Beauty

Wajib Tahu, Apa Saja Sih Mitos dan Fakta Seputar Kulit Kering?

By Mestika Safrini Nasution  |   about 2 years ago
Wajib Tahu, Apa Saja Sih Mitos dan Fakta Seputar Kulit Kering?

Kulit kering merupakan salah satu masalah kulit yang paling sering dialami oleh semua cewek. Banyak faktor penyebab masalah kulit kering tersebut, misalnya sering terpapar sinar matahari, debu dan polusi sehingga menjadi tampak kusam.

Tapi, jangan terburu-buru mengatasinya hanya berdasarkan mitos ya, girls! Pastikan kamu tahu fakta yang tepat agar masalah kulit kering teratasi dengan cepat.

Apa saja, sih mitos dan faktanya? Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Sering Terpapar Sinar Matahari Bikin Kulit Makin Kering

Photograph by Jamie Nelson

Suhu panas dan paparan sinar matahari memang bisa membuat kulitmu semakin kering. Tapi nggak hanya suhu panas saja, berada di ruangan ber-AC pun bisa menghilangkan kelembapan alami kulit, lho.

Jadi, rutinlah menggunakan pelembap dan tabir surya yang memiliki SPF agar kulitmu tetap terhidrasi dengan baik.

2. Minum banyak air putih bisa atasi kulit kering

Foodie post

Memang betul, banyak minum air putih memang bisa mengatasi kulit kering. Pastikan asupan air putih yang kamu minum sebanyak 8 gelas atau 1,5 liter per hari agar kulitmu tercegah dari kondisi dehidrasi dan tetap lembap.

3. Kulit kering bisa membuat kulit menjadi lebih sensitif.

Photograph by Jamie Nelson

Yup! Kulit kering memang lebih mudah terkena iritasi dan gatal sehingga terasa sensitif. Jadi, sebaiknya rajin menggunakan pelembap untuk menjaga kelembapan alami kulitmu. Nggak hanya itu, kamu juga harus rajin membersihkan kulit wajahmu setiap hari menggunakan cleanser yang mengandung formula lembut.

Berdasarkan survey dari 364 anggota Home Tester Club (HTC) sebanyak 98% perempuan Indonesia setuju bahwa Cetaphil Gentle Skin Cleanser baik untuk kulit bahkan untuk kulit yang sensitif. Karena mengandung formula yang lembut, tanpa pewangi dan banyak busa berlebihan jadi sangat aman diaplikasikan pada wajah setiap hari.

4. Berenang bisa bikin kulit semakin kering

Photograph by Jamie Nelson

Sebenarnya bukan aktivitas berenangnya yang membuat kulit jadi semakin kering. Tapi, kandungan kaporit yang terdapat di dalam air kolam renanglah yang bisa membuat kulit jadi kering dan kusam.

So, pastikan kamu memakai sunblock atau lotion sebelum berenang agar kulit tetap lembap.

5. Kulit kering bikin banyak kerutan?

Kulit kering rentan terhadap keriput dan garis-garis halus yang dapat membuat kulit tampak lebih tua. Selain merawat kulit dari luar, cobalah merawatnya dari dalam dengan mengonsumsi sayuran, gandum dan buah yang mengandung vitamin E untuk menutrisi kulit dengan baik.

beauty
cetaphil
kulitkering
perawatankecantikan
Written By
Mestika Safrini Nasution

Mestika aktif di dunia print media sejak lulus bangku kuliah. Tahun 2010 adalah awal karir ia sebagai Fashion Stylist di majalah Cita Cinta, lalu di tahun 2011 ia pindah ke majalah Gadis sebagai Senior Editor Fashion & Beauty hingga tahun 2016. Sebelum memutuskan menjadi freelance, ia juga sempat menjadi Editor Lifestyle di Liputan6.com

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!