Lifestyle

Waspada, Ini 7 Tanda Kesendirianmu Sebenarnya Bentuk dari Kecemasanmu

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Waspada, Ini 7 Tanda Kesendirianmu Sebenarnya Bentuk dari Kecemasanmu

Kesendirian sering kali dapat membangkitkan banyak perasaan, kan? Jika kamu merasa tidak nyaman secara mental dan fisik ketika kamu sendirian, masuk akal jika kamu mengaitkan perasaan itu dengan kesepian! Namun, terkadang kesendirian itu ternyata bentuk dari kecemasanmu.

Maka mencari tahu akar masalah kondisi mentalmu dapat membantumu menemukan cara terbaik saat kamu sendirian atau pun bersama orang lain. "Dengan kecemasan dan kesepian yang meningkat, mungkin sulit mengetahui apa yang menjadi akar masalah tersebut, "kata psikolog Doreen Dodgen-Magee, Psy. D. "Ketika perasaan yang kamu anggap kesepian itu sudah mencapai gejala fisik seperti sulit bernapas, benjolan di tenggorokan, merasa takut atau waspada berlebihan, bisa jadi itu bentuk dari kecemasanmu," tambahnya.

Berikut tanda kesendirianmu yang sebenarnya bentuk dari kecemasan.

1. Kamu menolak peluang untuk bersosialisasi

The Edge of Seventeen

Dengan kecemasan, kamu cenderung menolak undangan untuk main dan bersosialisasi. "Orang yang kesepian umumnya akan menerima undangan untuk bersosialisasi, sedangkan orang yang gelisah dan memiliki kecemasan sosial akan cenderung tertutup pada undangan sosialisasi," kata psikolog klinis Dr. Carla Marie Manly. Jika ini menjadi masalah, mungkin sudah saatnya kamu berkonsultasi dengan psikolog.

2. Kamu merasa tersiksa karena takut dan khawatir

The Edge of Seventeen

Ketika kesepian berasal dari kecemasan, biasanya disertai dengan kekhawatiran dan ketakutan kronis. "Dalam kasus di mana kekhawatiran terus-menerut adalah masalah, seorang individu dapat terlihat kesepian ketika mereka benar-benar terganggu oleh pikiran tanpa henti yang menghasilkan perasaan butuh "waktu istirahat" dari segala hal dan semua orang, termasuk pikiran mereka sendiri," kata Dr. Manly.

3. Kamu merasa sangat lelah

The Edge of Seventeen

Ketika kamu merasakan kecemasan, kamu cenderung merasa lelah dan berasa telah menghabiskan banyak waktu, bahkan ketika jadwal dan aktivitasmu tidak terlalu padat. "Seorang individu yang merasa kesepian akan sering memiliki cadangan energi dan akan menikmatinya dengan keluar, bersenang-senang, dan terlibat komunikasi dengan orang lain," kata Dr. Manly. "Namun, seseorang yang menderita kecemasan sering kali sangat lelah dengan kecemasan kronisnya sehingga mereka akan memilih keluar dari kegiatan yang tidak penting demi tidur atau tinggal di rumah."

4. Kamu memiliki ketegangan otot

The Edge of Seventeen

Jika kamu memiliki sakit kepala atau ketegangan otot, kemungkinan kesepianmu itu bentuk dari kecemasan. "Mereka yang sering menderita kecemasan sering mengalami ketegangan otot di beberapa bagian tubuhnya," kata Dr. Manly. "Ketegangan otot yang sedang berlangsung yang bukan merupakan hasil dari latihan fisik atau kondisi medis dapat menjadi gejala kecemasan. Adanya atau tidak adanya ketegangan otot dapat menjadi alat yang membantu dalam membedakan antara cecemasan dan kesepian." Dan jika kamu masih memiliki pertanyaan, mungkin kamu bisa berkonsultasi pada dokter dan ahlinya.

5. Kamu takut ditinggalkan

The Edge of Seventeen

Kecemasan dapat menyebabkan rasa takut ditinggalkan dalam hubungan yang kadang dapat menyebabkan ketergantungan. "Meskipun ini mungkin terasa menyanjung pada awalnya, hubungan yang dibangun di atas kebutuhan yang gelisah dapat mengesampingkan objek perhatian orang yang gelisah," kata Psikolog berlisensi Dorian Crawford, Psy. D. "Pada akhirnya, orang yang berjuang dengan disregulasi relasional/keterikatan ini akan secara tidak sengaja mengodorong orang mernjauh dengan berusahan bertahan dengan terlalu ketat. Hasil akhirnya adalah hubungan yang intens dan kehilangan dan kesepian yang hampir tidak tertahankan." Jika kamu menemukan dirimu dalam situasi ini, lebih baik kamu terbuka dengan pasangan dan berkonsultasilah pada psikolog.

6. Kamu mudah tersinggung

The Edge of Seventeen

"Kecemasan dapat membuat seseorang merasa mudah tersinggung atau di luar kendali," kata Crawford. "Sebagai akibatnya mereka mungkin pemarah, tidak bisa ditanggung, atau sulit untuk terlibat. Akibatnya, banyak orang yang memberikan istirahat yang luas kepada mereka yang mengalami kegelisahan internal. Bahkan jika seseorang ingin menjadi di sekitar orang lain, mereka mungkin dianggap orang yang sulit. Dihindari oleh orang lain seperti inilah yang membuat perasaan tersisih, diabaikan, dan kesepian muncul."

7. Kamu terus menerus memeriksa ponsel dan media sosialmu

The Edge of Seventeen

"Jika kamu tidak dapat berhenti melihat teks atau media sosial untuk melihat apakah ada yang menghubungimu untuk sebuah acara atau jika kamu membuka kalender dan melihat agenda dan panik ketika tidak ada acara, berarti kamu takut berada dengan dirimu sendiri," menurut Neuropsikolog Dr. Sanam Hafeez. "Jika kamu melirik media sosial dan melihat beberapa orang datang ke pesta, kemudian kamu merasakan kesepian, itu sebenarnya adalah perasan kecemasan karena tersisih dalam pergaulan."

BACA JUGA: 6 Tanda yang Dilakukan Pasanganmu yang Menunjukkan Bahwa Dia Sudah Tidak Cinta Lagi

Source foto: film The Edge of Seventeen/Gracie Films,Huayi Brothers Media,Robert Simonds Productions

Nah, itulah 7 tanda kesendirianmu yang ternyata merupakan kecemasanmu, kamu mengalami salah satunya nggak?

lifestyle
relationship
dirisendiri
hubungan
kesendirian
kecemasan
kesendirianmerupakanbentukkecemasan
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!