Lifestyle

Usir Bau Mulut dan Nafas Tak Sedap dengan 5 Cara Mudah Ini

By Mestika Safrini Nasution  |   about 2 years ago
Usir Bau Mulut dan Nafas Tak Sedap dengan 5 Cara Mudah Ini

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah bau mulut dan nafas tak sedap. Tentu saja hal ini sangat mengganggu, kan? Apalagi jika aktivitasmu sering bertemu dengan banyak orang.

Menjaga kesehatan mulut juga merupakan hal yang penting dilakukan untuk tetap tampil prima. So, berikut ini cara mudah yang bisa kamu coba untuk usir masalah bau mulut dan nafas tak sedap.

1. Gosok gigi dengan rutin

Tooth Brush
Gosok gigi dengan rutin

Cara yang paling mudah dan ampuh mencegah bau mulut dan nafas tak sedap adalah rutin menggosok gigi. Gosok gigi dapat membantu membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di gigi serta membantu menghilangkan karang gigi. Gosoklah gigimu setiap 3 kali dalam sehari, pagi hari sebelum beraktivitas, siang hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur.

2. Gunakan mouthwash

Mouth
Gunakan mouthwash

Mouthwash nggak hanya ampuh membersihkan sisa-sisa makanan hingga ke sela-sela gigi, tapi juga mampu menyegarkan nafas. Pilihlan mouthwash yang nggak mengandung banyak alkohol agar nggak merusak gigi. Berkumurlah dengan mouthwash setiap kali sehabis menggosok gigi.

3. Banyak minum air putih

Air Putih
Banyak minum air putih

Salah satu penyebab munculnya masalah bau mulut dan nafas tak sedap adalah keringnya bagian rongga mulut. Sebab itu, banyaklah minum air putih untuk mencegah bau mulut dan nafas tak sedap. Selain itu, minum banyak air putih pun membuat tubuhmu tetap terhidrasi dengan baik.

4. Makan banyak buah dan sayur

Smoothies
Banyak makan buah dan sayur

Ada beberapa makanan yang justru jadi pemicu masalah bau mulut dan nafas tak sedap. Seperti misalnya bawang putih, makanan pedas, kopi atau soda. Sebaiknya hindari makanan penyebab bau mulut dan menggantinya dengan perbanyak makan buah-buahan dan sayur.

5. Coba ramuan alami

Daun Sirih
Daun Sirih

Kamu juga bisa menghilangkan masalah bau mulut dan nafas tak sedap dengan rajin berkumur menggunakan ramuan alami, nih! Salah satunya dengan daun sirih. Daun sirih dapat menetralisir bau pada mulut serta membuat nafasmu lebih segar. Rendamlah daun sirih dengan air hangat, lalu gunakan air rendaman daun sirih sebagai obat kumur alami. Lakukan secara rutin setiap hari.

Foto: Pexels, Pinterest

Coba 5 cara mudah di atas kalau kalian punya masalah bau mulut, ya! 

baumulut
fyi
perawatanmulut
nafastaksedap
mouth
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!