Lifestyle

Susah Tidur? Ini 6 Tanaman yang Bikin Tidur Nyenyak

By Ranjani  |   3 months ago
Susah Tidur? Ini 6 Tanaman yang Bikin Tidur Nyenyak

Apakah kamu sedang mengalami masalah susah tidur, Babes? Kalau sudah begini, badan jadi terasa lelah, lesu, dan cepat mengantuk di siang hari, sehingga menghambat aktivitasmu, kan? Tapi tenang saja, masalah ini bisa diatasi kok!

Cobalah taruh tanaman di kamarmu. Beberapa jenis tanaman memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas tidur, jadi kamu bisa tidur dengan nyenyak. Cek tanaman-tanaman tersebut di bawah ini:

1. Lidah Mertua

Source: crocus.co.uk

Snake plant (Sansevieria trifasciata) atau yang lebih dikenal di Indonesia sebagai lidah mertua adalah tanaman yang bisa membantu tidur jadi lelap. Berdasarkan penelitian NASA, tanaman ini dapat menghilangkan kimia dan racun di udara, sekaligus mengubah karbon dioksida menjadi oksigen di malam hari.

Lidah mertua nggak gampang mati, berdaun tebal dan kaku, dan cocok dengan berbagai macam pencahayaan. Oleh sebab itu, tanaman ini mudah dirawat dan tidak masalah diletakkan di mana saja.

2. Gardenia

Source: crocus.co.uk

Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau aroma gardenia bisa menenangkan, mengurangi kecemasan, dan membantu kualitas tidur. Salah satu pigmen di bunga ini, crocetion, juga turut mengatasi masalah tidur.

Gardenia adalah tanaman yang sensitif, dia membutuhkan cahaya matahari langsung, suhu yang dingin dan lembap, serta penyiraman yang teratur. Essential oil dan teh dari gardenia juga seringkali digunakan untuk membuat tidur lebih baik.

3. Spider Plant

Source: bakker.com

Selain lidah mertua, spider plant juga merupakan tanaman yang sudah diakui NASA dapat mengurangi xylene (bahan kimia yang dapat menyebabkan sakit kepala) di udara. Clear Air Study mengungkap bahwa spider plant memusnahkan 90% racun berbahaya di udara. Spider plant mudah dirawat, dia membutuhkan cahaya yang terang dan sinar matahari tidak langsung.

4. Peace Lily

Source: crocus.co.uk

Menurut Clear Air Study, peace lily mampu menghilangkan benzene dari udara, sehingga udara untuk tidur menjadi lebih bersih. Tanaman ini sangat elegan dan dapat membuat kamarmu tampak semakin cantik. Nggak seperti gardenia, perawatan peace lily lebih mudah. Dia bisa hidup di cahaya minim, serta hanya butuh disiram sekitar seminggu sekali saat mulai terlihat layu.

5. Sirih Gading

Source: patchplants.com

Sirih gading atau golden pothos adalah tanaman terbaik untuk ditaruh di dalam kamar. Sebab tanaman ini sangat mudah dirawat, mereka bisa hidup di cahaya minim yang tidak langsung mendapatkan sinar matahari, serta hanya butuh disiram ketika tanahnya kering.

Mirip seperti peace lily, sirih gading dapat membantu kamu tidur lebih nyenyak dengan cara menyingkirkan racun-racun berbahaya yang mengganggu.

6. Chamomile

Source: dhgate.com

Chamomile juga merupakan tanaman yang umum membantu meningkatkan kualitas tidur. Berdasarkan penelitian di Molecular Medicine Report, chamomile dapat mengatasi insomnia, menenangkan, dan mengurangi kecemasan serta depresi.

Chamomile memiliki bunga yang cantik, namun perawatannya butuh diperhatikan. Kamu harus memastikan dia mendapatkan 4 jam sinar matahari setiap harinya, tapi nggak perlu sering disiram. Teh chamomile juga dapat membantumu untuk tidur lebih nyenyak.

Baca Juga: Cari Tahu Bunga yang Cocok Untukmu Berdasarkan Zodiak, Kamu yang Mana?

Itu dia beberapa tanaman yang bikin tidur jadi lebih nyenyak dan berkualitas, yuk coba tanam di rumah!

insomnia
tidurnyenyak
tanaman
susahtidur
Written By
Ranjani

Still struggling to find the perfect foundation for her combination skin. In the meantime, she likes to eat nasi padang and es teh manis.

All Comments (5)
View all 5 comments
Imayosi Br Sianturi
Wah baru tahu nih
3 months agoReply
Septiani
pas banget nih
3 months agoReply
Shafira Rizka Putri BARU TAU! thank you infonya
3 months agoReply

Related Article

The Shonet LookbookEmpowerment

Della Dartyan