Beauty

Tips Mudah Hilangkan Ketombe Membandel dengan Cuka Apel

By Mestika Safrini Nasution  |   about 2 years ago
Tips Mudah Hilangkan Ketombe Membandel dengan Cuka Apel

Ketombe merupakan masalah rambut yang paling umum dialami oleh semua orang dan kalian sebenarnya bisa mencoba menghilangkannya dengan cuka apel, lho. 

Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab munculnya ketombe membandel pada kulit kepala dan rambut. Memakai shampo anti ketombe mungkin nggak cukup ampuh untuk menghilangkan ketombe. Kenapa nggak, kamu mencoba cara yang lebih alami menggunakan cuka apel? Yuk, simak manfaat cuka apel untuk menghilangkan ketombe berikut ini!

1. Sebagai antijamur dan antibakteri

Hair
Sebagai antijamur dan antibakteri

Cuka apel memiliki sifat antijamur dan anti bakteri yang efektif membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Cuka apel juga dapat membantu membunuh bakteri dan jamur penyebab ketombe dengan maksimal.

Coba lakukan pijat kepala menggunakan cuka apel. Caranya, aplikasikan tiga sendok cuka apel ke kulit kepala sambil dipijat lembut. Lalu, diamkan selama 10 menit hingga cuka apel meresap sempurna ke dalam kulit kepala. Lalu, bilas dan keramas seperti biasa menggunakan shampo dan kondisioner.

2. Menyeimbangkan pH di kulit kepala

Hair
Menyeimbangkan pH di kulit kepala

Ketidakseimbangan pH di kulit kepala merupakan salah satu penyebab masalah ketombe. Menggunakan cuka apel dapat menyeimbangkan pH kulit kepala dengan baik.

Campurkan dua sendok cuka apel ke dalam satu gelas air, sisihkan. Lalu, keramaslah seperti biasa menggunakan shampo dan kondisioner. Setelah dibilas, siram rambutmu dengan campuran cuka apel dan air sebagai bilasan terakhir. Hal ini akan membantu menjaga keseimbangan pH kulit kepala sekaligus membuat rambutmu tampak lebih sehat dan berkilau.

3. Membersihkan kulit kepala dan rambut

Chamomile Tea
Membersihkan kulit kepala dan rambutCaption

Seringnya menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung kimia dapat menyumbat folikel rambut. Sehingga dapat menyebabkan timbulnya ketombe. Cuka apel dapat membersihkan kulit kepala dan rambut dari produk kimia.

Gunakan satu sendok cuka apel dengan satu cangkir teh chamomile yang sudah diseduh dan sisihkan. Keramaslah seperti biasa, lalu bilas rambutmu hingga bersih. Lalu, tuangkan campuran cuka apel tersebut ke seluruh rambutmu sebagai bilasan terakhir. Teh chamomile yang dicampur dengan cuka apel dipercaya dapat menghilangkan ketombe yang gatal sekaligus menenangkan kulit kepala.

4. Anti peradangan dan menenangkan kulit kepala

Tea Tree Oil
Anti peradangan dan menenangkan kulit kepala

Selain antijamur dan antibakteri, cuka apel juga memiliki sifat anti peradangan pada kulit kepala yang mengelupas. Nggak hanya itu, cuka apel juga dapat membantu menenangkan kulit kepala karena iritasi.

Kamu bisa mencampurkan cuka apel dengan tea tree oil. Kedua bahan alami ini ketika dicampur akan mampu mengatasi masalah pengelupasan kulit kepala. Campurkan tiga sendok cuka apel dengan tiga tetes tea tree oil, aduk hingga rata. Aplikasikan pada kulit kepala sambil dipijat lembut. Diamkan selama 10 menit dan bilas rambutmu menggunakan shampo dan kondisioner seperti biasa.

Foto: Pexels, Stylecraze

BUat kalian yang punya komedo membandel, coba hilangkan dengan cuka apel, ya. 

beauty
tips
rambut
cukaapel
ketombe
kulitkepala
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!