Beauty

Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Bikin Jerawat Semakin Parah dan Susah Hilang Lho Babes!

By Jana Miani  |   almost 2 years ago
Tanpa Disadari, 6 Hal Ini Bikin Jerawat Semakin Parah dan Susah Hilang Lho Babes!

Punya jerawat yang susah hilang atau malah semakin parah? Banyak hal yang bisa jadi penyebabnya. Bisa karena skincare yang tidak cocok atau kebiasaan buruk yang bikin kotoran dan bakteri menempel di wajah.

Kalau kita sedang berjerawat coba untuk memperhatikan beberapa hal berikut ini agar wajah selalu bersih dan jerawat jadi cepat hilang.

Tidak membersihkan layar handphone

trueresident.com

Handphone memang enggak bisa lepas dari tangan kita. Sayangnya, minyak dan keringat dapat berpindah ke layar handphone dan bakteri bisa berkembang di situ. Ketika sedang menelefon dan meletakkan handphone di wajah maka bakteri akan berpindah lagi ke wajah kita yang menyebabkan jerawat semakin meradang. Untuk menghindari hal itu terjadi, rutin bersihkan layar handphone dengan kain bersih atau hand sanitizer. 

Tidak rutin mengganti sarung bantal

glamour.com

Saat tidur biasanya wajah akan menyentuh bantal. Tapi bantal mudah sekali kotor karena debu atau kotoran dari rambut dan wajah kita. Oleh karena itu, supaya jerawat enggak semakin parah rutin ganti sarung bantal setiap 3 hari sekali.

Mengaplikasikan perawatan rambut yang terlalu dekat dengan wajah

elle.com

Jika kita selalu menggunakan produk perawatan rambut seperti hair spray, pomade atau minyak rambut sebaiknya jauhi garis rambut yang mendekati wajah karena bisa mengiritasi kulit serta menyebabkan semakin banyak jerawat yang muncul.

Terlalu sering membersihkan wajah

verywellhealth.com

Rutin membersihkan wajah memang bagus untuk menghilangkan kotoran dan bakteri penyebab jerawat tapi kita juga harus ingat kalau terlalu sering membersihkan wajah akan menghilangkan minyak alami yang sebenarnya sangat dibutuhkan kulit. Jika kulit kehilangan minyak alaminya maka kulit akan memproduksi minyak lebih banyak yang bikin wajah jadi kusam dan parahnya bisa memicu munculnya jerawat. Jadi cukup bersihkan wajah 2 kali sehari saja ya.

Hanya merawat kulit dari luar

brit.co

Ini yang sering enggak kita sadari kalau merawat kulit dari dalam juga penting. Meskipun pakai skincare yang paling mahal sekalipun kalau kita enggak menjaga kesehatan maka wajah tetap akan berjerawat dan terlihat kusam. Mulai sekarang coba untuk memilih makanan yang bergizi dan kurangi makanan seperti roti, pasta, keripik kentang dan kue kering.

Menyerah dengan keadaan

vox.com

Sudah mencoba berbagai cara tapi wajah tetap saja berjerawat? Jangan menyerah dulu! Kalau ingin benar-benar menghilangkan jerawat di wajah itu enggak bisa hanya sehari atau dua hari saja. Kita juga harus menemukan produk skincare yang cocok untuk kulit kita, banyak produk acne care yang bisa kita coba dan paling tidak jika dalam 2 minggu jerawat masih meradang dan enggak sembuh baru kita coba skincare lainnya.

Kalau jerawat kalian susah hilang, coba cek dulu! Jangan-jangan karena 6 hal di atas, Babes? 

skincare
jerawat
fyi
penyebabjerawat
Written By
Jana Miani

Hey! Thanks for come around, I'm currently working as a fashion and beauty content writer. I love beauty stuff especially local and natural skincare. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!