Beauty

Wajah Jadi Kusam Saat Menstruasi? Ini 6 Hal yang Wajib Kita Lakukan!

By Jana Miani  |   about 2 years ago
Wajah Jadi Kusam Saat Menstruasi? Ini 6 Hal yang Wajib Kita Lakukan!

Saat menstruasi terjadi perubahan hormon pada tubuh kita terutama pada kulit dan salah satu tandanya seperti munculnya jerawat dan wajah yang jadi kusam.

Kita tidak perlu khawatir karena hal tersebut wajar dan dialami setiap perempuan. Tapi sebenarnya wajah kusam saat menstruasi dapat dicegah dan diatasi dengan melakukan perawatan dan menjaga kesehatan kulit. Ini dia yang wajib kita lakukan agar kulit tetap cerah dan segar saat menstruasi.

Banyak minum air putih

stylecaster.com

Air putih dapat menghilangkan racun dalam tubuh sehingga hormon menjadi seimbang. Mengonsumsi air putih juga dapat melancarkan aliran darah sehingga wajah jadi enggak bengkak serta tampak lebih cerah.

Pakai skincare yang yang aman

rd.com

Biasanya selama menstruasi wajah akan terlihat lebih kusam dari biasanya. Hal itu disebabkan karena hormon yang enggak seimbang. Oleh karena itu, supaya wajah enggak kusam kita perlu memakai skincare yang lembut dan enggak mengandung alkohol serta pewangi. Gunakan skincare yang terbuat dari green tea, chamomile, hyaluronic acid dan argan oil.

Memakai pelembap

skincare.com

Saat menstruasi, kita kehilangan pelembap alami pada wajah dan wajah akan menjadi lebih kering sehingga telihat kusam. Makanya kita perlu memakai pelembap atau serum yang dapat melembapkan kulit secara mendalam. Pilihlah serum yang mengandung hyaluronic acid yang dapat menghidrasi kulit dengan baik.

Selalu gunakan sunscreen

independent.co.uk

Kulit kita akan lebih sensitif terkena sinar ultra violet saat menstruasi dibanding biasanya. Makanya saat beraktivitas di luar ruangan kita harus lebih sering memakai sunscreen atau sunblock supaya wajah enggak kusam akibat sinar matahari.

Jangan lakukan facial

meetdoctor.com

Mugkin kita pernah mendengar kalau saat menstruasi kita enggak boleh melakukan facial. Hal itu disebabkan karena pada saat facial, kulit kita jadi lebih sensitive dan mudah luka sehingga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Waktu yang pas untuk melakukan facial yaitu dua minggu setelah menstruasi.

Olahraga

citymagazine.rs

Banyak yang bilang kalau kita enggak boleh berolahraga saat menstruasi karena tubuh sedang dalam keadaan lemah, itu cuma mitos girls! Faktanya berolahraga saat menstruasi itu baik lho untuk tubuh karena akan menyeimbangkan hormon dan mengurangi wajah kusam dan bengkak saat menstruasi.

Coba lakukan 6 hal di atas agar wajah kalian nggak kusam saat menstruasi ya, Babes! 

skincare
menstruasi
tipscantik
fyi
wajahkusam
Written By
Jana Miani

Hey! Thanks for come around, I'm currently working as a fashion and beauty content writer. I love beauty stuff especially local and natural skincare. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!