Become The Shonet Insider!

Lifestyle

Yakin Hubungan LDR-mu Berjalan Lancar? Cek Dulu dari 5 Tanda Ini!

By Zahra Aminati  |   about 1 year ago
Yakin Hubungan LDR-mu Berjalan Lancar? Cek Dulu dari 5 Tanda Ini!

Ketika kamu menjalani hubungan jarak jauh, atau LDR, pasti kamu akan ketakutan hubunganmu nggak lancar. Membuat hubungan LDR-mu lancar itu bukan hal yang mudah.

Kamu pun berpikir musuh terbesar dari LDR adalah jarak, padahal musuh terbesar dari setiap hubungan adalah ego masing-masing pasangan. Ya, memang tidak ada yang sempurna, tapi kalau saling menerima pasti hubungan LDR-mu berjalan lancar.

Nah, ternyata 5 tanda ini menunjukkan bahwa sebenarnya LDR-mu berjalan lancar, lho!

1. Kamu menyediakan waktu untuk saling berkomunikasi dengan pasangan

On Your Wedding Day

Kunci penting dalam hubungan jarak jauh adalah memastikan bahwa kamu dan pasangan saling berkomunikasi rutin satu sama lain sebagai prioritas. Karena kamu dan pasangan tidak bisa menghabiskan waktu sesering pasangan normal, maka obrolan di video call dan telepon adalah hal paling penting.

"Memiliki waktu berkomunikasi rutin dengan pasangan menjadikan kamu dan hubungan jadi lancar. Komunikasi bisa dilakukan lewat pesan singkat, atau di media sosial, dan sekarang itu memudahkan hubunganmu," kata pelatih hubungan Adam Maynard.

2. Kamu berdua jujur apa yang kamu butuhkan

On Your Wedding Day

Berkata jujur tentang kebutuhanmu dan sebaliknya dapat membuat perubahan besar dalam hal kelancaran hubungan LDR-mu. Tentu saja, kamu mungkin masih sering memiliki perbedaan pendapat dengan pasangan, tapi jika kamu langsung dan terbuka, makan hal ini akan menjadi yang terbaik. "Memang sulit, tapi hal ini sangat penting untuk membicarakan pada pasanganmu tetang perasaanmu tentang apa yang kamu butuhkan. Dimulai dari mengakui dan menerima bahwa kalian secara fisik terpisah dan bagaimana itu memengaruhi hubungan kalian berduan," kata ahli hubungan dan penulis buku Dating Again With Courage And Confidence, Fran Greene.

Jika pasanganmu menyebalkan di video call dan kamu harus jujur padanya dan mengatakan bahwa hal tersebut membuat sulit dirimu. Dengan begitu kamu dan dia akan saling memahami kebutuhan masing-masing.

3. Kalian memiliki tujuan yang sama

On Your Wedding Day

"Mengetahui bagaimana jarak jauh cocok dengan tujuan jangka panjang bersama kamu adalah penting untuk membuat LDR berjalan lancar," kata Maynard. "Kamu tahu perbedaan waktu antara kalian berdua, dan faktanya kalian berdua bekerja sama untuk menggapai tujuan yang sama meski dalam masa-masa sulit."

Jadi, jika kamu sudah menemukan pasangan yang sama-sama sepakat dan memiliki tujuan yang sama, berarti kalian sedang bekerja sama untuk membangun masa depan bersama. Memiliki tujuan yang sama dengan pasangan adalah cara terbaik untuk yakin pada hubungan LDR-mu berjalan lancar.

4. Hubunganmu penuh dengan kepercayaan

On Your Wedding Day

Tanda lain bahwa LDR-mu berjalan lancar adalah bahwa kalian berdua merasa dapat saling percaya satu sama lain. Mempercayai segala hal apa yang pasangan lakukan adalah keputusan yang penting karena jika kamu tidak melakukannya, sulit untuk bertahan dalam hubungan jarak jauh dan akan penuh dengan kecurigaan dan kecemasan.

"Kamu perlu tahu bahwa pasanganmu memfaktorkan perasaanmu dan kesehatan hubungan tersebut ke dalam keputusan yang mereka buat dan kamu malah meragukan hubungan mereka dengan alasan tidak percaya," jelas Maynard.

5. Kalian berdua merasa bahagia

On Your Wedding Day

Tanda yang paling penting bahwa hubungan LDR-mu lancar adalah kalian merasa bahagia. Tentu saja, beberapa hari mungkin pasangan akan sibuk melakukan suatu hal di tempatnya dan kamu merasa kehilangan, tapi jika kamu masih merasa bahagia dan yakin akan masa depan bersama, maka hubungan LDR-mu berjalan lancar.

BACA JUGA: Para Calon Pejuang LDR Harus Siapkan 5 Hal Ini Kalau Mau Hubungan Kalian Awet

Source foto: film On Your Wedding Day/Filmmaker R&K

Berada dalam hubungan jarak jauh itu adalah salah satu ujian terbesar dalam cinta, tapi kalau kamu tahu 5 tanda di atas, berarti hubungan LDR-mu akan berjalan lancar! Semangat para pejuang LDR!

lifestyle
relationship
hubungan
cinta
ldr
hubunganjarakjauh
ldrlancar
jarakjauh
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Article

The Shonet Lookbook

Insider Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!