Fashion

Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan

By Yopi Saputra  |   25 days ago
Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan

Hi Shonet Babes, 

Sejak awal Juli 2020 lalu, pemerintah provinsi DKI Jakarta sudah mulai melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai dipusat-pusat perbelanjaan. Hal ini dibuat karena sampah plastik yang setiap harinya terus meningkat, salah satunya adalah akibat belanja online yang menjadi hobi baru masyarakat Jakarta khususnya selama PSBB di rumah. Sedangkan untuk mengolah sampah plastik membutuhkan waktu yang cukup lama. 

Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan Doc. Pinterset

Salah satu caranya adalah dengan mengurangi penggunaan sampah plastik di DKI Jakarta khususnya. Maka dari itu pemerintah DKI Jakarta mulai menerapkan kampanye penggunaan tas belanja yang lebih ramah lingkungan atau yang sering kita kenal dengan istilah sustainable. Berikut tips memilih tas belanja untuk hidup yang ramah lingkungan.

 

Tas karung goni

Tas yang berbahan dasar goni bukan hal yang baru lagi bukan? Ya, tas ini menjadi pilihan yang bagus untuk menggantikan kantong plastik. Tas karung goni sering dikenal dengan istilah jute bag, karena terbuat dari bahan serat nabati yang tahan lama serta alami. 

Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan Doc. Pinterset

Tas kanvas 

Tas kanvas sudah menjadi tidak asing lagi ditelinga masyarakat, banyak ragam tas kanvas yang bisa kamu temukan dengan desain dan warna yang menarik. Selain itu tas kanvas dapat digunakan ratusan kali, dan mudah untuk dicuci. Tas kanvas juga mudah terurai secara alami, bahkan tas kanvas yang sudah tidak terpakai bisa banget kamu manfaatkan untuk pot bunga dan sekaligus bisa jadi pupuk kompos, lho !

Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan Doc. Pinterset


Pada saat kamu membeli tas kanvas, kamu perlu perhatikan bahannya juga, ya! saran saya kamu bisa memilih bahan dasar katun karena katun atau kanvas biasanya lebih tahan lama digunakan. 

 

Tas jaring 

Tas belanja jaring atau biasa dikenal dengan sebutan mesh bag ini bisa banget jadi pilihan kamu untuk memuat banyak belanjaan kamu di dalamnya. Selain itu, tas jaring ini juga hadir dalam pilihan dengan warna yang colorful. Selain ramah lingkungan bisa juga menunjang penampilan kamu saat ke pasar. Cucmey

Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan Doc. Pinterset

Tas lipat

Tas lipat biasanya terbuat dari bahan polyester atau nilon yang ringan. Tas lipat bisa dilipat cukup kecil  agar bisa muat di saku celana atau biasanya sering digantungkan di kunci. Karena ukurannya yang kecil sehingga gampang untuk dilipat dan tidak banyak memakan tempat. Selain itu tas lipat juga bisa dicuci dan bisa dipakai kembali. 

Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan Doc. Pinterset

Tas daur ulang 

Buat kamu yang memili banyak t-shirt yang sudah dipakai lagi, jangan langsung dibuang, ya! Karena t-shirt bekas tersebut bisa dikreasikan sebagai tas belanja yang kece, lho! 

Rekomendasi Tas Belanja untuk Gaya Hidup Ramah Lingkungan Doc. Pinterset

Cara membuatnya pun tergolong mudah. Kamu tinggal pilih t-shirt yang sudah tidak dipakai lagi, jika t-shirt-nya tanpa lengan, balik bagian dalam t-shirt dan jahit pada bagian bawahnya lalu balik pada bagian dalam t-shirt-nya, selesai!

 

Sedangkan untuk t-shirt yang tidak memiliki lengan, kamu bisa gulung bagian lengan ke bagian dalam terlebih dahulu dan jahit gulung tersebut agar terlihat rapi. Kemudian sama dengan t-shirt tanpa lengan, kamu bisa membalikan t-shirt tersbeut ke bagian dalam dan jahit pada bagian bawah. Lalu balik kebagian dalam t-shirt. Tada jadi deh Tas kece belanja kece dari t-shirt

 

Nah, itu tadi rekomendasi tas belanja ramah lingkungan yang bisa kamu pakai sesuai dengan kebutuhan dan personal style-mu, ya! Selamat mencoba. 

 

Penulis : Yopi Saputra
Sumber gambar : Pinterest 

Tas Daur Ulang
Tas Belanja
Tas Lipat
Tas Kanvas
Tas Jaring
Written By
Yopi Saputra

Yopi Saputra adalah Blogger muda Indonesia. Mulai menulis untuk Blog pribadi sejak 2009 untuk konten Lifestyle dan memiliki passion menulis mengenai Fashion. Ia merupakan bagian dari JFW Official Blogger 2019. Kini ia bekerja sebagai Creative Content Writer di salah satu perusahaan di Jakarta. Setiap akhir pekan, ia selalu habiskan dengan menjadi penulis lepas untuk konten Fashion dan Lifestyle terkadang juga menjadi stylist dan personal shopper untuk client. 

 

 

All Comments (0)

Related Posts

The Shonet Monthly Issue
The Shonet Monthly Issue

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!