Beauty

Sudah Diet, Nggak Turun Berat Badan? Mungkin Ini Penyebabnya!

By Lemonilo  |   almost 2 years ago
Sudah Diet, Nggak Turun Berat Badan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Kelebihan berat badan memang bikin risih ya, guys? Apalagi, buat para cewek yang sudah melahirkan atau merawat anak-anak. Sudah coba diet kok nggak turun-turun juga ya berat badannya? Bisa jadi, kamu melakukan banyak kesalahan diet atau pola makan yang berat badanmu tak kunjung turun, bahkan malah naik. 

Duh, jangan nyerah dulu dong, girls! Banyak hal yang bikin diet kamu malah gagal total. Daripada galau nggak karuan, mendingan coba perhatikan beberapa kesalahan diet yang sering banget kamu lakukan.

1. Porsi Makanan yang Kamu Konsumsi Masih Sedikit Sehingga Mempengaruhi Pola Makan

Porsi Makanan yang Kamu Konsumsi Masih Sedikit Sehingga Mempengaruhi Pola Makan
Source: Pexels

Mungkin terkesan lucu ya? Dimana-mana, yang namanya diet apapun, termasuk diet ketogenik sudah pasti makannya hanya sedikit. Lho, ini kok jadi masalah? Yang menjadi masalah bukanlah berapa jumlah makanan yang kamu konsumsi, melainkan seberapa efektif pola makan yang sudah kamu lakukan. Membatasi makanan yang kamu konsumsi tanpa memperhatikan jenis makanan malah akan membuat dietmu jadi tidak terkendali.

Konsumsi makanan yang terlalu sedikit akan membuat kamu merasa cepat lapar. Hasilnya, kamu malah akan makan berlebih di sela-sela jam makan. Makanya, penting untuk kamu memperhatikan makanan yang kamu konsumsi. Konsumsi makanan berserat sehingga kamu kenyang lebih lama. Bila perlu, kamu bisa membuat jurnal tentang apa saja yang bisa dan boleh kamu makan dalam seminggu. 

2. Kamu Asal Makan, Padahal Makanan itu Tidak Ramah Berat Badan

Kamu Asal Makan, Padahal Makanan itu Tidak Ramah Berat Badan
Source: Lifetime Pizza

Kalau diet kamu kurang berjalan baik, bisa jadi kamu kurang memperhatikan apa yang kamu makan. Secara umum, bukan hanya jumlah asupan makanan yang berpengaruh bagi berat badan Anda, namun kualitas dari makanan yang Anda makan juga perlu diperhatikan. Makanan bergizi tentu akan bikin turun berat badan lebih cepat, namun makanan bergizi rendah akan malah bikin kamu naik berat badan.

Makanya, cobalah untuk makan makanan yang berkualitas baik. Hindari junk food untuk mencegah makanan rendah gizi dan sulit dicerna tubuh masuk ke dalam tubuh. Selain itu, cobalah makan dengan teratur dan bebas dari gangguan gadget atau alat elektronik lainnnya. 

3. Sering Begadang dan Kurang Tidur? Pantes Susah Turun Berat Badan!

Sering Begadang dan Kurang Tidur? Pantes Susah Turun Berat Badan!
Source: The Mummy Bubble


Tidur bukan hanya untuk memberikan tenaga atau energi yang cukup untuk beraktivitas. Nyatanya, tidur juga membantu kamu untuk sukses dalam melaksanankan diet dan penurunan berat badan. Tidur cukup membantu kamu untuk tidak terjebak dalam nafsu makan berlebih. Sebaliknya, kekurangan tidur membuat tubuh memiliki sugesti bahwa kamu sedang lapar. Hasilnya, Anda akan terus mencari makanan untuk memuaskan sugesti lapar Anda. Selain itu, kekurangan tidur dapat meningkatkan risiko mengalami obesitas.

Tak hanya kurang tidur, kebanyakan tidur pun akan membuat hormon yang mengontrol nafsu makan dan rasa lapar terganggu. Selain itu, jika jam tidur terganggu, kamu akan lebih mungkin untuk melewatkan rutinitas olahraga Anda karena tubuh sudah terlalu letih. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur selama kira-kira 8 jam serta bangun dan tidurlah di waktu yang sama setiap harinya.

4. Kamu Malas Untuk Bergerak

Kamu Malas Untuk Bergerak
Source: Livewell Baden


Bukan rahasia lagi kalau olahraga bantu tubuh kamu bakal lemak dan kalori lebih banyak. Makanya, diet yang diimbagi olahraga tentu keberhasilannya lebih besar. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa olahraga membantu Anda dalam menurunkan berat badan. Sebaliknya, kurang olahraga akan menghambat proses pembakaran kalori dan lemak sehingga mengakibatkan Anda sulit untuk menurunkan berat badan.

Makanya, kalau kamu merasa dietmu kurang berhasil. Mungkin, kamu sedang dituntut untuk lebih aktif bergerak alias olahraga. Ambil segera sepatu dan peralatanmu, lalu lekas melakukan olahraga untuk maksimalkan usahamu.

5. Gula Jadi 'Sobat Karib' Kamu Banget!

Gula Jadi 'Sobat Karib' Kamu Banget!
Source: Pexels


Minuman manis tentunya memang nikmat, namun berhati-hatilah dalam mengonsumsi minuman bergula. Minuman dengan kandungan gula yang tinggi dapat menjadi residu di dalam tubuh Anda sehingga menyebabkan bertambahnya berat badan.

Selain itu, berhati-hatilah juga dengan minuman yang berlabel “sehat” atau mengandung buah karena walau terlihat sehat, kadar gulanya mungkin sama saja dengan minuman lain yang tidak sehat. Pilihlah air putih sebagai minuman Anda karena air putih dapat menurunkan berat badan dengan meningkatkan pembakaran kalori hingga 30%.

kecantikan
diet
beratbadan
Written By
Lemonilo

Lemonilo merupakan pionir healthy lifestyle brand berbasis teknologi yang membuat berbagai produk sehat dan alami bersama-sama UKM Indonesia sebagai mitra produsen. Melalui Lemonilo.com, Lemonilo juga menawarkan produk-produk sehat & alami buatan mitra produsen yang bebas dari 100+ bahan berbahaya.

 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!