Beauty

Tipe MUA yang Disukai Klien

By Andaruni Trina Lestari  |   about 2 years ago
Tipe MUA yang Disukai Klien

Beberapa waktu lalu saya iseng bikin survey kecil-kecilan via fitur "questions" Instagram mengenai apa sih yang diharapkan klien dari para makeup artist? Kurang lebih rata-rata jawaban adalah yang bisa membuat nyaman. Disclaimer dulu yaa sebelumnya, jawaban di bawah ini tidak pure dari responden, tetapi beberapa juga merupakan pengalaman pribadi saya sebagai MUA. So, apa saja kah yang perlu diperhatikan oleh para MUA agar klien nyaman dan ingin terus dimakeup oleh kita? Berikut diantaranya yang bisa kita lakukan:

Image from Pexels

1. Datang Tepat Waktu

Yap, literally tepat waktu. Tidak terlalu cepat, apalagi terlambat. "Wahh ko ga boleh kecepetan?? Bukannya malah bagus ya sigap?". Hey ngga juga loh ternyata. Apabila makeupnya di gedung atau tempat umum sih kita datang lebih dulu di lokasi betul ya bagus kalau bisa prepare sebelum klien datang, tapi kalau home service ke rumah atau hotel tempat menginap sebaiknya datanglah sesuai waktu yang sudah disepakati. Kita harus paham bahwa klien pun punya "me time" nya, mungkin dia butuh waktu panjang untuk mandi, mungkin dia belum menyetrika pakaiannya, atau simply butuh waktu tidur lebih lama karena habis lembur mungkin. Alangkah baiknya jika kita pun menghargai privasi mereka bukan? Jika kita membutuhkan waktu untuk prepare, sebaiknya kita sampaikan juga ke klien, misalnya akan mulai makeup jam 5, namun kita perlu 10 menit untuk prepare makeup dan ikut sembahyang, sampaikan saja bahwa kita akan datang 10 menit lebih awal dan jelaskan alasannya, klien pasti maklum. Oh ya ga masalah juga sih sebenarnya kalau kita datang lebih awal untuk mengantisipasi perjalanan, tapi kita cari tempat duduk dulu saja sampai dekat waktu janjian, baru kita hampiri klien tepat pada waktu dan tempat janjiannya.

2. Touch Every Skin with Care

Be gentle. Perlakukanlah wajah klien dengan lembut, terutama saat menyentuh area mata. Ga sedikit kan yaa pasti klien yang perasa, karena itu jangan sampai bikin mereka ga nyaman karena kita grasak-grusuk hingga ga sadar kalau ternyata agak kasar saat aplikasi makeup. Percaya atau tidak, kelembutan saat aplikasi makeup dengan kehalusan hasil makeup berbanding lurus loh katanya :)

Image from Pexels

3. Friendly

Ramah di sini luas yaa, bukan hanya sering tersenyum dan senang menyapa. Klien senang jika MUA nya bisa diajak diskusi soal tips dan trik seputar makeup yang cocok dengannya, atau sharing soal beauty product yang recommended, atau bahkan hanya pembicaraan ringan seputar kehidupan. Walaupun kadang saat makeup lebih efektif jika kita tidak sambil ngobrol, tapi at least kita harus bisa merespon dengan baik saat klien bertanya atau mengajak bicara.

4. Sabar

Usaha di bidang jasa tentu saja menuntut kita punya sikap yang baik terhadap berbagai pihak, terutama klien. Sikap yang penting untuk MUA kuasai diantaranya adalah sabar. Kita semua pasti sudah paham ya bahwa klien juga manusia, punya keunikan. Salah satu contohnya mungkin ada saat-saat mendapatkan klien perfeksionis yang sangat perhatian pada makeup kita dan aktif berkomentar, di situ lah kesabaran kita diuji :'> Tentu saja sebagai klien pasti nyaman kalau MUA nya bisa sabar dan bisa memenuhi harapannya kan yaa. Share dong di kolom komentar, keunikan klien kaya gimana yang pernah kalian temui?

Image from Pexels

5. Menjaga Kebersihan

Sudah pasti kan ya para MUA akan mulai makeup dengan tangan yang bersih, tapi belum tentu tools makeup dan makeup space juga selalu dijaga kebersihannya. Mungkin banyak yaa klien yang tidak peduli saat melihat brush yang kita pakaikan di wajahnya sudah ada warna bedak/blush/contour/etc, tapi sesungguhnya klien sangat senang jika melihat peralatan makeup MUA nya bersih. Setelah selesai makeup juga pastikan bahwa di tempat makeup tidak ada tisu ataupun tempat bulu mata bekas kita yang tercecer. Kebayang ga sih gimana perasaan klien kalo tempatnya jadi berantakan setelah beres makeup dengan kita? Simpelnya sih siapkan saja kantong sampah sendiri, agar jika ada sampah langsung masuk kantong hingga makeup space kita pun tetap clean & tidy.

Itulah diantaranya hal-hal yang diharapkan klien ada pada MUA nya. Gimana Gals setuju ga? Kalau ada yang mau dikoreksi atau ditambahkan, boleh loh yaa komen di bawah :)

Reach me here to book my makeup service.

mua
makeupartist
muajkt
muabdg
inspirasimua
Written By
Andaruni Trina Lestari

Someah girl who loves to support nice products or artworks by raving it, especially local products in Indonesia. I still shoot film and of course an art enthusiast indeed. 

You can look up my portfolio in Instagram @muandaruni :)

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!