Lifestyle

Terinspirasi Indonesia, Acha Septriasa Hampir Perankan Nagini di Fantastic Beasts

By Sarah S. Christiani  |   about 1 year ago
Terinspirasi Indonesia, Acha Septriasa Hampir Perankan Nagini di Fantastic Beasts

Karakter Nagini dari dunia Harry Potter yang kini muncul lagi di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald memang bikin heboh banyak orang, tapi siapa sangka kalau karakter tersebut terinspirasi dari kisah mitologi Indonesia dan hampir saja diperankan oleh aktris Indonesia, Acha Septriasa. 

Fakta bahwa Nagini, ular Voldemort yang muncul di kisah Harry Potter, adalah manusia saja sudah mindblowing dan menjadi pembicaraan terus-menerus, apalagi begitu kita tahu bahwa sang penulis, J.K. Rowling ternyata terinspirasi dari Indonesia. Hmm, makin-makin penasaran deh sama film ini. 

Banyak orang yang bertanya-tanya mengenai casting Nagini yang diperankan oleh wanita Asia. Mengenai hal tersebut, tadi malam (26/09/2018) J.K. Rowling mengungkapkan di Twitter-nya bahwa, "Naga adalah makhluk mitologis mirip ular di mitologi Indonesia, maka dari itu namanya 'Nagini.' Mereka kadang-kadang digambarkan sebagai makhluk bersayap, kadang-kadang setengah manusia, setengah ular. Indonesia terdiri dari beberapa ratus kelompok etnis, termasuk Jawa, Cina dan Betawi. Semoga harimu indah," tulisnya. 

twitter
Source: Twitter @jk_rowling

Hal ini membuat banyak orang kaget, terutama fans cerita Harry Potter dari Indonesia. Ternyata, salah satu karakter di dunia sihir tersebut terinspirasi dari kisah mitologi Indonesia. Padahal, pasti banyak di antara kalian yang dulunya merasa familiar saat membaca nama 'Nagini' di kisah Harry Potter, kan? Saya salah satunya. Saat membaca nama ular Voldemort ini, saya sempat merasa, "Hah? namanya Nagini? Kok Indonesia banget?" dan mungkin banyak yang teringat dengan cerita-cerita legenda manusia setengah ular yang sering muncul di cerita Indonesia atau sinetron dan film-film zaman dulu. 

Walaupun, kata 'Naga' dan mitologinya sebenarnya muncul dari India dan merupakan kata dalam bahasa Sanskerta. Banyak mitologi kita yang memang heavily influenced by India. Tapi, sepertinya, J.K. Rowling terinspirasi dari 'versi' Indonesia. Hal ini diperkuat dengan postingan Acha Septriasa di bulan April lalu. Ia menulis, "Jika kalian bertanya-tanya mengapa mereka membutuhkan wajah Asia untuk berperan sebagai Maledictus, dia adalah ratu ular dari Kalimantan Indonesia." 

acha nagini
Source: Instagram @septriasaacha

Bila dilihat dalam postingan tersebut, gaya rambut dan pakaian yang dikenakan mirip dengan visualisasi karakter Nagini yang akhirnya diperankan oleh Claudia Kim dari Korea Selatan. 

nagini claudia kim
Source: Pottermore

Baca juga: 5 Fakta Claudia Kim, Pemeran Nagini di Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald!

Sebelumnya, Acha Septriasa juga sempat mengungkapkan bahwa ia pernah melakukan sebuah audisi untuk film bergenre fantasi. Ia bercerita bahwa tawaran datang dari agensi di London dan proses casting-nya sangat rahasia. Acha bahkan diberikan skrip dengan nama dan judul lain. Baru setelah proses casting selesai di bulan Juni, ia diberitahukan bahwa karakter tersebut adalah karakter seorang Maledictus di film Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald.

Dalam postingan ini pun tak disebut bahwa karakternya adalah Nagini. "...Saat itu peran yang aku baca sebagai Natalie berdialog dengan Charles, berada di rooftop kota paris, sebuah karakter yang rapuh yang bisa menjelma menjadi siluman. Hahahahah agak clueless sbenernya karakter fantasy apa ini?" tulisnya. 

acha nagini
Source: Twitter/Instagram

Sayangnya, timing rupanya tak tepat. Acha Septriasa yang saat itu sedang hamil harus melewatkan kesempatan tersebut. "...Dengan kondisi hamil menuju 7 bulan, Kesempatan itu terlewat dengan datang nya Brie ke dalam hidup ku, harapan ku, semoga mimpi itu akan datang kembali suatu saat nanti, datang dari seluk beluk rahasia Nya, yang menyapa lewat keajaiban- keajaiban," tulisnya di postingan yang sama. 

Walau banyak orang yang menyayangkan hal ini dan membayangkan betapa serunya bila Acha Septriasa yang memerankan Nagini di kisah Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald, namun mau bagaimana lagi, kan? Maybe next time, Acha. 

fyi
nagini
fantasticbeasts
fantasticbeastscrimesofgrindelwald
achaseptriasa
Written By
Sarah S. Christiani

Hobi menulis, Sarah S. Christiani yang akrab dipanggil Sorasarah mengawali karier menulisnya sebagai reporter di majalah Asian Look, kemudian menjadi fashion writer dan stylist di Bintang Indonesia, serta editor di Teen.co.id dan kini bergabung dengan The Shonet. 

Selain fashion dan K-Pop, Sarah juga hobi traveling, café-hopping dan menghabiskan waktu senggangnya dengan membaca novel dan menonton ulang film kesukaannya, seperti Interview with the Vampire. 

All Comments (0)

Related Article

The Shonet Lookbook