Fashion

Supaya Awet dan Tahan Lama, Ini Cara Merawat Jam Tangan Kesayangan

By THE SHONET Men  |   about 2 months ago
Supaya Awet dan Tahan Lama, Ini Cara Merawat Jam Tangan Kesayangan

Tak hanya sebagai aksesori, bagi beberapa orang jam tangan juga merupakan salah satu investasi utama maka penting juga bagi kita untuk mengetahui cara merawatnya. Jam tangan juga bisa menjadi simbol status dan jenis jam tangan yang kamu pakai dapat memberi tahu level gaya hidup seseorang. 

Apabila dirawat dengan tepat, jam tangan dapat bertahan hingga beberapa generasi. Beberapa brand jam tangan mewah pun bisa menjadi semakin mahal seiring semakin bertambah usianya. Apalagi jika kondisi jam tangan tersebut masih terlihat seperti pertama kali dibeli. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan yang tepat untuknya. 

Nah, berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga jam tanganmu tetap dalam kondisi baik  dan terjaga agar selalu dalam kondisi sempurna. Caranya antara lain:

1. Bersihkan Dengan Kain Lembut

Hasil gambar untuk clean watch
WRIST CLEAN

Agar arloji tetap dalam kondisi baik, bersihkan tempat arloji dan tali secara teratur. Jika arloji tidak tahan air, maka kamu wajib gunakan kain poles kering nan lembut untuk menyeka casing dan tali untuk menghilangkan kotoran berlebih. Sementara jika arlojimu tahan air, kamu dapat membersihkannya dengan menggunakan kain lembab.

 

2. Hindari Kontak dengan Bahan Kimia

Gambar terkait
HOW TO SPEND IT

Memaparkan arloji ke bahan kimia seperti sabun, deterjen, kosmetik, dan parfum merupakan cara yang ternyata bisa merusakkan arloji atau tali pengikatnya. Untuk itu, pastikan untuk menunggu hingga krim atau parfum mengering sepenuhnya di kulitmu barulah kamu bisa mengenakannya. Terlalu lama terpapar sinar matahari langsung juga dapat menyebabkan arloji memudar sehingga kontak terlalu lama wajib dihindari. 

3. Lakukan Perawatan Secara Teratur

Gambar terkait
ESSLINGER

Idealnya, arloji mekanik harus diservis setiap dua tahun, sedangkan arloji kuarsa dapat diservis setiap tiga tahun. Selain itu, kamu wajib mengganti baterai yang mati sesegera mungkin untuk menghindari risiko kebocoran yang dapat menyebabkan kerusakan serius pada arloji. Tapi ingat, jangan pernah membuka jam tangan sendiri!

Jam tangan terbuat dari banyak komponen individual, dirancang dengan presisi. Ini bekerja selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu. Oleh karena itu, ia patut mendapat perhatian besar. Membuka jam tangan sendiri dapat membuatnya terkena debu, kotoran, dan partikel lain yang dapat masuk ke dalam mesin. Ini juga dapat memengaruhi ketahanan arlojimu. 

4. Hindarkan dari Goresan

Gambar terkait
MAIN LINE MENSWEAR

Sebetulnya hanya menunggu waktu sebelum kaca jam tangan atau tali pengikat muncul goresan. Untuk menghindarinya, lepaskan arloji selama aktivitas yang bisa membuat goresan. Selain itu, jangan kenakan gelang di pergelangan tangan yang sama. Perhiasan apapun di pergelangan tangan bisa menggores sisi atau kaca jam tangan. Selain itu, jangan pernah jatuhkan arloji ke tanah! Selain kemungkinan bisa menyebabkan munculnya goresan, benturan yang tidak terduga dapat menyebabkan kerusakan pada kristal, case, dan komponen internal.

Baca juga: Dari Kesehatan Hingga Gaya Hidup Ini Sejumlah Fitur yang Biasanya Terdapat di Jam Tangan Pintar

5. Simpan dengan Benar

Hasil gambar untuk watch in box
INSIDE WEDDINGS

Saat tidak memakai jam tangan, pastikan untuk menyimpannya dengan benar. Sementara untuk menghindari kelembaban dan debu, gunakan kotak asli dan kemasannya atau simpan di dalam kotak yang berisi jam tangan yang lain. Jika kamu menyimpan jam tangan di kotak jam tangan, pastikan jam tangan tersebut disimpan secara terpisah satu sama lain untuk menghindari aus yang disebabkan oleh gesekan. Selain itu, jangan pernah menyimpan jam tangan menghadap ke bawah.

tips
jamtangan
jamtanganpria
Written By
THE SHONET Men

Welcome to Shonet Men! We are here to serve you better with relevant and trending content related for Millennials Men and Gen Z

All Comments (4)
View all 4 comments
about 2 months agoReply
Zefanya penting!!
about 2 months agoReply
Asrianty Azzahra waa makasiih infonyaa, berguna banget
about 2 months agoReply

Related Article

The Shonet LookbookEmpowerment

Della Dartyan