Beauty

Wajib Tahu, Apa Saja Manfaat Jintan Hitam Untuk Kecantikan Kulit

By Mestika Safrini Nasution  |   about 2 years ago
Wajib Tahu, Apa Saja Manfaat Jintan Hitam Untuk Kecantikan Kulit

Menjaga kecantikan kulit merupakan hal yang sangat penting. Siapa sih, yang nggak ingin punya kulit yang cerah, bersih dan halus? Selain rajin merawatnya dengan produk skincare, kamu juga bisa mencoba menggunakan bahan alami, seperti jintan hitam. So, apa saja manfaat baik jintan hitam untuk kecantikan kulitmu? Let's check it out!

1. Mengobati jerawat

Acne Face
Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang paling sering dialami oleh semua orang, khususnya para cewek. Tapi dengan menggunakan jintan hitam, jerawatmu akan lebih mudah diobati. Caranya tumbuk jintan hitam hingga halus, lalu campurkan dengan satu sendok madu, aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada bagian wajah yang berjerawat. Diamkan beberapa menit dan bilas hingga bersih.

2. Sebagai anti inflamasi

Acne Face
Sebagai anti inflamasi

Jintan hitam juga dapat bermanfaat untuk mengatasi inflamasi atau peradangan pada kulit. Kandungan thymoquinine pada jintan hitam sangat efektif mengatasi peradangan kulit karena bengkak atau terbentur. Campurkan jintan hitam yang sudah dihaluskan dengan madu dan cuka, aduk rata. Kemudian, oleskan pada bagian kulit yang meradang sambil dipijat lembut.

3. Meremajakan kulit

Flawless Face
Meremajakan kulit

Semua cewek pasti mendambakan kulit wajah yang sehat dan kencang. Sebab itu, berbagai cara sudah dilakukan termasuk pergi ke ahli dermatologist. Tapi, jika hasilnya nihil, kenapa nggak kamu coba menggunakan minyak jintan hitam? Caranya, oleskan minyak jintan hitam pada wajah, lalu tutupi dengan handuk lembap selama 15 menit. Kemudian, bilas hingga bersih.

4. Sebagai facial scrub alami

Scrubbing
Sebagai facial scrub alami

Melakukan eksfoliasi kulit wajib kamu lakukan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Kamu bisa menggunakan minyak jintan hitam sebagai facial scrub alami di rumah. Campurkan dua sendok minyak jintan hitam dengan satu sendok gula, aduk rata. Oleskan pada wajah sambil digosok perlahan. Setelah rata dan meresap, bilas hingga bersih.

Jadi, sudah tahu kan, apa saja manfaat jintan hitam untuk kecantikan kulitmu? Yuk, coba dari sekarang!

Foto: Allure, Health Magazine, Models.com, The Trent Online

beauty
kecantikan
kulitwajah
jintanhitam
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (1)
Nindhita Yusvantika Artikel yang bermanfaat dan menarik. Salah satu profesor saya dari Universitas Airlangga, Indonesia telah melakukan penelitian mengenai minyak jinten hitam yang di uji cobakan ke hewan coba tikus dan ternyata minyak jinten hitam dapat mempengaruhi/menstabilkan sistem imun pada hewan coba. Untuk informasi lebih jelasnya,akan saya bagikan link artikel di bawah ini. Selamat membaca dan semoga bermanfaat http://news.unair.ac.id/2020/02/10/minyak-jinten-hitam-nigella-sativa-sebagai-imunomodulator/ Terima Kasih
8 months agoReply

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!