Become The Shonet Insider!

Lifestyle

Takut Akan Kegagalan? Kamu Harus Tahu 4 Hal Ini Biar Lebih Percaya Diri!

By Zahra Aminati  |   about 1 year ago
Takut Akan Kegagalan? Kamu Harus Tahu 4 Hal Ini Biar Lebih Percaya Diri!

Takut akan kegagalan memang sering kita alami. Banyak orang yang merasa bahwa pekerjaan yang tadinya mereka sukai berubah menjadi menyebalkan atau bertahan pada sebuah hubungan ternyata tidak membuatnya bekerja, itu terjadi karena kita terlalu takut untuk mengejar hal yang kita inginkan.

Saat kita kecil, kita tidak seperti ini. Kita selalu berani untuk melangkah ke depan. Namun, semakin kita besar kita semakin tahu kita sering mengalami kegagalan dan menemukan bahwa mendapatkan apa yang kita inginkan itu tidaklah mudah. Tapi, hal yang perlu kamu tahu untuk menyikapi ketakutan ini adalah dengan melihat 4 hal di bawah ini.

1. Jatuh bukan berarti membuatmu gagal

La Mome

Ini hal yang paling dasar, tapi kita sering melupakan ini dari kegagalan atau kesuksesan. Kita sering menganggap itu secara pribadi. Seseorang yang berhasil menggapai kesuksesan berpikir sendiri dan mereka yang masih dalam tahap kegagalan berpikir bahwa mereka memiliki kelemahan karakter. Kedua orang ini sangat berbahaya. Ketika sesuatu tidak berjalan seperti yang direncanakan, mereka akan menyalahkan dirinya sendiri sampai harga dirinya tidak berarti. Sangat tidak apa-apa menilai diri sendiri, untuk introspeksi, tapi janganlah kamu menyalahkan dirimu sendiri. Jangan pernah berpikir kalau jatuh berarti dirimu gagal. Bisa saja dari kejatuhan dirimu itu sebenarnya ada kesuksesan yang sudah menunggu di depan. Jangan pernah mudah menyerah.

2. Kegagalan membuatmu menyiapkan kesuksesan

La Mome

Kegagalan itu membangun karaktermu. Paling tidak, dengan kegagalan kamu menjadi pribadi yang rendah hati dan berbelas kasih pada orang lain. Orang yang selalu berhasil kadang kurang bersikap baik pada orang lain, kecuali memang mereka terlahir dari keluarga yang rendah hati. Memang klise, tapi kegagalan adalah guru yang paling efektif. Kegagalan membentuk kita untuk cepat berpikir, lebih sabar dengan diri sendiri dan orang lain, dan menumbuhkan keterampilan karier yang diperlukan untuk mencapai kehidupan yang kita inginkan.

3. Kegagalan adalah bagian dari proses kesuksesan

La Mome

Coba tanyakan pada diri sendiri: apa yang membuatmu berpikir kamu harus mencapai kesuksesan pada percobaan pertama? Tentu, kamu kamu sudah berusaha sangat keras dan membarikan semua yang kamu miliki, tapi siapa yang menyarankan itu dilakukan pada percobaan pertama, hanya karena kamu sudah berusaha keras? Orang-orang yang pernah mengalami kegagalan pastinya akan memberitahumu bahwa menuju kesuksesan memang tidak mudah dan memiliki risiko yang besar.

Coba kamu lihat kisah Kolonel Sanders, menemu resep ayam KFC yang lezat. Dia tidak langsung mendapatkan sukses, dia mencoba untuk mendekati lebih dari seribu restoran sampai ada yang setuju dengan resepnya. Coba kalau dia berhenti pada percobaan 999-nya, apakah sekarang akan ada ayam KFC? Kegagalan itu hanya bagian dari proses kesuksesanmu. Jika kamu memiliki keberanian dan sikap yang benar, kegagalan akan menjadi tonggak untuk kesukesanmu.

4. Kegagalan membuatmu berintrospeksi diri

La Mome

Kegagalan akan membuatmu kembali memikirkan diri sendiri, mengapa hal ini berjalan seperti ini, dan apa yang seharusnya kamu lakukan. Hal tersebut membuatmu mengintrospeksi dirimu. Siapa kamu? Apa yang kamu miliki? Kemampuan apa yang kamu miliki dan harus dikembangkan? Di saat seperti inilah kamu akan lebih mengenal dirimu sendiri, dan mencocokkan seharusnya yang bisa kamu raih. Dengan ini, kegagalan akan membuatmu merencanakan yang seharusnya kamu lakukan selanjutnya.

Baca Juga: 3 Alasan Mengapa Diet Kamu Selalu Gagal

Source foto: film La Momé/Légende Films,TF1 International,TF1 Films Production

Tuh, dari 4 hal di atas kamu dapat memelajari bahwa seharusnya kamu tidak perlu takut pada kegagalan! Jadikan kegagalan itu sebuah senjatamu untuk menunju kesuksesan ya, Babes. 

lifestyle
karier
kegagalan
gagal
takutgagal
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Article

The Shonet Lookbook

Insider Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!