Lifestyle

Waspada, 5 Kesalahan di CV Ini Bisa Bikin Perusahaan Malas Merekrutmu!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Waspada, 5 Kesalahan di CV Ini Bisa Bikin Perusahaan Malas Merekrutmu!

CV atau Riwayat Data Pribadi adalah kunci untuk membantumu mencari pekerjaan selanjutnya, tapi kalau ada beberapa kesalahan di CV, bisa-bisa perusahaan malas merekrutmu. 

Semua perekrut kerja pasti akan melihat pertama kali apa yang terdapat dalam CV-mu. Makanya, kamu harus memperhatikan dengan jelas dan lihat apakah CV-mu sudah benar dan tidak ada kesalahan lagi? Tapi, namanya juga manusia, tidak luput dari salah.

The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society

Kamu harus tahu, ternyata ini lho 5 kesalahan yang sering terdapat di CV-mu menurut Robert Walters Indonesia.

1. Typo, kesalahan penulisan atau ejaan yang salah

The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society

Kesalahan seperti ini dapat sering terjadi, tapi jangan biarkan para perekrut kerja melihat kesalahan ini. Hal ini akan berdampak pada kesan pertama perusahaan tersebut melihatmu. "Banyak sekali CV yang kami terima berisi kesalahan penulisan atau ejaan yang salah," kata Robert Walters di websitenya. Sebelum mengirim CV-mu ke perusahaan yang kamu inginkan, coba cek dengan hati-hati. Pastikan periksa penulisan huruf kapital, nama gelar, kontak, dan lain-lain. Kalau kamu tidak mengetahui tentang penulisan yang tepat, kamu bisa minta bantuan temanmu untuk menulis CV-mu.

2. Foto dan font, ukuran dan warna yang tidak sesuai

The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society

Dari waktu ke waktu kita selalu melihat CV yang terdapat foto pelamar kerja di atasnya, ditulis menggunakan tulisan berwarna atau pada kertas desain yang unik. Menurut Robert Walters Indonesia, ini hanya akan membuat CV-mu lebih terlihat tapi tidak menarik. Pastikan untuk tidak memberikan font dengan tampilan yang aneh-aneh. Dihias boleh tapi kalau berlebihan dan tidak ada isinya, CV-mu tetap akan dilewati begitu saja. Perhatikan juga foto yang digunakan. Kalau kamu melamar kerja di perusahaan korporat, kamu bisa menggunakan pas foto resmi.

3. Sedikitnya penjelasan

The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society

Ketika perusahaan melihat CV-mu, mereka perlu tahu apa yang telah kamu capai dan kerjakan pada pengalamanmu sebelumnya. Mereka juga ingin melihat relevansinya antara pekerjaan sebelum dengan pekerjaanmu yang baru. Misal, jika dulunya kamu pernah bekerja sebagai penulis, kamu harus tuliskan dengan jelas kamu menulis tentang apa, berapa banyak yang harus kamu tulis, dan jabarkan semuanya dengan jelas. Kalau kamu hanya memberi tahu kamu pernah kerja di suatu perusahaan tapi kamu tidak menjelaskan jobdesk-mu apa, perusahan yang kamu daftari ini akan tidak menindaklanjuti CV-mu.

4. Kalimatnya terlalu panjang dan penjelasannya terlalu rumit

The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society

Jika kamu menggunakan kata-kata yang terlalu panjang atau kalimat yang rumit di CV-mu, kamu juga akan mempersulit perekrut untuk mencari tahu apa yang sebenarnya yang telah kamu capai. Gunakan poin-poin yang tepat untuk menambah kejelasan pekerjaanmu sebelumnya. Periksa kembali CV-mu sebelum dikirimkan, dan jika ada kalimat yang rumit, kamu bisa ganti itu.

5. Informasi kontak yang salah

The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society

"Ada beberapa hal yang membuat frustrasi seorang perekrut, salah satunya ketika dia menemukan CV yang bagus di hadapannya tapi dia tidak dapat menghubungi pelamar itu," kata Robert Walters Indonesia di websitenya. Maka dari itu, cobalah berikan informasi kontak yang benar dalam CV-mu. Kalau tidak, ketika kamu sebenarnya diterima kerja tapi karena kamu tidak dapat dihubungi, jadinya perekrut akan melanjutkan pelamaran dengan pelamar yang lain.

BACA JUGA: Inilah yang di Butuhkan Agar CV Kamu dilirik Perusahaan

Source foto: film The Guernsey Literary and Potato Peel Pie Society/Amazon Prime Video,Blueprint Pictures,Canal+

Kamu mau lamar kerja dan bingung, coba cek 5 kesalahan yang sering terdapat di CV ya Babes! Ini akan menghindarimu melakukan kesalahan yang sama.

lifestyle
kerja
karier
cv
kesalahancv
lamarkerja
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!