Lifestyle

Yuk Manfaatkan Media Sosialmu untuk Mencari Kerja Lewat 5 Cara Ini!

By Zahra Aminati  |   almost 2 years ago
Yuk Manfaatkan Media Sosialmu untuk Mencari Kerja Lewat 5 Cara Ini!

Saat ini, banyak perusahaan yang menggunakan media sosial untuk menyaring karyawan barunya yang potensial lho, Babes! Baik kamu menggunakan media sosialmu dengan sering atau tidak, kemungkinan akan berperan dalam pencarian pekerjaanmu.

Nah, berikut adalah cara kamu memanfaatkan media sosial untuk mencari pekerjaan yang kamu inginkan!

1. Tentukan dan pilih

Anon

Ada sejumlah besar situs jejaring sosial dan forum daring tempatmu untuk berinteraksi. Dari sudut pandang manejemen dan usaha waktu, mungkin kamu dapat melihat mana website yang bisa meningkatkan profilmu secara profesional. Carilah situs mana yang merekrut pekerjaan yang sesuai dengan kualifikasimu, targetkan mereka sebagai prioritasmu. Kamu bisa memanfaatkan Linkedin untuk menunjukkan keterampilan dan kemampuanmu. Di sana juga kamu bisa memperhatikan perusahaan apa saja yang sedang membutuhkan tenagamu.

2. Lengkapi profil kamu

Anon

Jika kamu bertujuan untuk menarik perhatian calon perekrut atau perusahaan, semakin banyak informasi yang kamu berikan tentang dirimu itu semakin baik. Tampilkan gambaran lengkap sehingga mereka yang melihat profilmu dapat membuat keputusan berdasarkan informasi kesesuaian kualifikasimu. Sertakan juga perjalanan kariermu yang lengkap dan ringkas, sebutkan pekerjaan dan pelatihan yang pernah kamu ikuti. Pastikan juga kamu menggunakan foto yang menampilkan profesionalitas. Yang paling penting, tuliskan secara jujur dan benar agar tidak ada perusahaan atau calon perekrut yang tertipu oleh informasi yang kamu berikan.

3. Usahakan selalu online

Anon

Ketika kamu hendak mencari kerja lewat media sosial, yang harus kamu lakukan adalah selalu mengecek info terbaru, makanya kamu harus selalu online. Dengan itu, kamu akan selalu up-to-date pada perusahaan apa saja yang sedang merekrut karyawan yang sesuai dengan kualifikasimu. Kamu juga akan lebih mudah mengedit profilmu kalau ingin melamar pekerjaan yang lain.

4. Tunjukkan pengetahuanmu

Anon

Jika kamu menulis blog tentang apa yang terjadi di perusahaanmu, coba masukkan blogmu di profilmu. Demikian juga, jika kamu memiliki akun Twitter, Instagram, dan Facebook, kamu bisa masukkan itu pada CV-mu. Tapi, kamu harus perhatikan apa saja yang kamu bagikan di media sosialmu. Usahakan tidak menyinggung soal SARA, ya!

5. Perluas jaringan

Anon

Seperti yang sering dikatakan, mendapatkan pekerjaan itu berpengaruh dengan siapa saja kamu kenal. Jika kamu memiliki jaringan yang luas, kamu pasti akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena banyak orang yang kenal denganmu. Cobalah untuk berteman dengan orang-orang yang berpengaruh pada sebuah perusahaan dan biarkan kalian terhubung secara online. Sebagai contoh, cobalah untuk terhubung dengan orang-orang penting di sana. Siapa tau dari sana kamu akan menemukan perusahaan yang melihat jaringanmu yang luas, dan itu bisa menguntungkan dirimu.

BACA JUGA: 5 Langkah Simpel yang Akan Membuat Hari Pertama di Tempat Kerja Barumu Terasa Sempurna

Source foto: film Anon/K5 Film,K5 International,K5 Media Group

Nah, media sosial bukan ajang buat pamer aja kan? Media sosial juga bisa buat cari kerja lho kalau dipakai dengan benar!

lifestyle
kerja
karier
lamarankerja
mediasosial
carikerja
carikerjadimediasosial
Written By
Zahra Aminati

Zahra Aminati adalah lulusan Sastra Indonesia UI yang sangat senang menulis dengan memperbanyak bacaannya. Dia pernah menjadi Creative Contributors di Popbela.com selama April-Oktober 2017 untuk kategori relationship dan career. Kemudian, dia juga pernah menjalani internship di Ruangguru sebagai Social Media Marketing Intern dari Januari-Maret 2018. Lewat tulisan, Zahra ingin membagikan pengetahuannya untuk para perempuan di seluruh Indonesia agar menjadi perempuan yang berpengetahuan luas. 

All Comments (0)

Related Posts

Insiders Program Challenge

Become The Shonet Insider!

Now anyone can become an insider, including you!