BEAUTY   |   19 APRIL 2018

Tanda yang Hampir Tak Terlihat Ini Ternyata Bisa Jadi Gejala Awal Kanker

Tanda yang Hampir Tak Terlihat Ini Ternyata Bisa Jadi Gejala Awal Kanker
theshonet image

Apa yang kamu rasakan setiap mendengar kata 'kanker'? Mungkin ada banyak dari kamu yang sudah melakukan pencegahan dini karena tentu tidak ingin mengalaminya. Penyakit yang mematikan ini sudah merenggut banyak nyawa manusia bahkan tanpa mereka sadari.

Ioana Bonta, seorang onkolog dari Cancer Treatment Centers of America, dan Marleen Meyers, yang juga seorang onkolog bagian payudara menyarankan jika pun ada sebagian gejala kanker ini pada tubuh, kamu tak perlu stress. Sebab seringkali tanda tersebut disebabkan oleh sesuatu yang sangat jinak.

Dan dikutip dari the American Cancer Society (ACS), sudah sepatutnya kita mewaspadai berbagai tanda berikut ini jika muncul pada tubuh kita:



theshonet

theshonet

Mengalami kelelahan terus-menerus bisa jadi tanda yang harus kamu curigai. Baik Bonta dan Meyers memasukkan faktor kelelahan, yang bahkan tak hilang setelah istirahat, sebagai tanda awal seseorang mengalami gejala kanker. "Ketika kamu mengalami kelelahan, rekomendasi saya adalah melakukan sedikit analisis. Kamu harus bisa membedakan kelelahan ini karena kurang tidur, baru saja mengganti jenis obat, atau memang terjadi begitu saja," lanjut Bonta.

Jika yang terjadi adalah yang terakhir, kamu sebaiknya memang harus mendatangi dokter.

theshonet

theshonet

Benjolan yang disebabkan oleh kanker tidak selalu terlalu terlihat. Melanoma, salah satu penyakit kanker kulit misalnya, diawali dengan tanda tahi lalat yang tidak terlihat berbahaya. Biasanya tahi lalat itu kecil dan tidak terlihat menakutkan. Bahkan tahi lalat tersebut bisa muncul di tempat aneh, seperti di bawah lapisan kuku tangan atau kaki!

theshonet

theshonet

Penurunan berat badan yang tiba-tiba juga harus kamu waspadai. Jika kamu tiba-tiba mengalami penurunan berat badan tiba-tiba hingga 5 kg, sudah sebaiknya kamu menghubungi dokter. Menurut ACS, kanker pankreas, perut, esofagus, hingga paru-paru diawali dengan penurunan berat badan yang drastis.

theshonet

theshonet

Selain benjolan, adanya ruam dan perubahan warna pada payudara bisa menjadi faktor penting. Iritasi, kulit yang seperti lesung pipi, bersisik, puting menebal, dan memerah adalah beberapa tanda lain. "Payudara bukanlah tempat yang umum untuk memiliki ruam," jelas Bonta. Karenanya jika sampai itu terjadi, ada sesuatu yang harus kamu waspadai.

theshonet

theshonet

Jangan bahagia dulu jika kamu merasa langsung kenyang padahal baru menelan sedikit makanan. Karena hal ini bisa jadi faktor penting untuk kamu tanyakan pada dokter. Salah satunya adalah kanker ovarium yang biasanya sulit diprediksi dari awal. Dan salah satu faktornya adalah seseorang yang mengalami kekenyangan dengan cepat.

Untuk gejala lainnya, kamu bisa melihat website The National Ovarian Cancer Coalition yang punya daftar gejala lengkap.

theshonet

theshonet

Pernah bertanya-tanya mengapa perut sering kembung atau mengalami pembengkakan? Orang yang mengalami kanker ovarium juga melewati gejala yang sama. "Jika seorang wanita mengatakan ia mengalami nyeri panggul atau perut, mengalami peningkatan ukuran perut, kekembungan, sulit makan, dan cepat merasa kenyang, dan merasakan hal itu dalam setahun terakhir dan muncul lebih dari 12 kali per bulan, tak ada alasan lagi untuk kamu untuk menunda pergi ke dokter," ucap dokter Bonta.

theshonet

theshonet

Demam kadang juga menjadi gejala awal dari kanker, misalnya saja kanker darah. Seringnya tanda tersebut adalah tanda ketika kanker sudah menyebar ke bagian tubuh lain, atau juga bisa menjadi tanda awal kanker darah seperti leukimia dan limfoma, ujar ACS.

theshonet

theshonet

Ingat, jangan panik. Sekalipun kamu merasakan gejala tersebut, hal itu bisa saja bukan gejala kanker. Karenanya, penting jika kamu memeriksakan dan memastikan hal itu pada dokter.

Tania Natalin
Tania Natalin

BEAUTY   |   19 APRIL 2018