Lifestyle

Tetap Produktif Saat Kerja Dari Rumah dengan 7 Cara Ini!

Tetap Produktif Saat Kerja Dari Rumah dengan 7 Cara Ini!
imdb

Bekerja dari rumah bisa menjadi berkah dan kutukan, ke kantor bisa hal yang terbaik, tetapi bekerja dan tinggal di ruangan yang sama dapat menyulitkanmu untuk memisahkan kerja dan bersantai. Jika kamu menemukan dirimu jauh lebih tidak produktif daripada yang kamu inginkan saat bekerja di rumah, ada beberapa cara nih yang dapat membantumu memaksimalkan efisiensi dan membantumu menyegarkan kembali kehidupan kerjamu yang di rumah.

Nah, di bawah ini ada 7 cara tetap produktif saat kamu harus bekerja dari rumah.

1. Tetapkan rutinitas pagi

Erin Brockovich

Pada dasarnya, pikirkan setiap hari baru seolah-olah kamu menuju ke kantor dengan orang-orang yang sebenarnya. Bawalah peralatan kerjamu dari tempat tidur pada waktu yang sama, minum kopi, mandi, dan berpakaian (tidak perlu pakai celana kantoran, jeans juga tak apa asalkan tidak sepanjang hari kamu kenakan piyama). Bahkan jika kamu tidak akan benar-benar dilihat oleh siapa pun, itu adalah ritual yang mempersiapkanmu untuk setiap hari, menciptakan jarak mental yang diperlukan antara waktu di rumah dan waktu kerja.

2. Buat ruang kantor khusus

Erin Brockovich

Tidak semua orang memiliki ruang cadangan yang dapat mereka jadikan kantor rumahan, tetapi kamu membutuhkan ruang khusus yang memberi sinyal ke otakmu (dan keluargamu) bahwa jika kamu sedang di dalam, berarti kamu sedang bekerja dan tidak bisa diganggu. Kamu bisa gunakan kamar tidur tamu dengan ada meja dan kursi di dalamnya agar kamu lebih fokus bekerja.

3. Kerja sesuai jadwal

Erin Brockovich

Dalam dunia nyata, sama sekali terlalu mudah untuk berada di depan komputermu ketika masih di tempat tidur dan terjebak di sana selama berjam-jam, tiduran, dan tidak mengerjakan apa-apa. Tetapi, jika kamu sedang mengerjakan jadwal harianmu (yang meliputi olahraga, makan, dan istirahat mental), kamu akan dapat mengatur jam reguler, yang membantumu mengatur harimu dan juga memberi tahu klienmu kapan mereka dapat menghubungimu tanpa gangguan.

4. Harus bisa multitasking

Erin Brockovich

Gandakan tugas-tugas di rumah yang perlu dilakukan dengan pekerjaanmu jika kamu harus bekerja di luar kantor. Jadwalkan panggilan telepon saat kamu tidak di tempat. Kamu perlu memeriksa email, memposting ke media sosial, mentatap pemikiran awal tentang proyek yang akan datang, sambil mengerjakan pekerjaanmu yang lain. Ini harus kamu lakukan karena kamu perlu bekerja multitasking agar pekerjaanmu lebih cepat selesai.

5. Lengkapi dirimu untuk bekerja di mana saja

Erin Brockovich

Investasikan barang-barang yang memungkinkanmu bekerja di mana saja. Jika kamu memiliki smartphone, laptop, mobil, dan hotspot WiFi portabel, kamu dapat bekerja di halaman belakang rumah, taman, atau bahkan di dalam mobilmu.

6. Idetifikasi dan hilangkan pemborosan waktu

Erin Brockovich

Entah kamu sadar sudah kehilangan waktu berjam-jam hanya karena kamu sibuk menonton televisi di siang hari, atau kamu menemukan dirimu membuat makan siang yang rumit sehingga memangkas waktu kerjamu, kamu harus lebih menggunakan waktumu sebaik-baiknya. Jangan biarkan waktumu terbuang sia-sia karena kamu melakukan kegiatan yang kurang produktif. Coba buatlah rencana proaktif untuk memperbaikinya.

7. Kerjalah dengan Teknik Podomoro

Erin Brockovich

Dikembangkan oleh seorang pria bernama Francesco Cirillo pada akhir 1980-an, teknik manajemen waktu ini memecah pekerjaan menjadi potongan 25 menit, diselingi dengan jeda 5 menit (dengan waktu lebih lama di tengah hari). Gunakan timer agar kamu tidak terus-menerus memeriksa jam, dan gunakan waktu istirahat 5 menitmu untuk tugas yang cepat seperti cuci piring atau menyiram tanaman.

BACA JUGA: Kurangi Stres dengan Mengelola Waktumu dengan 5 Tips Mudah Ini

Source foto: film Erin Brockovich/Universal Pictures, Columbia Pictures Corporation, Jersey Films 

Itulah 7 cara yang dapat kamu lakukan saat bekerja di rumah, yuk jadi lebih produktif!

THE SHONET Empowerment
THE SHONET Empowerment

THE SHONET APRIL 2019 ISSUE

The Shonet Rilis Edisi Perdana The Shonet Monthly Issue! Simak Preview-nya!

UNIQLO Hana Tajima Spring/Summer Collection 2019

The Shonet x UNIQLO - Hana Tajima Spring/Summer Collection 2019