Lifestyle

Siapa Pahlawan Dalam Gambar Uang Rupiah

By Ines Wijaya  |   a month ago
Siapa Pahlawan Dalam Gambar Uang Rupiah

Hi Babes..pernah engga sih kalian memperhatikan gambar-gambar yang tercetak dalam uang Rupiah terbaru kita ? Yaps..tentunya mereka adalah pahlawan yeng telah berjasa bagi bangsa dan negara kita. Namun sayangnya tak sedikit orang yang tidak mengenal gambar-gambar dari pahlawan tersebut. 

Rupiah Edisi terbaru tahun 2016

Sebelumnya mata uang Rupiah telah melakukan beberapa kali pergantian cetakan dan gambar. Nah kali ini kita akan mengenal sosok sosok pahlawan dalam Rupiah edisi terbaru yang diterbitkan oleh BI pada 19 Desember 2016 lalu. 

 

Ir.Soekarno & Mohammad Hatta Dalam Lembar IDR 100.000

Sosok pahlawan sekaligus presiden pertama dan wakil presiden pertama di Indonesia yakni Ir.Soekarno dan Mohammad Hatta. Soekarno adalah sang proklamator serta sang pencetus pancasila sebagai ideologi negara. 

 

IR. H. DJUANDA KARTAWIDJAJA Dalam Lembar IDR 50.000

Djuanda Kartawidjaja pernah memimpin para pemuda dalam merebut Jawatan Kereta Api dari Jepang setelah Indonesia Merdeka. Beliau juga menyatakan bahwa laut Indonesia dan laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia, menjadi satu kesatuan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia adalah Perdana Menteri Indonesia ke-10 sekaligus yang terakhir.

 

DR. G.S.S.J. RATULANGI Dalam Lembar IDR 20.000

Ditampilkan wajah pahlawan baru yaitu Dr. Gerungan Saul Samuel Jozias Ratulangi atau yang lebih dikenal sebagai Sam Ratulangi. Beliau adalah aktivis Kemerdekaan Indonesia dari Sulawesi Utara. Filsafat Sam Ratulagi yang terkenal adalah 'Si tou timou tumou tou' yang artinya manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.

 

Frans Kaisepo Dalam Lembar IDR 10.000

Frans Kaisepo ialah pahlawan kemerdekaan Indonesia asal Biak, Papua. Ia mengusulkan nama Irian, yang berasal dari bahasa Biak yang berarti tempat yang panas. Saat Belanda akan mendirikan Negara Indonesia Timur, Frans Kaisiepo menentangnya. Bahkan, ia kemudian mengganti nama Netherland Nieuwe Guinea dengan Irian yang merupakan singkatan dan Ikut Republik Indonesia Anti Netherland. 

 

Dr. K.H. Idham Chalid Dalam Lembar IDR 5.000

Pahlawan nasional asal Banjar ini adalah salah satu politisi Indonesia yang berpengaruh pada masanya. Idham Chalid menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Indonesia pada kabinet Djuanda. Sosok Idham Chalid lebih dikenal luas oleh masyarakat sebagai ulama dan politisi yang penuh dengan etika dan kesantunan.

 

Mohammad Hoesni Thamrin Dalam Lembar IDR 2.000

Mohammad Husni Thamrin adalah seorang politisi era Hindia Belanda, ia adalah keturunan Belanda dan Betawi. Hoesni Thamrin merupakan perintis Revolusi Kemerdekaan Indonesia. Ia juga dikenal sebagai salah satu tokoh dari organisasi Kaoem Betawi yang pertama kali menjadi anggota Dewan Rakyat di Hindia Belanda, yang mewakili kelompok pribumi.

 

Tjut Meutia Dalam Lembar IDR 1.000

Tjut Nyak Meutia atau Tjut Meutia pahlawan nasional Indonesia dari Aceh. Tjut Meutia adalah pejuang wanita yang melakukan perlawanan terhadap penjajahan Belanda pada 1905 hingga 1910. Ia menyerang dan merampas pos-pos kolonial sambil bergerak menuju Gayo melewati hutan belantara.

 

Mr. I Gusti Ketut Pudja Pada Logam IDR 1.000

I Gusti Ketut Pudja lahir di Bali, Ia ikut serta dalam perumusan negara Indonesia melalui Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia mewakili Sunda Kecil (saat ini Bali dan Nusa Tenggara) dan nenjadi Gubernur Sunda Kecil pertama.

 

Tahi Bonar Simatupang Dalam Logam IDR 500

Tahi Bonar Simatupang atau yang lebih dikenal sebagai T.B. Simatupang adalah tokoh militer dan gereja di Indonesia. Pria asal Sumatera Utara itu pernah menjabat sebagai Ketua Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, Ketua Majelis Pertimbangan PGI, Ketua Dewan Gereja-gereja Asia, dan Ketua Dewan Gereja-gereja se-Dunia.

 

Tjipto Mangunkusumo Dalam Logam IDR 200

Tjipto Mangoenkoesoemo lahir di Pecangaan, Jepara, Jawa Tengah. Ia adalah seorang tokoh pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ia juga dikenal sebagai salah satu dari Tiga Serangkai bersama dengan Douwes Dekker dan Ki Hajar Dewantara. Ia adalah tokoh dalam Indische Partij, suatu organisasi politik yang pertama kali mencetuskan ide pemerintahan sendiri di tangan penduduk setempat, bukan oleh Belanda.

 

Prof.Dr.Ir. Herman Johanes Dalam Logam IDR 100

Prof. Dr. Ir. Herman Johannes atau yang lebih sering dikenal sebagai Herman Johannes, Ia adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan Indonesia, guru besar Universitas Gadjah Mada (UGM). Pria asal Rote, Nusa Tenggara Timur, ini pernah menjabat sebagai Dewan Pertimbangan Agung dan Menteri Pekerjaan Umum.

 

lifestyle
uang
pahlawan
rupiah
4 Likes
Written By
Ines Wijaya

Hi, welcome to my page! Kindly follow my Instagram to know me more 

All Comments (3)
Shafira Rizka Putria month ago
👍👍👍
Imayosi Br Sianturia month ago
Mantap
Load More Comments

Related Article