lupa.

3. Menghubungi mantan bukanlah hal yang bermanfaat

Modern Life Is Rubbish

"Selama periode pasca-perpisahan, tetap berhubungan dengan mantan mungkin akan menyebabkan kesulitan, baik menyambung atau menyesali, menebak-nebak, atau mengatakan hal-hal menyakitkan karena marah, kecewa, atau yang lainnya," dia menambahkan. "Satu-satunya peringatan di sini adalah terkadang kita perlu tahu kabarnya agar kamu dapat move on dan meraih kesuksesan." Dengan kata lain, menghubungi mantan dengan cepat setelah putus itu tidak terlalu bermanfaat karena kamu juga perlu menata hatimu yang masih hancur lebur karena perpisahan tersebut kan.

4. Hubungi mantan setelah beberapa bulan putus

Modern Life Is Rubbish

Jika kamu tidak yakin kapan waktu yang tepat untuk menghubungi mantan, Brenner menyarankan waktu untuk dipertimbangkan. "Saya pikir menetralkan keadaan pikiran dan emosi seseorang lebih penting daripada harus memikirkan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi mantan kembali," ia menjelaskan, "Bagi kebanyakan orang dibutuhkan beberapa bulan untuk bisa berhubungan kembali dengan mantan." Harus beberapa bulan setelah putus karena kamu mungkin sudah menyelesaikan kesal, benci, kecewa pada mantanmu. Tapi Brenner menyarankan untuk tidak menghubungi mantanmu dulu kalau kamu masih ada rasa pada mereka.

BACA JUGA: Lakukan 6 Hal ini Agar Kamu Bisa Segera Move On Dari Mantan

Source foto: film Modern Life Is Rubbish/Serotonin Films, BFI Film Fund, Lipsync Productions

Nah itulah 4 waktu yang harus kamu perhatikan jika ingin menghubungi mantan setelah putus cinta, udah siap atau belum?

Zahra Aminati
Zahra Aminati

THE SHONET MARCH ISSUE

The Shonet Rilis Edisi Perdana The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!