Beauty

Selain Gangguan Kesehatan, Ini 5 Penyebab Jerawat Selalu Muncul di Dagu

By Jana Miani  |   about 2 years ago
Selain Gangguan Kesehatan, Ini 5 Penyebab Jerawat Selalu Muncul di Dagu

Jerawat sebenarnya bisa jadi tanda jika tubuh kita sedang mengalami sesuatu, dan salah satu contohnya yaitu munculnya jerawat di dagu atau area rahang. Hal itu biasanya terjadi karena beberapa hal misalnya saat sedang mengalami PMS.

Ketika PMS, produksi sebum pada wajah meningkat sehingga bisa membuat wajah terutama bagian dagu jadi berjerawat. Selain PMS ada penyebab lain munculnya jerawat di dagu dan berjerawat lho, yuk cari tahu penyebabnya di sini.

1. Stres

Saat sedang stres, tubuh akan berhenti memproduksi hormon yang bisa membuat kita bahagia dan tenang seperti hormon estrogen. Tetapi tubuh akan meningkatkan hormon stress seperti cortisol yang akan memperparah kondisi jerawat di wajah.

2. Kurang tidur

Tidur bukan hanya bikin tubuh jadi rileks dan segar, tapi dengan tidur yang cukup maka kulit wajah akan lebih sehat. Saat kita tidur, tubuh akan mengeluarkan hormon yang sehat dan dapat memperbaiki sistem dengan sendirinya sehingga mengurangi kemungkinan munculnya jerawat di dagu.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung susu

Mungkin kita sering mendengar sebagian orang tidak cocok dengan produk yang mengandung susu karena bisa menyebabkan alergi dan munculnya jerawat. Jika kita sering mengalami jerawat hormonal sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang mengandung susu. Karena, makanan ini dapat merangsang munculnya jerawat lebih besar daripada hormon itu sendiri.

4. Mengonsumsi makanan tertentu

Makanan yang mengandung kacang-kacangan, minyak sayur, telur dan sebagainya dapat meningkatkan munculnya jerawat pada wajah terutama di sekitar dagu. Sehingga kita harus menghindari makanan tertentu yang membuat jerawat jadi mudah muncul.

5. Terlalu lama terpapar sinar matahari

Jika wajah terlalu lama terpapar sinar matahari maka produksi minyak dan keringat akan meningkat. Hal ini dapat membuat pori-pori tertutup sehingga menyebabkan timbulnya jerawat. Sementara itu, sinar UV yang masuk akan memperparah jerawat dan menyebabkan radang sehingga kita wajib memakai sunscreen.

Foto: seedpsychology, powerofpositivity, energolife, cookinglight, fairaporter. 

Kalian juga mengalami masalah jerawat di dagu? Mungkin 5 hal di atas penyebabnya. 

jerawat
tipscantik
fyi
dagu
penyebabjerawat
Written By
Jana Miani

Hey! Thanks for come around, I'm currently working as a fashion and beauty content writer. I love beauty stuff especially local and natural skincare. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!