LIFESTYLE   |   28 OCTOBER 2018

Temanmu Pacaran Sama Mantanmu? OMG, Lakukan 4 Hal Ini Ya!

Temanmu Pacaran Sama Mantanmu? OMG, Lakukan 4 Hal Ini Ya!

Ketika kamu putus, kamu bercerita pada temanmu kalau mantanmu orang yang paling jahat di dunia ini. Temanmu mendengarkan ceritamu tentang mantanmu itu. Namun, kemudian enam bulan berikutnya, kamu mendengar kabar kalau temanmu sedang dekat dengan mantanmu.

Wah, bingung mau gimana. Mau ngasih tahu tapi itu pilihan dia. Wah, what should you do? Nah, ada saran dari Kailen Rosenberg, pelatih hubungan yang baik, penulis buku Real Love, Right Now: A Thirty-Day Blueprint for Finding Your Soul Mateand So Much More! dan pemilik serta CEO dari perusahaan biro jodoh elit Love Architecture, untuk menyikapi permasalahan tersebut.

1. Cek status pertemananmu dengan temanmu

Friends with Benefits

Tanyakan pada dirimu apa yang membuat mantanmu disukai oleh temanmu. Apakah kamu benar-benar teman yang santai dan memberikan kesempatan pada mereka untuk keep-in-touch bersama mantanmu? Atau kalian tidak terlalu dekat secara emosional? Jika kamu dan dia sudah berada di tahap persahabatan, ya kamu pasti akan bisa menerima itu. Kamu akan mendukung semua keputusan temanmu dan menghargai itu, dan tidak menanggapi hal tersebut sebagai hal bahwa dia menikungmu dari belakang. Kan, dia jadian dengan mantanmu setelah enam bulan setelah kamu dan mantanmu putus.

2. Cari tahu tentang potensi pertemananmu dengannya

Friends with Benefits

Kamu harus mengevaluasi potensi nyata antara dirimu dan temanmu, “apakah dia benar-benar temanmu?” kata Rosenberg. “Apakah layak untuk kehilangan persahabatan karena permasalahan perebutan mantan pacar?” Tidak ada yang menyarankanmu untuk mempertahankan persahabatan yang sudah solid, tapi dengan begini kamu bisa melihat kesolidan teman kamu, apakah dia benar mau berpacaran dengan orang yang sudah menyakiti temannya? Dengan memperhatikan ini, kamu akan tahu bahwa dia teman yang baik atau bukan. Karena ketika dia jadian dengan mantanmu, pasti kamu akan lebih sering juga bertemu dengan mantanmu. Apakah kamu sudah siap?

3. Tanyakan kebenarannya

Friends with Benefits

Jika kamu dan temanmu terbiasa mengatakan hal jujur, itu adalah hal yang baik, kamu juga harus menanyakan dengan jujur tentang hubungannya dengan mantanmu. Pastikan mereka mengerti bahwa kamu itu terbuka dan mau mendengarkan apa yang mereka rasakan, bahkan jika jawaban itu bukan hal yang kamu harapkan. Persiapkan dirimu untuk mendengar jawaban dan pemikiran mereka tentang mantanmu yang mungkin tidak ingin kamu dengar.

4. Tingkatkan hubungan pertemananmu dengan temanmu

Friends with Benefits

Pertemananmu dengan teman mungkin sedang mengalami permasalahan cinta segitiga, dan pastinya akan berdampak pada pertemananmu dengannya. Semua bisa berubah menjadi lebih buruk kalau kamu tidak cepat-cepat menyelesaikannya. “Kamu mungkin telah menjadi cupid bagi temanmu dan mantanmu, dan kisah tersebut akan lucu bila diceritakan saat pesta pernikahannya.” Kata Rosenberg. “Atau kalian berdua bisa tertawa dan terhubung pada tingkat persahabatan yang lebih tinggi karena kalian mengetahui bahwa mantanmu ternyata bukan yang terbaik untuk kalian berdua.”

Baca Juga: Ini Dia 7 Kelebihan Kalau Kamu Punya Sahabat yang Introvert

Source foto: film Friends with Benefits/Screen Gems,Castle Rock Entertainment,Zucker Productions

Tuh, ikuti 4 hal di atas ya agar kamu dan temanmu masih bisa tetap berteman walaupun dia pacaran sama mantanmu!

Zahra Aminati
Zahra Aminati

LIFESTYLE   |   28 OCTOBER 2018