Lifestyle

Sering Gagal Diet? Mungkin Hal Inilah Penyebabnya!

By Lemonilo  |   about 2 years ago
Sering Gagal Diet? Mungkin Hal Inilah Penyebabnya!

Belakangan, diet menjadi salah satu trend yang digandrungi oleh masyarakat. Hayo, siapa dari kamu yang saat ini sedang menjalani diet?

Diet sering dijadikan jalan pintas menuju bentuk tubuh dan kesehatan tubuh yang maksimal. Misalnya saja, para wanita ingin mendapatkan tubuh langsing dan berat badan yang ideal atau para lelaki yang ingin mendapatkan bentuk tubuh yang baik dengan otot-otot yang menonjol. Hanya saja, kamu tidak bisa sembarangan melakukan diet. Perlu banyak referensi agar diet sehat yang kamu lakukan tetap berjalan terarah dan baik.

Sayangnya, para ahli kesehatan dan diet menuturkan bahwa kesalahan diet sehat masih kerap kali terjadi. Kesalahan ini menuntun orang-orang pada gagal diet atau berat badan mereka tak juga turun. Anehnya, 40% pelaku diet sehat merasa bahwa mereka tidak melakukan kesalahan apapun dalam diet tersebut. Untuk itu, sebelum kamu gagal total dalam melakukan diet, simaklah beberapa kesalahan diet sehat yang sering dilakukan oleh orang-orang!

1. Kamu Sering Tidak Mengonsumsi Sarapan Dengan Berbagai Alasan

Kamu Sering Tidak Mengonsumsi Sarapan Dengan Berbagai Alasan
Source: The Barringtons Dental Group

Sarapan merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Tak hanya memastikan kamu punya tenaga cukup untuk beraktivitas, sarapan diketahui berpengaruh terhadap diet sehat yang sedang kamu jalankan. Para ahli gizi dunia menyebutkan bahwa mereka yang sarapan cenderung punya bobot dan berat badan yang lebih stabil daripada mereka yang tidak. Hal ini diakibatkan rasa lapar berlebih imbas dari kebiasaan melewatkan sarapan. Rasa lapar berlebih memicu makan yang berlebih ketika jam makan tiba.

2. Makan Dengan Tempo yang Terlalu Cepat

Source: Gleauty

Tak hanya soal asupan gizi dalam makanan, cara kamu mengonsumsi makanan juga bisa menjadi faktor kenapa diet sehatmu selalu gagal. Tara Gidus, MS, RD, pembicara dari American Dietetic Association menyebutkan bahwa makan tidak hanya tentang porsi dan nutrisinya, melainkan cara dan kecepatan mengonsumsinya. Mereka yang terbiasa untuk makan terlalu cepat cenderung punya kelebihan bobot dan berat badan. Hal ini diakibatkan oleh kurangnya penyerapan oleh usus untuk memaksimalkan metabolisme dan pembakaran kalori.

3. Kamu Tidak Fokus Dalam Melakukan Satu Jenis Diet Sehat

Kamu Tidak Fokus Dalam Melakukan Satu Jenis Diet Sehat
Source: Lemonilo

Inilah yang menjadi kesalahan diet sehat dari kurang lebih 45% pelaku diet. Mereka terlalu 'berambisi' untuk menurunkan berat badan akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan berat badan dan bentuk tubuh yang ideal, termasuk mengadaptasi beragam jenis diet yang ada di internet. Padahal, yang namanya diet sehat itu tergantung seberapa cocok tubuh kamu terhadap diet tersebut. Untuk itu, fokuskan pada satu jenis diet yang menurutmu itu cocok untuk tubuhmu. Jika diet tersebut cocok, metabolisme tubuhmu akan berjalan dengan baik dan pembakaran lemak atau kalori juga lebih maksimal.

4. Kamu Diet dan Menyantap Makanan Tidak Dengan Mood yang Pas

Kamu Tidak Fokus Dalam Melakukan Satu Jenis Diet Sehat
Source: Tulares de Presa

Faktor psikologis menjadi salah satu faktor penentu yang memastikan berhasil atau tidaknya diet yang kamu lakukan. Sayangnya, tidak banyak orang yang tidak paham soal ini. Banyak orang merasa takut mengonsumsi banyak makanan sehingga mood ketika makan tidak stabil dan jauh dari keberhasilan diet. Padahal, untuk bisa diet sukses, kamu perlu bahagia melakukan diet tersebut. Diet yang dilakukan dengan bahagia lebih besar kemungkinan berhasilnya daripada diet yang dilakukan dengan takut. Untuk itu, jika kamu ingin cheating, lakukanlah dan jangan siksa dirimu. Hanya, kontrol jumlahnya agar diet tetap terjaga.

5. Kurang Melakukan Mindful Eating

Source: My Health Myanmar

Dalam melakukan diet sehat, kamu juga perlu melakukan mindful eating. Secara umum, mindful eating merupakan sebuah situasi dimana kamu memperhatikan betul apa yang kamu makan tanpa terganggu dengan hal lain, seperti televisi, ponsel, ataupun buku. Selain itu, mindful eating juga memperhatikan kapan kamu harus makan ataupun seberapa cepat kamu harus menghabiskan makanan. Dengan cara ini, kamu bisa menakar seberapa kenyang dan seberapa lapar kamu sehingga proses makan tidak berlebihan ataupun kurang.

diet
gagaldiet
penyebabgagaldiet
Written By
Lemonilo

Lemonilo merupakan pionir healthy lifestyle brand berbasis teknologi yang membuat berbagai produk sehat dan alami bersama-sama UKM Indonesia sebagai mitra produsen. Melalui Lemonilo.com, Lemonilo juga menawarkan produk-produk sehat & alami buatan mitra produsen yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!