Lifestyle

Wajib Baca, Ini 6 Trik Psikologis yang Membuatmu Menjadi Lebih Sukses

By Zahra Aminati  |   about 2 years ago
Wajib Baca, Ini 6 Trik Psikologis yang Membuatmu Menjadi Lebih Sukses

Menjadi sukses memang butuh kerja keras, tapi ada juga 6 trik psikologis yang bisa membantumu dalam mencapainya.

Agar menjadi sukses, kamu perlu membuat dirimu tetap semangat. Kamu bukan hanya perlu membangun kecerdasanmu, dan memecahkan setiap masalah, kamu juga harus memperhatikan setiap aspek kehidupanmu dan memastikan kamu berkejra dengan kemampuan terbaikmu. Untuk menjadi lebih sukses, kamu hanya perlu menerapkan beberapa trik psikologis yang mampu menuntunmu menuju kesuksesan, bukan hanya untuk dirimu sendiri tapi juga untuk meningkatkan kariermu.

1. Menjadi orang yang bisa dipercaya

Black Swan

Ada cara yang benar dan ada cara yang salah untuk melakukan hal ini. Dengan meyebut nama seseorang, kamu dapat membangun kepercayaan. Hal ini berguna di tempat kerja, di wawancara kerja, dan di kehidupan sehari-hari. Pastikan untuk mengingat nama orang sudah berkenalan denganmu dan coba untuk sering memanggilnya agar tidak lupa. Namun, jangan terkesan sering menyebut namanya tanpa tujuan yang jelas karena itu hanya membuat dirinya risih. Usahakan memanggil nama mereka dengan cara yang kasual dan tidak seperti memaksa. Lakukan ini agar membuat mereka menganggap dirimu sebagai teman yang dapat dipercaya.

2. Meningkatkan daya otakmu

Black Swan

Penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan bahasa kedua dapat menunda penyakit penurunan kinerja otak hingga lima tahun ke depan. Mempelajari bahasa asing akan meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan kemampuan mendengar kamu yang menyebabkan otakmu memiliki daya ingat yang baik. Meningkatkan daya otakmu penting untuk kehidupanmu yang sukses. Jadi, mulailah belajar bahasa asing menggunakan aplikasi seperti Duolingo dan coba pelajari bahasa-bahasa asing lainnya, dan praktekkan percakapan yang ada di dalamnya.

3. Menjadi pribadi yang positif

Black Swan

Berterima kasih dan membuat daftar hal-hal yang kamu syukuri, lepaskan hormon dopamin. Hal ini akan meningkatkan suasana hatimu dan membantumu menjadi orang yang lebih bahagia. Jika kamu ingin menjadi seseorang yang berpengaruh positif di sekitarmu, mulailah dengan sesuatu yang kamu miliki dan ucapkan terima kasih karena sudah memiliki itu. Tulis hal yang kamu akan lakukan dan mulailah dengan sepuluh hal yang harus kamu syukuri setiap pagi. Catat juga perasaan hatimu setiap pagi.

4. Kembangkan pengendalian dirimu

Black Swan

Trik ini cukup kreatif jika kamu ingin belajar mengendalikan emosi atau membangun disiplin diri, mulai dengan melatih bagian otakmu yang biasanya tidak digunakan. Salah satu trik cepat melatih otakmu adalah dengan mengganti tanganmu yang biasanya digunakan untuk menggosok gigi. Menggosok gigi dengan menggunakan tangan yang tidak bisa digunakan akan berpengaruh pada bagian otakmu yang biasa tidak diaktifkan. Menurut beberapa penelitian, cara tersebut dapat berpengaruh mengingkatkan pengendalian emosimu.

5. Lepaskan emosimu

Black Swan

Kadang-kadang ketika hati memanas, orang-orang cenderung menghindari konfrontasi dan itu terjadi di semua lapisan masyarakat. Ketika emosimu memuncak kamu akan sulit mengatasinya dengan kepala dingin. Cara terbaik menanggapi emosimu adalah lepaskan semua emosi, stres, dan semua yang membebanimu. Tuliskan semua emosimu yang sedang meningkat dan biarkan imajinasi bersatu dengan emosi. Dengan melepaskan emosimu lewat menulis, kamu akan merasa lebih sehat secara emosional dalam waktu yang singkat.

6. Menangkan setiap argumen

Black Swan

Mungkin kamu tidak akan bisa memenangkan setiap argumen. Namun, ketika kamu sedang terlibat dalam perdebatan yang panas, yang harus kamu lakukan adalah meminta pihak lain untuk menjelaskan permasalahan tersebut dari sudut padang mereka. ajukan banyak pertanyaan yang memberikan sinyal kecil kepada pihak lain yang menunjukkan bahwa kamu berempati dengan mereka serta paksa mereka (dalam arti tidak membentak) untuk memikirkan hal-hal dengan cara yang berbeda. Ini akan membantu mengurangi kepanasan dalam situasi dan membuat semua perdebatan dapat terkendali.

Baca Juga: Bosan dengan Media Sosial? 5 Cara Ini Bisa Membuatmu Berhenti Main Medsos

Source foto: film Black Swan/Fox Searchlight Pictures, Cress Creek Pictrures, Protozoa Pictures

Enam trik psikologis ini akan membantumu menunju kesuksesan lho, Babes! Kamu hanya perlu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari dan jadilah dirimu sendiri!

lifestyle
karier
trikpsikologis
psikologis
triksukses
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!